SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Minuman Sehat Kekinian yang Enak dan Tidak Boleh Anda Lewatkan, Bikin...

5 Minuman Sehat Kekinian yang Enak dan Tidak Boleh Anda Lewatkan, Bikin Tubuh Makin Bugar!

Ini minuman sehat kekinian dan resep membuatnya yang mudah!

Saat ini semakin banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup sehat, apalagi semenjak kasus pandemi COVID-19 kian meningkat. Salah satu cara menjaga badan agar tetap bugar adalah menjaga nutrisi, yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman sehat kekinian.

Berikut ini deretan minuman sehat kekinian beserta cara pembuatannya, yang bisa membuat tubuhmu semakin bugar. Apa saja ya? 

Minuman yang Paling Sehat Apa Ya?

Jaga Cairan Tubuh dengan Banyak Minum Air Putih

Minuman yang paling sehat adalah air putih dan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga cairan tubuh tetap seimbang. Konsumsi minimal minum delapan gelas air setiap hari seperti saran para pakar nutrisi.

Saat ini cara menjaga cairan tubuh juga sudah berkembang, tidak harus air putih saja. Apalagi sudah banyak jenis minuman sehat kekinian bermunculan yang rasanya enak dan dapat membuat tubuh lebih sehat. Dengan cita rasa khas dalam minuman tersebut, membuat Anda tidak bosan untuk mengkonsumsinya.

Baca Juga : Sebaiknya Hindari 5 Minuman Pemicu Kolesterol Tinggi Ini!

Bukan hanya rasanya yang enak, ternyata juga menjadi minuman untuk menjaga kesehatan. Dan perlu Anda tahu kalau ingin membuatnya di rumah sangat mudah.

Minuman Sehat Kekinian yang Enak dan Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar 

1. Kombucha

kombucha minuman sehat kekinian

Kombucha adalah minuman sehat kekinian yang sedang populer di mana-mana. Kombucha adalah teh fermentasi yang memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti teh dan juga kaya akan probiotik yang bermanfaat.

Menurut situs Healthline, minuman sehat kekinian ini mengandung antioksidan, dapat membunuh bakteri berbahaya dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. Minuman herbal untuk stamina tubuh ini juga cocok untuk dikonsumsi kapan saja.

Kombucha dibuat dengan menambahkan bakteri, ragi, dan gula ke teh hitam atau hijau, lalu membiarkannya berfermentasi selama seminggu atau lebih. Selama proses ini, bakteri dan ragi membentuk lapisan seperti jamur di permukaan cairan. Inilah sebabnya mengapa kombucha juga dikenal sebagai teh jamur.

Resep Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi yang terbuat dari proses fermentasi campuran jamur dan bakteri yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast, kadang disebut juga bibit kombucha atau jamur kombucha. Mengutip dari fimela.com, Begini resep membuat Kombucha minuman kesukaan Jungkook BTS;

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 2-3 liter air yang dipanaskan sampai mendidih lalu didiamkan selama semalam
  • 8 kantung teh hijau atau teh hitam
  • 200 gram gula putih
  • 1–2 buah SCOBY (bibit kombucha) siap pakai
  • larutan starter atau cuka kombucha secukupnya (biasa dijual sepaket bersama SCOBY)
  • 125 ml air perasan lemon segar
  • 1 sendok makan gula kelapa
  • 250 ml air
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Kombucha:

  1. Didihkan air dalam panci bersih. Angkat dan tambahkan gula dan teh. Biarkan terendam sementara air mendingin hingga mencapai suhu ruang.
  2. Pastikan tangan bersih dan keluarkan SCOBY dengan lembut dan letakkan di piring.
  3. Setelah benar-benar bersuhu ruang, tuangkan campuran teh dan gula ke dalam stoples, lalu tuangkan starter kombucha tanpa rasa.
    Jika menggunakan dua stoples, tuangkan setengah starter kombucha ke masing-masing stoples.
  4. Masukkan SCOBY ke dalam stoples dengan hati-hati, lalu tutup dengan beberapa lapis kain. Pastikan rapat sebelum dikencangkan dengan karet gelang.
  5. Letakkan stoples di tempat yang gelap dengan suhu antara 21–24 celcius selama 6–10 hari. Mulailah mencicipi teh sekitar enam hari dengan menarik sedikit teh menggunakan sedotan kertas. Sebagai catatan, semakin hangat suhu, semakin cepat kombucha berfermentasi.
  6. Campurkan kombucha yang sudah dibuat dengan air perasaan lemon. Lalu larutkan 1 sendok makan gula kelapa ke dalam air di wadah berbeda.
  7. Lalu campur air gula kepala dicampurkan kedalam campuran kombucha dan lemon. Aduk hingga rata, akan lebih segar ditambah es batu.

2. Smoothie Bowl

Smoothie bowl
Smoothie bowl. (Gambar: http://qraved.com)

Smoothies adalah minuman yang biasanya terdiri dari campuran buah-buahan, sayuran, jus, yogurt, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. Smoothie yang dibuat dari bahan-bahan segar dapat meningkatkan konsumsi buah dan sayuran Anda dan menjadi asupan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Minuman sehat yang satu ini dapat mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, dan menurunkan risiko kondisi penyakit kronis seperti jantung, osteoporosis, dan obesitas.

Anda pun bisa membuatnya dari bermacam-macam bahan. Ada fruit smoothies yang terdiri dari buah-buahan, ada green smoothies yang terdiri dari sayur-sayuran hijau, dan protein smoothies yang terdiri dari campuran buah atau sayur dengan sumber protein seperti yoghurt atau keju.

