SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, July 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupYuk Mulai dari Sekarang, Ini 5 Tabungan Wajib Bagi Perempuan Usia 30an

Yuk Mulai dari Sekarang, Ini 5 Tabungan Wajib Bagi Perempuan Usia 30an

Ketika seorang perempuan masuk usia 30-an, kondisi tersebut sudah mencapai puncak usia produktif yang harus dimaksimalkan untuk mengumpulkan pundi-pundi keuangan. Salah satunya adalah dengan mengutamakan tabungan wajib bagi perempuan di usia 30-an.

Namun tanpa pengetahuan cara menabung yang benar, target finansial bisa jadi hanya angan-angan semata. Tips menabung di usia 30-an adalah mengalokasikan dana untuk 5 tabungan penting demi masa depan yang terjamin. 

Berikut ini 5 tabungan penting yang perlu kamu siapkan di usia 30-an: 

1. Tabungan dana darurat

tabungan wajib bagi perempuan
Tabungan darurat. (Gambar: http://pixabay.com)

Langkah awal untuk menabung yang paling utama adalah buat tabungan dana darurat terlebih dahulu dibandingkan dengan tabungan lainnya. Tabungan dana darurat termasuk tabungan wajib dan utama bagi siapa pun, terlepas dari usia, pekerjaan dan lainnya.

Cara menabung yang benar untuk tabungan dana darurat adalah menyimpan dana untuk biaya hidup dan pengeluaran selama 6 bulan hingga 1 tahun. Jangan lupa perhitungkan segala biaya, mulai dari biaya sewa rumah, listrik, air, makan, perlengkapan sehari-hari, kebutuhan anak dan lainnya.

2. Tabungan rumah dan mobil

Tabungan untuk perempuan usia 30-an selanjutnya adalah tabungan rumah dan mobil. Tips menabung rumah dan mobil ini adalah dengan membuat target nominal guna menjadi motivasi yang kuat, ikut program KPR, dan sisihkan 30% dari gaji setiap bulannya.  

Cara menabung dengan cepat agar tabungan rumah dan mobil bisa segera terpenuhi adalah dengan meningkatkan pendapatan. Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan freelance, buka toko online, sewa peralatan atau kendaraan dan lainnya.

3. Tabungan pendidikan anak

Selain untuk kebutuhan pribadi, kamu juga perlu mempersiapkan tabungan pendidikan anak. Cara menabung yang benar untuk dana ini adalah memasukkan tabungan ke dalam berbagai jenis investasi jangka panjang. Mulai dari saham, emas, properti dan lainnya.

Pastikan bahwa dana pendidikan anak jangka pendek sudah ada dan masuk dalam instrumen investasi yang likuid. Cara menabung dengan cepat agar tabungan pendidikan anak bisa segera terpenuhi hingga tingkat kuliah adalah konsisten. Usahakan agar suami dan istri saling bekerja sama dan memberikan kontribusi dalam tabungan tersebut.

4. Tabungan pensiun

Tabungan di usia 30-an selanjutnya adalah tabungan pensiun. Cara menabung yang benar untuk dana pensiun adalah menghitung kebutuhan selama pensiun dan menyimpan tabungan pensiun dalam investasi jangka panjang.

Properti menjadi bentuk investasi yang cukup menjanjikan untuk dana pensiun. Sebab properti bisa menghasilkan uang bulanan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup bulanan.

5. Tabungan tujuan jangka pendek

Terakhir adalah tabungan jangka pendek. Misalnya tabungan untuk membeli gadget, membayar zakat, beli qurban dan lainnya. Cara menabung dengan cepat untuk tabungan jangka pendek adalah membagi nominal target pada setiap bulan hingga waktu yang ditentukan. Pastikan kamu bisa disiplin dan konsisten untuk memenuhi jumlah tersebut.

Keuntungan mulai menabung sejak awal 

tabungan wajib bagi perempuan
Keuntungan menabung. (Gambar: http://pixabay.com)

1. Bisa mempersiapkan diri menghadapi pasar yang baru 

Seperti dilansir dari laman Canada Life, dengan menabung lebih awal kamu dapat menghadapi peristiwa pasar yang tidak terduga. Bahkan investor yang berhati-hati pun dapat terpengaruh oleh penurunan pasar, yang merupakan alasan lain mengapa sangat penting untuk menabung lebih awal. 

2. Bisa mempersiapkan biaya tak terduga di masa depan 

Demi menghadapi biaya-biaya kebutuhan tak terduga di masa depan, cara terbaiknya adalah dengan menabung. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk bersiap. Kamu tidak pernah tahu kapan sesuatu akan datang. Mulai dari perubahan karier yang tak terduga hingga peluang liburan di menit-menit terakhir.

Menabung uang sejak awal dapat membantu kamu menangani keadaan darurat kecil ini tanpa harus mengubah rencana keuangan secara signifikan. Tetapi mempersiapkan sesuatu bukan hanya tentang memasukkan uang ke dalam rekening tabungan, itu juga bisa berarti melindungi keluarga melalui asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, atau asuransi cacat.

Singkatnya, jika kamu bisa mengatur keuangan dengan baik di usia muda, hal itu dapat membantu kehidupanmu hingga anak-anak memahami nilai dari menabung sejak dini dan terorganisir dalam hal mengelola keuangan.

Baca juga: Tips Membeli Rumah untuk Pekerja dengan Gaji Rp5 Juta

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular