You are here
Home > Kesehatan >

7 Sayuran yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang, Bisa Membahayakan Kesehatan!

Sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang
Bagikan

MediaGo – Kebiasaan orang Indonesia sering memanaskan kembali makanan terutama yang berbahan sayuran. Tahukah kamu, ternyata kebiasaan memanaskan makanan ini tidak baik lho karena bisa memicu banyak masalah kesehatan. Mulai dari keracunan hingga picu kanker, berikut deretan makanan dari sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang.

Memanaskan makanan memang menjadi alternatif paling mudah, namun ternyata tidak semua makanan itu bisa kita panaskan. Ada beberapa makanan yang jika dipanaskan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Selain bisa mengurangi rasa dan kandungan gizi didalamnya, beberapa makanan sayuran berikut ini ternyata tak baik untuk dipanaskan ulang karena bisa menyebabkan risiko keracunan hingga mendatangkan kanker. Duh!

Daftar Sayuran yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

Salah satu makanan dari sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang adalah yang berbahan dasar sayuran tinggi nitrat. Meski terlihat normal dari luar, asam nitrat yang terkandung dalam sayuran bisa berubah menjadi senyawa beracun yang membahayakan tubuh.

Merangkum dari berbagai sumber terpercaya, berikut adalah makanan berbahan dasar sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang.

1. Bayam

sayur bayam
Bayam mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh / Klikdokter

Bayam adalah salah satu sayur yang mengandung nitrat tinggi. Harus kamu ketahui, kandungan nitrat yang baik untuk tubuh ini bisa berubah jadi masalah jahat jika dipanaskan.

Nitrat akan melepaskan efek karsinogenik beracun. Setiap kali kamu memanaskan kembali sayur bayam, maka akan semakin beracun.

2. Brokoli

brokoli
Menanam brokoli / Pixabay

Sama seperti bayam, brokoli merupakan jenis sayuran tinggi nitrat. Jadi ketika dipanaskan ulang, brokoli bisa berubah menjadi racun dan bisa memicu resiko kanker pada tubuh kita.

3. Jamur

jamur
Ilustrasi jamur dari Shutterstock

Jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang berikutnya adalah Jamur. Sayuran ini kaya akan protein, karenanya strukturnya akan berubah saat dipanaskan ulang.

Baca Juga:  Tak Banyak yang Tahu, Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Sembuhkan Pilek Secara Cepat

Kamu bisa beresiko mengalami masalah pencernaan atau bahkan masalah jantung yang serius jika mengonsumsi jamur yang telah dipanaskan kembali.

4. Kentang

kentang
Manfaat kentang bagi kesehatan / Bukareview

Kentang menjadi salah satu jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang. Jika dipanaskan kembali, kentang akan mengeluarkan bakteri langka yang bisa menyerang kesehatan tubuh. Parahnya lagi, bisa menjadi racun yang mengakibatkan badan jadi mual karena keracunan makanan.

5. Kangkung

kangkung
Segudang manfaat kangkung / orami

Dilansir dari healthline, memanaskan sayuran terbukti bisa mengurangi vitamin dibandingkan dengan memakannya secara mentah. Kangkung menjadi deretan selanjutnya sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang karena gizinya bisa menjadi nitrit dan karsinogen. Oleh karena itu, stop mulai sekarang jika kamu punya kebiasaan memanaskan ulang sayuran ini ya.

6. Seledri

seledri
Manfaat seledri untuk kesehatan / Liputan 6

Selain bayam dan brokoli, seledri juga memiliki kandungan nitrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi racun jika dipanaskan kembali.

Nitrat akan berubah menjadi nitrit yang meningkatkan resiko terjadinya methemoglobinemia. Parahnya, menyebabkan komplikasi kejang atau bahkan kematian.

7. Wortel

wortel
Wortel baik untuk mata / bobo.id

Bukan rahasia lagi jika wortel termasuk sayuran yang kaya akan nitrat. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu jangan memanaskan ulang wortel ya karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kalian. Jangan coba-coba!

Nah itulah deretan sayuran yang tidak boleh dipanaskan ulang ya guys. Jika kamu ingin tetap sehat selama masa pandemi ini, stop mulai dari sekarang untuk memanaskan kembali makanan ya. Semoga bermanfaat!


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top