Resep Mango Smoothie Bowl

Salah satu minuman sehat dari buah mango smoothie bowl adalah favorit banyak orang. Buah mangga yang manis dan enak ini bisa Anda sering konsumsi karena banyak terdapat di Indonesia.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah mangga, usahakan yang matang dan manis
  • 3 sdm Greek yogurt
  • Topping: granola, pisang ambon, stroberi

Cara membuat:

  1. Lumatkan mangga dan yogurt hingga lembut dengan blender.
  2. Masukkan ke dalam mangkok.
  3. Iris pisang dan stroberi sesuai selera.
  4. Masukkan irisan pisang, stroberi dan granola di atas mangga yang sudah halus.
  5. Tambahkan topping lainnya sesuai selera seperti chia.

3. Alpukat Kocok

minuman sehat kekinian alpukat kocok

Minuman sehat kekinian lain yang sedang tren adalah alpukat kocok. Berbeda dengan jus alpukat, minuman sehat kekinian satu ini dibuat dengan cara menumbuk alpukat dengan kocokan kue. Hasilnya adalah minuman sehat kekinian yang lembut namun bertekstur. Kemudian, alpukat yang sudah dihancurkan diberi es dan susu kental manis lalu dikocok menggunakan shaker.

Menurut situs Medical News Today, alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga merupakan sumber lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Manfaat minum jus alpukat kocok yaitu meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, tapi merupakan lemak sehat dan bermanfaat yang bisa membuat Anda kenyang seharian. Mengonsumsi lemak sehat bisa memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula dalam darah stabil.

Resep Alpukat Kocok Kekinian

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah Alpukat mentega
  • 1 sachet Susu kental manis cokelat
  • 1 sachet Susu kental manis putih
  • 2 sdm Gula pasir (Sesuai selera)
  • Air kelapa secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Topping (Keju, meses, kacang)
  • 1 buah Mangga (Opsional)

Cara Membuat Minuman Sehat Kekinian Alpukat Kocok:

  1. Cuci alpukat dan kemudian keruk semua dagingnya serta masukkan ke dalam wadah kemudian hancurkan kasar
  2. Masukkan campuran gula pasir 2 sdm atau sesuai selera, susu kental manis putih, aduk hingga merata
  3. Masukkan beberapa bagian alpukat dalam gelas, campurkan dengan es batu yang telah dihaluskan dan tambahkan susu kental manis. Lalu tutup kembali dengan alpukat yang telah dihaluskan tadi. Tambahkan alpukat kocok dengan smoothies mangga yang sudah dihaluskan (Opsional)
  4. Tambahkan topping sesuai selera

4. Es Mangga Kelapa Muda

Minuman sehat kekinian
Es mangga kelapa muda. (Gambar: https://fimela.com)

Dikutip dari situs WebMD, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam mangga dinilai dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Vitamin K membantu pembekuan darah secara efektif dan membantu mencegah anemia. Mangga juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk membentuk pembuluh darah dan kolagen yang sehat. Di sisi lain, kelapa muda memiliki banyak manfaat kesehatan baik dari air maupun dagingnya. Buah yang serba bisa ini mengandung protein, mineral, dan vitamin B.

Baca Juga : Jangan Sering Konsumsi Minuman Manis! 5 Penyakit Mengerikan Ini Akan Mengintaimu

Mineral dalam kelapa bisa membantu banyak fungsi dalam tubuh. Kelapa sangat tinggi mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol. Nah, gabungkan keduanya dalam satu minuman sehat kekinian. Kebayang kan seperti apa rasa dan manfaat kesehatannya? Jangan ragu untuk bikin sendiri di rumah ya.

Resep Es Kelapa Mangga

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah mangga matang
  • 1 buah kelapa muda
  • Es batu secukupnya
  • Air gula

Cara membuat es mangga kelapa muda:

1. Kupas kelapa, ambil air dan dagingnya, sisihkan

2. Blender buah mangga hingga halus.

3. Siapkan wadah: masukkan es batu, air gula, air kelapa, dan daging kelapa serta mangga. Aduk sebentar hingga tercampur rata.

4. Sajikan dingin.

5. Infused Water

cara membuat infused water minuman sehat kekinian

Minuman sehat kekinian yang paling mudah dibuat adalah infused water. Kenapa infused water bermanfaat? Ternyata infused water memiiki segudang manfaat. Mulai dari dapat membuang zat sisa dalam tubuh, membantu penyerapan nutrisi, melancarkan sistem pencernaan, mencegah dehidrasi hingga dipercaya dapat memperbaiki mood Anda.

Baca Juga : 6 Minuman Pendamping Sarapan ini Sangat Baik untuk Kesehatan

Infused water memiliki kandungan rasa alami dari buah, sayur dan rempah yang digabung dengan air putih. Dengan kalori yang sedikit, minuman sehat kekinian untuk diet infused water ini memang sangat cocok buat Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Resep infused water dengan lemon, timun, dan daun mint

Minuman sehat simple memang infused water dengan campuran lemon, timun dan daun mint. Minuman sehat kekinian ternyata ini kaya akan serat, protein, magnesium, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, serta kalium. Cocok juga sebagai minuman setelah olahraga.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 botol air matang
  • 10 irisan mentimun
  • ½ bagian buah lemon
  • 3 lembar daun mint

Cara membuat infused water:

  1. Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral.
  2. Simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam
  3. Infused water siap untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa deretan minuman sehat kekinian yang enak rasanya dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kira-kira yang mana minuman segar kekinian favorit Anda?

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Cocok untuk Traveling, Anti Ribet dan Kenyang

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular