Saturday, January 28, 2023
HomeBisnisApa Manfaat Employee Benefit bagi Perusahaan?

Apa Manfaat Employee Benefit bagi Perusahaan?

MediaGo – Selain memberikan kompensasi finansial, ada bentuk lain yang bisa diberikan yang dikenal dengan istilah employee benefit. Keduanya adalah cara lazim diterapkan perusahaan besar untuk mempertahankan karyawan terbaik agar betah bekerja dan tidak loncat ke perusahaan kompetitor adalah membuat mereka tetap bahagia dan sejahtera.

Secara umum, employee benefit diartikan sebagai bentuk kompensasi non-finansial yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bagian dari perjanjian kerja, di luar upah atau gaji yang dibayarkan secara reguler. 

Baca juga: Viral Pekerja Quiet Quitting, Fenomena Baru di Dunia Kerja

Apa itu Employee Benefit?

Di banyak negara, pemberian employee benefit menjadi kewajiban perusahaan. Bentuknya bisa jaminan kesehatan atau asuransi kecelakaan kerja. Di Indonesia, pemerintah juga telah mewajibkan setiap perusahaan memberikan benefit kepada karyawan dengan wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Perusahaan juga bisa memberikan employee benefit lain, selain BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Namun itu tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Misalnya, pemberian bonus perusahaan, makan siang gratis, atau voucher liburan.

Baca juga: Survei: Pekerja Indonesia Masih Rentan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja  

Manfaat Employee Benefit 

Employee Benefit Leader Fuse Wendi Bimo Cahyo mengatakan, program kesejahteraan karyawan atau lebih dikenal dengan istilah employee benefit memainkan peran kunci untuk mendukung kesehatan fisik dan mental, pengembangan karier, dan menekan retensi atau turnover karyawan.

“Program employee benefit yang menarik dapat menjadi sesuatu yang akan dipertimbangkan oleh calon karyawan bertalenta ketika mereka memilih tempat kerja baru,” ungkap Wendi dalam diskusi bertema “HR Landscape 2023: People & Technology Transformation Strategy to Create Positive Impact” yang diselenggarakan oleh Fuse Insurtech.

Baca juga: Isi Perppu Cipta Kerja Soal Pesangon PHK dan Uang Penghargaan Masa Kerja

Pemberian employee benefit akan membuat karyawan semakin betah bekerja. Dengan begitu, tingkat retensi karyawan di perusahaan juga semakin tinggi. Sebaliknya, tingkat turnover karyawan jadi remakin rendah.

Selain itu, employee benefit melindungi karyawan dan keluarganya, yang memberi mereka rasa aman. Dengan begitu, kinerja dan produktivitas karyawan meningkat, karena ada rasa aman di dalam diri karyawan saat mereka menjadi bagian dari perusahaan yang menyadari pentingnya kesehatan karyawan dan keluarganya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular