You are here
Home > News >

ICJ Update Hadir untuk Mensejahterakan Warga Yogyakarta

ICJ Update
Bagikan

MediaGo – Tingkat kesejahteraan masyarakat di daerah Indonesia memang berbeda-beda. Namun, jika dilihat dari latar belakang masalahnya, bisa dipastikan setiap daerah memiliki kimiripan. Salah satunya adalah masalah pengangguran, yang selalu saja menghantui setiap daerah.

Di Yogyakarta, misalnya, meski dijuluki sebagai Kota Pelajar, ternyata daerah istimewa ini punya tingkat pengangguran yang cukup tinggi. Ini yang menjadi perhatian tersendiri bagi komunitas yang tergabung dalam Info Cegatan Jogja (ICJ) Update.

Komunitas yang berdiri sejak 2018 ini memiliki visi untuk menciptakan Yogyakarta bebas atau tanpa pengangguran. Caranya, mereka selalu saling berbagi informasi terkait dengan lowongan pekerjaan dalam sebuah group Facebook.

“Berbeda dengan komunitas lain, kalau ICJ Update coba menciptakan lowongan kerja dengan memberikan info lowongan kerja. Kalau komunitas lain mungkin hanya sekadar informasi terkait kehilangan, pencurian, dan lainnya,” ungkap Budi Suwahyo sekalu Pendiri dan Ketua Umum ICJ Update.

Dia melanjutkan, info lowongan yang diberikan dalam grup komunitasnya sangat update. Setiap harinya, ada saja info lowongan kerja dengan berbagai kriteria diinformasikan ke dalam grup komunitas.

“Dari lowongan kerja cuma modal KTP, ijazah SD, SMP, SMA hingga S1 selalu saya infokan kepada anggota komunitas ini.  Makanya, kalau gabung di komunitas ini, tidak ada alasan cari lowongan kerja sulit. Sebab, tiap hari ada saja lowongan kerja yang diberikan,” ungkapnya.

Baca juga: 5 Keutamaan Membayar Zakat Bagi Umat Islam

Dengan begitu, lanjutnya, para anggota komunitas ini hatinya tergerak untuk bekerja. Ini secara tidak langsung akan mengurangi tindak krimal yang ada di Yogyakarta. “Kalau orang malu menganggur, dan senang bekerja. Pasti kriminalitas turun, karena pengangguran salah satu penyebab tingginya angka tindak criminal,” ujarnya.

Baca Juga:  Kabar Duka, Istri Menkunham Yasonna Laoly Tutup Usia

Untuk saat ini, lanjutnya, info lowongan yang berikan fokus untuk wilayah Yogyakarta. Ini dilakukan untuk mengantisipasi informasi yang tidak valid atau hoaks. “Sementara masih Yogya, saya tidak berani kasih info lowongan dari wilayah lain, karena saya khawatir dan tidak bisa memastikan keaslian info tersebut,” ungkapnya.

Bakti Sosial ICJ Update

ICJ Update 1

Selain memiliki tujuan memberantas pengangguran di Yogyakarta, ICJ Update juga penduli terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sejak satu tahun terakhir, mereka membuka donasi kepada masyarakat yang ingin menyisihkan rezekinya.

“Donasi ini adalah giat sosial. Saya berpikir yang berdampak Corona semakin banyak. Makanya, saya dibikin program kemanusian. Saya bikin program membantu untuk yang membutuhkan, dan respons dalam komunitas sangat positif,” ungkapnya.

Komunitas ini menerima berbagai sumbangan dari masyarakat. Mulai dari uang, paket sembako, pakaian dan lainnya. “Sumbangannya ada yang datang dari Jakarta, Kebumen, dan lainnya. Biasanya dipaketin,” ujar Budi.

Setiap sumbangan yang diterima komunitas ini, Budi selalu memberikan informasi ke grup ICJ Update. Ini dilakukan agar transparan dan setiap anggota komunitas mengetahuinya. “Ini tujuannya untuk pamer. Informasi ini agar tidak terjadi memanipulasi data. Misalkan ada yang bantu kirim uang, tanpa nama. Data ini yang dikhawatirkan,” ujarnya.

Sumbangan dari berbagai donatur setiap minggunya selalu didistribusikan ke sejumlah wilayah. Misalnya Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo dan lainnya. Semoga dengan bantuan ini, masyarakat bisa terbantu. Bagi kamu yang ingin membantu atau berdonasi, bisa hubungi +62 856-4110-0611.


Bagikan
GP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top