SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeBisnisPeran Media Sosial dalam Memasarkan Produk UMKM

Peran Media Sosial dalam Memasarkan Produk UMKM

MediaGo – Platform digital, dewasa ini menjadi andalan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya. Hal itu pun turut diikuti dengan meluasnya pasar konsumen yang kini lebih gemar mencari berbagai produk menggunakan beragam platform e-commerce.

Anggota Komisi 1 DPR RI, H. Bambang Kristiono, S.E mengatakan bahwa perkembangan e-commerce ini, merupakan bentuk kegigihan dan perjuangan para pelaku UMKM dalam bertahan di masa paceklik yang serba sulit. Sebab seperti yang diketahui, pelaku UMKM merupakan golongan masyarakat yang paling terdampak selama pandemi.

“Oleh karena itu, para pelaku UMKM membutuhkan cara baru agar tidak memerlukan proses tatap muka secara langsung dengan pelanggan. Sehingga UMKM harus menggunakan teknik pemasaran digital melalui e-commerce atau media sosial.Pada awalnya berjualan di e-commerce tentu saja membuat khawatir para pelaku UMKM karena ketidakpastian pembeli. Namun, ternyata e-commerce memiliki peluang lebih besar untuk maju karena bisa menjangkau customer dari kalangan manapun,” jelas Bambang dalam webinar “Ngobrol Bareng Legislator : Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan UMKM Pada Masa Pandemi”, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Anggota DPR Imbau Pelaku UMKM Waspadai Kejahatan Siber

Menurutnya, melalui e-commerce ini para pelaku usaha dapat meraih berbagai macam keuntungan. Salah satunya, yakni mampu menekanharga promosi di media-media konvensional. Para pelaku UMKM bisa mengembangkan kreativitas dan menarik pembeli di manapun dan kapanpun. “Tidak ada batasan keterjangkauan customer jika UMKM menggunakan ruang digital untuk mempromosikan produknya,” tuturnya.

Senada dengannya, Dosen Ilmu Komunikasi, Reja Dalimunthe mengatakan, pemilihan ruang digital sebagai strategi jual-beli merupakan usaha yang tepat dilakukan oleh pelaku UMKM di era globalisasi ini.

“Dalam menyikapi internet sebagai bagian dari tumpuan perekonomian kita secara individu, kita hendaknya tidak melawan perubahan, tetapi berdamai dengan perubahan. Tidak ada rahasia khusus bagaimana caranya setiap usaha mesti menghadapi perubahan. Intinya jangan menentang, namun berdamailah dengan perubahan. Hadirnya aplikasi membuat teknologi seakan menyerang yang tak punya aksi,” ucapnya.

Baca juga: Generasi Milenial Jadi Harapan Besar Bagi Kemajuan Digitalisasi UMKM

Dengan demikian, beraksi dengan menghadikan segala inovasi menjadi kunci dalam melewati tantangan zaman ini.  “Kita tidak akan pernah kalah aksi, jika kita mau berkreasi, berinovasi dengan teknologi, informasi dan komunikasi. Sosial media adalah bagian terdekat dan terbesar yang dapat kita manfaatkan bersama,” tandasnya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular