SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya Hidup7 Cara Ampuh Agar Konten TikTok FYP 2023

7 Cara Ampuh Agar Konten TikTok FYP 2023

MediaGo – TikTok adalah aplikasi media sosial berbagi video yang begitu sangat populer saat ini. Pengguna tiktok sendiri sudah mencapai seluruh dunia dan telah banyak konten kreator yang sukses dari TikTok karena kontennya berhasil FYP dan mendapatkan banyak followers sehingga banyak endorsment masuk kepada mereka.

Tahukah kamu, membuat konten di platform ini untuk mendapatkan banyak penonton itu tidak mudah. Platform dari negeri Tiongkok ini menerapkan algoritma yang cukup rumit dan harus bisa kamu pelajari agar kontenmu FYP. Tapi tenang, di sini kami akan berikan beberapa cara agar konten TikTok FYP di tahun 2023 seperti yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

1. Upload Video di Jam Ramai (Prime Time)

Ketika akan membuat dan mengunggah konten video, pastikan untuk memilih jam-jam yang paling ramai, dimana para pengguna TikTok paling aktif. Kamu bisa mulai mengunggah video sesuai dengan jadwal ramai TikTok.

Menurut situs Influencer Marketing Hub, jam ramai TikTok, atau biasa disebut TikTok prime time adalah pada siang hari pukul 12.00 – 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 – 17.00 WIB, dan malam hari pada pukul 19.00 – 23.00 WIB. Agar bisa muncul di jam-jam tersebut, kamu harus menjadwalkan waktu upload.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Jadwal yang tepat untuk upload video agar muncul di FYP di TikTok saat prime time, yang juga berlaku di Indonesia:

  • Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  • Rabu: 11.00 WIB, 19:00 WIB, 20.00 WIB, 
  • Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jum’at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

2. Tulis Caption Menarik

Caption pada bagian bawah sebuah video harus dibuat menarik. Sebisa mungkin isi dari caption benar-benar mewakili isi video TikTok yang kamu upload. Sejak bulan November 2021, TikTok meningkatkan jumlah karakter pada caption dari 100 karakter menjadi 300. Ini dapat kamu manfaatkan untuk membuat caption semenarik mungkin.

Selain itu, untuk memancing interaksi atau komentar dari pengguna lainnya, caption ini bisa berupa pertanyaan. Ini merupakan cara masuk FYP TikTok yang terbilang paling mudah.

Hal ini dilakukan untuk membantu dan memperbesar peluang terjadinya interaksi pada video yang kamu upload tersebut. Dengan banyaknya interaksi, maka otomatis video akan muncul pada halaman For You.

tiktok screenshots.jpg
ilustrasi video tiktok FYP. Gambar: MEDIANAMA

3. Buat Konten yang Meningkatkan Engagement

Cara supaya FYP di TikTok bisa juga dilakukan dengan mencoba untuk membuat sebuah konten yang mampu meningkatkan engagement antara pembuat konten dengan follower. Perhatikan juga kualitas video kamu.

Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan konten yang unik, lucu dan pastinya original. Pastikan kamu membuat para follower merasa puas sekaligus bahagia dan berkenan untuk memberikan komentar yang akan sangat membantu untuk meningkatkan ranking.

4. Kolaborasi atau Duet dengan Kreator Lain

Agar akun TokTok kamu semakin dikenal, buatlah konten kolaborasi dengan kreator TikTok lainnnya, bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama.

Video duet TikTok terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan exposure dari video konten yang kamu buat. Bila hasil duetnya menarik, maka akan mendatangkan banyak komentar, apalagi kalau video duet kamu direspon oleh sang kreator yang kamu ajak duet.

5. Ikuti Tren dan Challenge

Selain itu, cara masuk FYP TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu yang sedang tren saat ini. Hampir setiap hari pasti ada saja tantangan unik atau challenge TikTok yang dibuat oleh para penggunanya. 

Ketika tantangan tersebut menjadi viral, kini saatnya kamu mencoba versi kamu sendiri dan mengunggahnya di akun TikTok. Dengan mengikuti tren serta tantangan kekinian, kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus follower.

6. Pakai Lagu yang Sedang Populer

Ketika kamu membuat sebuah video, maka cara mudah untuk viral di platform social media ini bisa dilakukan dengan menggunakan lagu yang sedang hits. Cobalah lakukan editing pada video tersebut sebaik mungkin dengan memasukkan potongan lagu tersebut. Cara ini bisa sangat efektif untuk membuat video kamu muncul pada halaman For You. Tapi perhatikan juga isi konten video kamu ya, jangan asal saja pakai lagu yang populer.

Karena kalau isi dan lagi tidak sesuai, maka kesempatan video kamu dilihat orang sampai selesai akan kecil sekali.

7. Jangan Lupa Pakai Hashtag

Cara lain yang bisa dilakukan agar video bisa muncul pada halaman For You adalah dengan menggunakan berbagai hashtag yang saat ini trending. Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan beberapa hashtag yang pastinya juga relevan dengan video milikmu. 

Penggunaan hashtag juga akan membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage. Beberapa hashtag ini dipercaya mampu meningkatkan popularitas dari sebuah video.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular