You are here
Home > Bisnis >

4 Sultan Arab Pemilik Klub Sepak Bola Raksasa, Siapa Saja?

Sultan Arab Pemilik Klub Sepak Bola

MediaGo – Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman baru-baru ini resmi mengakusisi 100% klub sepak bola asal Inggris yaitu Newcastle United dari St. James Holdings Limited. Hal tersebut membuat anak Raja Salman itu masuk ke dalam deretan sultan arab pemilik klub sepak bola raksasa.

Diketahui, ada beberapa sultan dari timur tengah yang membeli klub sepak bola bergengsi. Mulai dari Manchester City hingga PSG, berikut ulasannya.

Deretan Sultan Arab Pemilik Klub Sepak Bola

MediaGo telah merangkum sejumlah sultan Arab pemilik klub sepak bola raksasa. Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum mengetahuinya, Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah!

1. Sheikh Mansour

Sheikh Mansour
Sumber : Bola.com

Saudagar asal Uni Emirat Arab ini membeli Manchester City pada tahun 2008. Sejak kedatangan Mansour, City memenangi beberapa gelar, seperti 4 Primer League.

Kekayaan pengusaha sekaligus politisi di negara itu berada di angka US$30 miliar atau setara dengan Rp430 triliun. Mansour memiliki investasi bidang perminyakan di International Petroleum Investment. Selain itu, ia juga memiliki bisnis media yakni Sky News Arabia.

2. Nasser Al-Kahelaifi

Nasser Al Kahelaifi
Sumber : PSG Talk

Sultan Arab yang satu ini membeli Paint Saint Germain seharga 80 juta euro. Kekayaan pria kelahiran Qatar ini ternilai US$8 miliar atau sama dengan Rp113 triliun.

Kekayaannya itu berasal dari segudang bisnisnya, termasuk posisinya sebagai presiden beIN Media Group, ketua Qatar Sports Investment, presiden Paris Saint-Germain, presiden Federasi Tenis Qatar, dan wakil presiden Federasi Tenis Asia untuk Asia barat. Luar biasa ya!

3. Abdullah Mosaad

Abdullah Mosaad
Sumber : Arab News

Selanjutnya ada pangeran Abdullah Mosaad yang membeli klub asal Inggris, Sheffield United bersama pengusaha Arab Saudi. Pangeran Abdullah membeli 50% saham di Sheffield United pada tahun 2013 lalu.

Selain itu, ia juga diketahui memiliki al-Hilal FC yang berbasis di Dubai, sebuah waralaba dari klub sepak bola Saudi Al Hilal yang sukses bermain di liga sepak bola kerajaan itu sendiri.

4. Mohammed bin Salman

Sultan Arab Pemilik Klub Sepak Bola
Sumber : Daily Star

Terakhir ada pangeran Arab Saudi yang baru saja mengakusisi Newcastle United. Mohammed bin Salman adalah Putra Mahkota Arab Saudi. Dia menempati posisi terpenting kedua di negaranya setelah Raja Salman yang mana adalah ayahnya sendiri.

Pembelian klub sepak bola ini dilakukan melalui Dana Investasi Publik (Public Investment Fund/PIF) dengan nilai sebesar 300 juta poundsterling atau setara dengan Rp5,8 triliun.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top