MediaGo – Hypefast Brand Founders of The Year memasuki masa puncak, di mana terpilih 15 brand lokal yang akan disematkan sebagai Brand Founders of The Year, Class of 2022. Pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan dalam acara Indonesia Brand Founders Summit 2022 pada 13 Oktober 2022.
Penghargaan ini merupakan inisiasi Hypefast bersama Forbes Indonesia, dan didukung oleh The Habibie Center, Future City Accelerator, School of Government and Public Policy serta Endgame Podcast.
Program Hypefast Brand Founders of The Year merupakan penghargaan dan apresiasi untuk pemilik brand lokal di Indonesia atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air.
Hal ini selaras dengan data simulasi Badan Pusat Statistik pada 2022, dimana dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67% hingga 1,71%.

Sementara itu, berdasarkan data Ipsos Global Trend 2021, 59% konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Bahkan 87% konsumen lebih cenderung untuk memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.
Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri mengatakan, Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal pun menunjukkan jalan menuju era baru brand lokal semakin nyata.
Selama proses penyeleksian, lanjut Achmad, pihaknya melihat begitu banyak potensi-potensi brand lokal ini untuk bisa berkembang. Namun, tentunya mereka tidak bisa bergerak sendiri, dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra ekosistem, dan lainnya agar brand lokal ini bisa bersaing di pasar global.
“Hypefast hadir memposisikan diri sebagai partner yang tidak hanya memberikan modal, tetapi juga menyediakan tim ahli serta ekosistem retail yang terintegrasi,” kata Achmad dalam keterangan persnya, Rabu (112/10/2022).

Proses Kurasi
Sejak dibuka pada Juni lalu, tercatat lebih dari 500 brand mendaftar dan dinominasikan oleh masyarakat sebagai Brand Founders of The Year. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri telah mengkurasi dan melakukan assessment lebih lanjut untuk memilih brand yang kemudian disematkan menjadi Hypefast: Brand Founders of The Year, Class of 2022.
Pemilihan kelimabelas pemilik brand ini, berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan oleh para juri, yang terdiri dari Komisaris Utama Hypefast, Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast, Achmad Alkatiri, dan Ketua Habibie Center, Ilham Habibie, serta jurnalis senior dari Forbes Indonesia, Ulisari Elista.
Lima belas brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery. Berikut adalah Hypefast Indonesia Brand Founders of the Year Class of 2022
1. Java Sisters Vanilla (F&B) – Tan Sherly Maretha
2. Lean Lab (F&B) – Jonathan Kurniadi Holiyanto
3. Perfect Fit (Sustainable Fashion) – Tungga Dewi & Riesa Putri
4. HANDEP (Sustainable Fashion) – Randi Julian Mirana
5. I Know You Know (Modest Fashion) – Anandia Marina Putri Harapan
6. Katalis (Automotive) – Gunanjar Barokah
7. Declip (Accessories) – Lim Erwin Hartono
8. Beauty Barn (Personal Care) – Well Ng
9. Jacquelle (Beauty Tools / Skincare) – Budi Thomas & Lianna Lee
10. Greebel (Stationery) – Royanto Amin
11. BohoPanna – Devy Natalia
12. Krakakoa – Sabrina Mustopo
13. Kintakun – Dwi Harto, Try Harto, Vincent Saputera
14. Buttonscarves – Linda Anggreaningsih
15. Deca Group (Everwhite, Trueve, Whitelab) – Jessica Lin