You are here
Home > Gaya Hidup >

3 Cara Mudah Hidup Bahagia Tanpa Insecure, Begini Lho!

hidup bahagia tanpa insecure

MediaGo – Hidup bahagia tanpa insecure, kata siapa susah? Insecure adalah suatu perasaan yang membuat seseorang menjadi merasa tidak aman, seperti halnya merasa malu, cemas, takut, dan tidak percaya diri. Rasa insecure yang berlebihan pada diri seseorang tentu saja tidak baik. Karena hal tersebut bisa menghambat potensi seseorang untuk berkembang, apalagi juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.

hidup bahagia tanpa insecure

Sebagai informasi, menurut dr. Jiemi Ardian, SpKJ, Psikiater RS Siloam Bogor, kita perlu melakukan beberapa tahapan supaya bisa menerima diri apa adanya. Mulai dari menyadari pikiran kita tidak selalu benar, membatasi penggunaan media sosial, melakukan journaling, hingga menerima kekurangan diri sendiri.

Nah, agar tidak mudah jatuh pada perasaan insecure, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, seperti di bawah ini.

3 Cara Hidup Bahagia Tanpa Insecure

1. Kenali Kelebihan Diri Sendiri

Sangat penting bagimu untuk bisa mengenali segala kelebihan yang telah kamu miliki. Menyadari setiap kelebihan yang dimiliki akan membuatmu lebih bersyukur. Seperti halnya kelebihan dirimu yang selalu ramah dan sopan dengan orang lain, pekerja keras, sosok penyayang keluarga, mempunyai keterampilan menarik, dan sebagainya.

Dengan mencoba mengenali kelebihan diri sendiri, maka kamu tidak akan mudah merasa insecure. Karena toh setiap manusia tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Jauhi Orang-orang Toxic

Berada di sekitar orang-orang toxic seringkali dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Pasalnya, orang-orang toxic kerap melontarkan komentar negatif yang terkadang begitu menyakitkan dan membuat insecure.

Tentunya kamu tidak mau kan, jika harus sampai menjadi orang yang overthinking dan insecure lantaran omongan orang toxic yang tidak bermutu? Karena itu jauhilah orang-orang toxic dan temukan lingkungan yang baik untuk kesehatan mentalmu.

Baca Juga:  7 Jenis Bunga yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah di Hari Lebaran

3. Lakukan Hal yang Disenangi

Perasaan insecure memang bisa muncul kapan saja. Baik itu ketika kamu merasa tidak cantik dan menarik atau ketika kamu merasa tidak seberuntung dengan kehidupan teman-temanmu yang lain.

Agar tidak mudah jatuh pada perasaan insecure, tentu kamu perlu lebih fokus dengan dirimu sendiri. Dengan kata lain, kamu harus lebih fokus pada hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Karena itu, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan hatimu. Misalnya dengan berlibur ke tempat yang sangat kamu inginkan, menekuni hobi, olahraga, atau dengan melakukan perawatan diri.

Di saat kamu mampu merasa bahagia dengan keadaanmu, maka kamu tidak akan mudah mengalami insecure atau bisa jadi perasaan negatif tersebut pelan-pelan akan hilang sendiri.

Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top