You are here
Home > Gaya Hidup >

5 Makanan Korea yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

manfaat mengonsumsi kimchi
Bagikan

Beberapa waktu belakangan ini, kuliner khas Korea mulai banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut mulai populer akibat ramainya deretan drama Korea yang menarik hati masarakat. Restoran yang menyediakan berbagai macam masakan Korea pun akhirnya juga sudah mulai banyak bermunculan. Namun tak hanya sekadar memiliki rasa yang lezat, berikut ini makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh

Kuliner Korea identik dengan makanan berbahan dasar sayuran, tanaman herbal dan rempah-rempah yang beragam. Dengan beragamnya sayuran, rempah maupun tanaman herbal yang digunakan dalam masakannya. Dan berikut ini beberapa makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh seperti dilansir dari laman Beautynesia:

1. Kimchi

Makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh
Kimchi. (Gambar: http://freepik.com)

Kimchi sudah menjadi kuliner khas Korea yang wajib untuk dicoba. Makanan yang difermentasi ini mempunyai banyak khasiat, seperti dapat mengurangi kerutan dan garis halus di wajahmu. Kandungan probiotik di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan usus. Selain itu juga dapat membantu mengurangi kolesterol, membantu menurunkan berat badan dan menjaga imunitas tubuh. 

Meskipun hubungan pasti antara kimchi dan kolesterol tidak sepenuhnya jelas, beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang makan kimchi secara teratur cenderung memiliki kadar kolesterol “jahat” (LDL) yang lebih rendah.

Kubis, paprika merah panas, bawang putih, daun bawang, dan jahe beberapa bahan yang umum digunakan dalam kimchi tersebut semuanya menawarkan manfaat kesehatan potensial dalam kandungannya.

2. Samgyetang

Makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh
Samgyetang. (Gambar: http://beautynesia.com)

Sup ayam dengan ginseng ini memang khas banget deh di kuliner Korea. Menggunakan banyak rempah yang menyehatkan seperti jujube, ginseng, bawang putih dan rempah lainnya membuat sup ayam ini terasa menyegarkan dan juga menyehatkan. Karena mengandung ginseng, makanan ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuhmu dan juga mengurangi kelelahan.

Baca Juga:  Top Skor Euro 2020: Ronaldo Berhasil Bawa Pulang Sepatu Emas

Sup ayam ginseng Korea ini juga biasa disantap saat kondisi tubuh tengah melemah. Ayam direbus selama 2-3 jam sampai lepas dari tulangnya. Masyarakat setempat mencocol dagingnya dengan merica atau garam. Tidak lupa sediakan kimchi sebagai teman makan. Isi perut ayam dikeluarkan dan diisi oleh ketan. Jadi, kamu tidak perlu nasi.

Selain ginseng, bahan yang dicampurkan untuk kuahnya adalah kastanye, kacang cemara, jujuba kering, jahe, bawang putih, dan daun bawah. Ketujuhnya dipercaya dapat meningkatkan imunitas. Cocok untuk disantap di masa pandemi agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

3. Doenjang Jjigae

Makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh
Doenjang Jjigae. (Gambar: http://beautynesia.com)

Doenjang Jjigae atau bisa juga disebut sebagai sup pasta kedelai juga menjadi salah satu makanan Korea yang menyehatkan. Berbahan dasar doenjang atau pasta kedelai yang difermentasi, membuat makanan ini lebih banyak mengandung gizi dibandingkan dengan kedelai biasa. 

Doenjang sebagai sumber peptida aktif yang baik dan memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti menjaga kulit tetap bercahaya dan juga dapat memperlambat proses penuaan. Doenjang juga kaya akan Vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan hebat yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki kulit.

4. Miyeok Guk

Rumput laut sendiri juga banyak memiliki manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi tiroid. Miyeok Guk atau yang lebih terkenal dengan sebutan sup rumput laut ini biasanya dijadikan hidangan untuk mereka yang sedang berulang tahun dan cocok untuk ibu hamil.

Sup ini dipercaya memiliki gizi yang cukup untuk ibu dan juga janinnya. Rumput laut juga mengandung mineral alami yang cocok untuk menyembuhkan jerawat dan masalah kulit sensitif dan mengandung antioksidan serta Vitamin B dan C untuk meratakan pigmentasi kulit.

5. Banchan/Side Dish: Kongnamul Muchim dan Musaengchae

Makanan Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh
Kongnamul Muchim. (Gambar: http://beautynesia.com)

Kongnamul Muchim, merupakan salah satu side dish yang sering disediakan ketika kamu menyantap makanan Korea. Berbahan dasar tauge atau kecambah yang diolah dengan menggunakan bawang putih, bubuk cabai, dan minyak wijen. Kecambah sendiri mempunyai banyak manfaat sendiri seperti dapat membantu memperlancar pencernaan, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga:  Selain Kopi, Ini 5 Minuman Anti Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Selain Kongnamul Muchim, side dish lainnya yang biasa disediakan adalah Musaengchae. Musaengchae merupakan makanan Korea yang seperti kimchi yang juga difermentasi, namun dengan bahan dasar yang berbeda, yaitu menggunakan lobak putih. Lobak mempunyai banyak manfaat seperti tinggi serat, membantu meningkatkan imunitas serta mengontrol tekanan darah, dan tidak mengandung lemak jenuh, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: 5 Makanan Korea yang Sering Muncul di Drakor, Bikin Ngiler!


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top