You are here
Home > Gaya Hidup >

Tips Atur Keuangan ala Anak Kos, Dijamin Dompet Gak Jebol!

tips atur keuangan ala anak kos

MediaGo  Tips atur keuangan ala anak kos nampaknya sangat dibutuhkan bagi mereka yang masih menjadi anak kos pemula. Masa-masa awal menjadi anak kos adalah masa terberat apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan semuanya sendiri. Namun, dengan tips atur keuangan ala anak kos, kamu dapat mulai belajar menjadi anak kos yang hemat dan cerdas. Menjadi hemat bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang, kamu dapat meluangkan waktu pergi ke tempat terbuka di kotamu bersama teman-teman.

Tak bisa dipungkiri, pastinya menjadi seorang anak kos tentu bukan perkara mudah, bukan? Terlebih bagi kamu yang baru pertama kali hidup sendirian jauh dari rumah dan keluarga. Tentunya kamu dituntut untuk hidup mandiri.

Momen awal bulan, pastinya menjadi momen membahagiakan, bukan? Pengen beli ini dan itu, jajan ini dan itu, nongkrong di sana atau di situ, seolah bukan menjadi masalah ketika uang saku sudah di berada di genggaman. Namun, gak jarang kebiasaan lapar mata ini menjadikanmu jadi ngos-ngosan di akhir bulan.

Memastikan dompet tetap sehat hingga akhir bulan bukanlah sesuatu yang mudah. Nah, berikut lima tips efektif mengatur keuangan untuk anak kos supaya tetap aman hingga akhir bulan. Yuk, simak dan terapkan!

1. Membuat perencanaan keuangan dari evaluasi pengeluaran bulan lalu

Hayo, pada sudah membuat jurnal keuangan belum? Memiliki jurnal keuangan ini sangat membantu, ya! Terutama untuk check and balance antara pemasukan dan pengeluaran kamu di bulan lalu. Selain itu, adanya jurnal keuangan ini juga menjadi rekaman data pengeluaranmu dan tentunya sebagai bahan evaluasi untuk membuat perencanaan keuangan atas uang sakumu. Jadi, gak ada lagi deh pertanyaan “uangku kok sudah habis aja ya?”

tips atur keuangan ala anak kos

Memiliki rekaman pemasukan dan pengeluaran sangat membantu untuk menjaga kesehatan dompetmu dan menentukan jenis kebutuhan pengeluaran mana yang harus dikurangi, ditambahkan atau bahkan dihilangkan selama satu bulan ke depan. Pastinya, ini sangat membantu perencanaan keuanganmu, bukan? Yuk, mulai tertib untuk membuat jurnal keuangan. Banyak manfaatnya, lho!

Baca Juga:  Ruth Sahanaya Comeback dengan Single Terbaru "Satu"

2. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Kadang kala, muncul perasaan menyesal karena sudah membeli barang yang cukup menguras kantong dan ternyata gak terlalu bermanfaat. Nah, untuk membantumu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kamu bisa membuat list skala prioritas. Menentukan skala prioritas kebutuhan ini juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan dompetmu, lho.

tips atur keuangan ala anak kos

Di awal bulan, biasakan untuk membuat list semua kebutuhanmu di bulan ini. Lalu urutkan dari yang paling penting hingga yang sekadar keinginan saja. Ingat, awal bulan seringkali menjadi momen lapar mata. Jadi, selalu pertimbangkan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan, ya!

3. Sisihkan sebagain uang sebagai dana darurat

Memiliki dana darurat amatlah penting. Apalagi di masa pandemi yang sangat tidak menentu ini. Dengan adanya dana darurat, kamu tak perlu kelimpungan ketika tiba-tiba membutuhkan biaya-biaya yang tak terduga. Keperluan yang tak terduga ini jadi gak perlu mengganggu anggaran bulanan yang sudah kamu buat tadi.

Tentunya besaran presentase uang saku yang akan kamu sisihkan guna dana darurat akan sangat berbeda-beda, tergantung dari kemampuanmu masing-masing. Namun, berapapun jumlah yang akan kamu sisihkan, kamu harus tertib dan konsisten di setiap bulannya, ya.

4. Terapkan batas pengeluaran harian

Selain anggaran bulanan, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membuat budget harian. Tujuannya agar manajemen keuangan kamu jadi lebih detail dan uang saku bulananmu gak gampang “bocor”.

tips atur keuangan ala anak kos

Tentukan besaran uang jajan harianmu sebagai kontrol pengeluaranmu. Jangan lupa untuk menyesuaikan besarannya dengan kebutuhan harianmu. Selalu buat rekaman pengeluaran tiap harinya. Dijamin gak ada lagi pertanyaan, “lho, uangku kok tinggal segini?”

5. Memiliki penghasilan tambahan

Di era modern ini, pastinya akan ada banyak cara untuk mendapatkan tambahan uang saku selama kita aktif berusaha untuk mendapatkan peluang itu. Salah satunya, dengan bekerja sebagai freelance atau bekerja paruh waktu. Mulai gunakan waktu-waktu luangmu untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti mencari koneksi, menambah pengalaman, hingga bekerja.

tips atur keuangan ala anak kos

Di internet, ada banyak situs-situs yang menyediakan pekerjaan-pekerjaan lepas yang pastinya tidak menganggu jadwal kuliahmu. Ada ragam pekerjaan yang ditawarkan, mulai dari menulis, desain, hingga menjadi penerjemah bahasa. Pastinya, tambahan ini akan sangat membantu dompetmu aman dengan tidak hanya mengandalkan uang saku dari orang tuamu, ya!

Baca Juga:  Road Roots Ceritakan Pengorbanan Cinta dalam Single 'Cinta Takkan Salah'

Nah, itulah lima tips menjaga dompet tetap sehat hingga akhir bulan untuk anak kos. Jangan lupa terapkan, ya! Dijamin anti ngeluh hingga akhir bulan, deh!

Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top