You are here
Home > Kesehatan >

5 Minuman Sehat Kekinian yang Mampu Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Minuman sehat kekinian

Saat ini semakin banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup sehat, apalagi semenjak kasus pandemi COVID-19 kian meningkat. Salah satu cara menjaga badan agar tetap bugar adalah menjaga nutrisi, yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman sehat kekinian. Berikut ini deretan minuman sehat kekinian yang bisa membuat tubuhmu semakin bugar. Apa saja ya? 

Minuman sehat kekinian yang buat tubuh jadi lebih bugar 

1. Kombucha

Minuman sehat kekinian
Kombucha. (Gambar: http://juarabeauty.com)

Kombucha adalah minuman sehat kekinian yang sedang populer di mana-mana. Kombucha adalah teh fermentasi yang memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti teh dan juga kaya akan probiotik yang bermanfaat.

Menurut situs Healthline, minuman sehat kekinian ini mengandung antioksidan, dapat membunuh bakteri berbahaya dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. 

Kombucha dibuat dengan menambahkan bakteri, ragi, dan gula ke teh hitam atau hijau, lalu membiarkannya berfermentasi selama seminggu atau lebih. Selama proses ini, bakteri dan ragi membentuk lapisan seperti jamur di permukaan cairan. Inilah sebabnya mengapa kombucha juga dikenal sebagai teh jamur.

2. Smoothie bowl

Minuman sehat kekinian
Smoothie bowl. (Gambar: http://qraved.com)

Smoothies adalah minuman yang biasanya terdiri dari campuran buah-buahan, sayuran, jus, yogurt, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. Smoothie yang dibuat dari bahan-bahan segar dapat meningkatkan konsumsi buah dan sayuran kamu dan menjadi asupan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Minuman sehat yang satu ini dapat mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, dan menurunkan risiko kondisi penyakit kronis seperti jantung, osteoporosis, dan obesitas.

Kamu pun bisa membuatnya dari bermacam-macam bahan. Ada fruit smoothies yang terdiri dari buah-buahan, ada green smoothies yang terdiri dari sayur-sayuran hijau, dan protein smoothies yang terdiri dari campuran buah atau sayur dengan sumber protein seperti yoghurt atau keju.

Baca Juga:  PeduliLindungi Bisa Diakses di 9 Aplikasi Ini, Apa Saja?

3. Alpukat kocok

Minuman sehat kekinian
Alpukat kocok. (Gambar: http://orami.co.id)

Minuman sehat kekinian lain yang sedang tren adalah alpukat kocok. Berbeda dengan jus alpukat, minuman sehat kekinian satu ini dibuat dengan cara menumbuk alpukat dengan kocokan kue. Hasilnya adalah minuman sehat kekinian yang lembut namun bertekstur. Kemudian, alpukat yang sudah dihancurkan diberi es dan susu kental manis lalu dikocok menggunakan shaker.

Menurut situs Medical News Today, alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga merupakan sumber lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, ini merupakan lemak sehat dan bermanfaat yang bisa membuat kamu kenyang seharian. Mengonsumsi lemak sehat bisa memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula dalam darah stabil.

4. Es mangga kelapa muda

Minuman sehat kekinian
Es mangga kelapa muda. (Gambar: http://fimela.com)

Dikutip dari situs WebMD, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam mangga dinilai dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Vitamin K membantu pembekuan darah secara efektif dan membantu mencegah anemia. Mangga juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk membentuk pembuluh darah dan kolagen yang sehat. Di sisi lain, kelapa muda memiliki banyak manfaat kesehatan baik dari air maupun dagingnya. Buah yang serba bisa ini mengandung protein, mineral, dan vitamin B.

Mineral dalam kelapa bisa membantu banyak fungsi dalam tubuh. Kelapa sangat tinggi mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol. Nah, gabungkan keduanya dalam satu minuman sehat kekinian. Kebayang kan seperti apa rasa dan manfaat kesehatannya? Jangan ragu untuk bikin sendiri di rumah ya.

Baca Juga:  5 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

5. Teh bunga telang

Minuman sehat kekinian
Teh bunga telang. (Gambar: http://health.detik.com)

Di samping warnanya yang memikat, bunga telang ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh lho. Bunga telang kaya akan antioksidan yang baik bagi untuk melawan radikal bebas sehingga ketika dibuat menjadi teh cocok untuk dimasukkan dalam diet detoks kamu.

Selain itu, minuman sehat kekinian yang satu ini bisa memperbaiki suasana hati. Teh bunga telang memiliki efek penghilang stres yang juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan. Minuman sehat kekinian ini juga bisa membantu menyegarkan otak dan membantu kamu tetap berenergi dan bahagia sepanjang hari.

Itulah beberapa deretan minuman sehat kekinian yang tak hanya sekadar enak tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Cocok untuk Traveling, Anti Ribet dan Kenyang

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top