SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, May 21, 2024
spot_imgspot_img
HomeBisnisAkses Paypal Dibuka Sementara, Kominfo Beri Kesempatan Migrasi Dana

Akses Paypal Dibuka Sementara, Kominfo Beri Kesempatan Migrasi Dana

MediaGo – Kementerian Kominfo membuka sementara blokir PayPal terhitung efektif mulai 1-5 Agustus 2022. Sebelumnya, Paypal diblokir karena belum melakukan pendaftaran Penyeleggara Sistem Elektronik (PSE). Pembukaan itu dilakukan setelah mendengar masukan terkait masih banyaknya dana masyarakat yang tersimpan di aplikasi tersebut.

“Menteri Kominfo memberikan kebijakan untuk membuka sementara PayPal. Jadi sekarang sudah bisa diakses kembali oleh masyarakat,” kata Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan saat konferensi pers tentang Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Baca juga: 10 PSE Populer Terancam Diblokir Kominfo, Ada Amazon Hingga Paypal

Semuel meminta masyarakat menggunakan kesempatan ini untuk memindahkan dananya ke aplikasi lain. Menurutnya, saat ini banyak aplikasi dan layanan digital untuk pembayaran yang bisa digunakan. “Sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan. Kita sudah punya layanan-layanan digital untuk pembayaran, layanan digital banking juga ada,” sambung Samuel.

Ia menyampikan, hingga saat ini belum ada komunikasi dan korespondensi dengan pihak PayPal terkait pendaftaran PSE. Ia pun kembali menegaskan, pendaftaran PSE dilakukan dalam rangka menciptakan ruang digital yang kondusif, aman dan nyaman bagi masyarakat.

Baca juga: Platform PayPal Hingga Dota Diblokir Kominfo

Steam, Dota 2, dan CS GO dalam Proses Pendaftaran

Kemkominfo sejauh ini telah memblokir enam PSE yang belum melakukan pendaftaran. Tiga di antaranya sudah melakukan korespondensi dan sedang proses pendaftaran, yakni layanan game Steam, Dota 2, dan Counter-Strike Global Offensive (CS Go).

“Kami telah berkomunikasi dengan Steam, Dota 2 dan CS Go. Mereka sedang memproses dan mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa melengkapi persyaratan, sehingga masyarakat dapat menggunakan layanan game ini kembali,” ungkap Dirjen Aptika.

Baca juga: Jakarta International Stadium, dari Era Foke Hingga Diresmikan Anies

Sebelumnya Dirjen Semuel menerangkan, per Minggu (31/7/2022) sudah ada 5.453 PSE yang terdaftar dengan total 9.039 layanan Sistem Elektronik (SE). Sementara sebanyak 63 terkena suspend dan enam diblokir, yakni Steam, Dota 2, CS Go, Origin, Epic Game, dan Yahoo Search Engine. “Mereka yang di-suspend itu karena data-datanya tidak valid dan tidak lengkap,” ujar Dirjen Semuel.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular