You are here
Home > Gaya Hidup >

5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi unik
Bagikan

Tradisi Unik di Indonesia – Tinggal dua hari lagi kita berpuasa di bulan Ramadhan, itu menandakan kalau Lebaran sudah didepan mata. Meski hari raya idul fitri di tahun ini berbeda karena harus dirayakan #dirumahaja, namun kita harus selalu bersyukur karena masih diberikan kesehatan dan umur yang panjang oleh Allah SWT sehingga kita bisa berjumpa lagi dengan hari lebaran.

Tak hanya itu, beberapa tradisi unik menyambut lebaran di beberapa daerah di Indonesia pun terpaksa harus dihentikan karena demi memutus mata rantai penyebaran virus covid -19.

Tradisi Unik Menyambut Lebaran di Indonesia

Ada banyak tradisi unik dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui nih guys. Walaupun kita tidak bisa melaksanakannya, namun ada baiknya kita ketahui tradisi-tradisi tersebut untuk diceritakan kepada anggota keluarga atau kerabat tercinta bahwa Indonesia itu kaya akan budaya dan tradisi.

Yuk langsung saja simak artikel berikut ini yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Tradisi Meugang (Aceh)

Tradisi unik
Sumber : Mercinews

Meugang adalah tradisi menyambut Lebaran di Aceh. Biasanya kegiatan ini dilakukan setiap tahun menjelang Idul Fitri dan dilakukan oleh semua warga di sebuah perkampungan.

Pada tradisi Meugang, orang-orang akan berkumpul di masjid untuk memasak daging dan menyantapnya bersama-sama. Selain itu, daging yang ada juga biasanya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai bentuk amal dan perhatian.

2. Grebeg Syawal (Yogyakarta)

Tradisi unik
Sumber : Suara.com

Tradisi unik menyambut Hari Raya idul Fitri selanjutnya berasal dari daerah Yogyakarta. Grebeg Syawal ini biasanya digelar oleh Keraton Yogyakarta sebagai wujud syukur pada sang maha kuasa.

Grebeg Syawal diawali dengan mengarak beraneka ragam hasil bumi yang disusun rapi berbentuk kerucut berukuran besar dari Pagelaran Keraton menuju kompleks Masjid Gede Kauman. Setelah didoakan, warga yang hadir akan berebut untuk mengambil hasi bumi tersebut.

Baca Juga:  Tidak Mudik, Inilah 4 Cara Alokasikan Dana THR

3. Festival Meriam Karbit (Pontianak)

Tradisi unik
Sumber : IndoZone

Festival Meriam Karbit merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh warga Pontianak selama 200 tahun. Festival ini menggunakan meriam yang terbuat dari bambu besar dan diletakkan di pinggir Sungai Kapuas.

Menjelang malam takbiran, para warga akan berkumpul di sekitar pinggir sungai untuk menyalakan meriam-meriam besar tersebut, sebagai tanda datangnya Hari Raya Idul Fitri.

4. Ronjok Sayak (Bengkulu)

Tradisi unik
Sumber : Good News From Indonesia

Ronjok Sayak atau Bakar Gunung Api ini adalah tradisi unik menyambut Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan oleh masyarakat Bengkulu.

Tradisi tersebut akan dilakukan saat malam takbiran dengan membakar batok kelapa kering yang disusun tinggi seperti gunung di depan rumah masing-masing. Ternyata, tradisi Ronjok Sayak ini sudah dilakukan selama ratusan tahun lho oleh Suku Serawai.

5. Ngejot (Bali)

images 32
Sumber : Genpi

Meskipun kebanyakan masyarakat Bali beragama Hindu, namun bukan berarti umat Muslim di sana tidak memiliki tradisi saat menyambut hari kemenangan.

Ada tradisi unik yang bernama Ngejot. Tradisi yang dilakukan umat muslim Bali setiap tahun ini bertujuan untuk menciptakan hubungan harmonis antar umat beragama di Bali.

Dalam kegiatan ini umat Muslim akan membagi-bagikan makanan bagi semua warga tanpa membedakan agama yang dianutnya. Tradisi Ngejot juga sering dilakukan oleh umat Hindu di Bali saat mereka merayakan Hari Besar agama Hindu.

Nah, itulah 5 tradisi unik menyambut hari raya idul fitri di Indonesia yang harus kamu ketahui. Kalau di daerah kalian sendiri punya tradisi apa?


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top