You are here
Home > Gaya Hidup >

Deretan Alat Fitness di Tempat Gym dan Fungsinya

Alat fitness di tempat gym dan fungsinya

Bagi kamu yang gemar pergi latihan ke gym, pastinya tidak akan terlalu asing dengan berbagai macam jenis alat fitnes multi fungsi. Alat-alat yang berada di gym tersebut tentu memiliki banyak kegunaan seperti melatih beberapa bagian otot tangan, bahu maupun kaki. Agar lebih mengerti, yuk kenali alat fitness di tempat gym dan fungsinya. 

Alat fitness di tempat gym dan fungsinya

Dengan adanya alat olahraga ini, kamu bisa melakukan aneka macam jenis latihan kebugaran dengan mengandalkan satu macam jenis alat fitnes saja loh. Berikut deretan alat fitnes di tempat gym yang perlu kamu ketahui fungsinya:

1. Treadmill

alat fitness di tempat gym dan fungsinya
Treadmill. (Gambar: http://pixabay.com)

Treadmill merupakan alat fitness yang paling banyak membakar kalori dari berbagai alat kardiovaskular lainnya yang tersedia di tempat gym. Kamu dapat membakar sekitar 100 kalori per 1,5 km dengan berjalan cepat. 

Treadmill juga dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat kebugaran yang berbeda tergantung kecepatan dari berjalan hingga berlari dan juga kemiringan landasan. Alat fitness ini juga dapat memberikan tantangan keseimbangan untuk yang baru berolahraga atau yang sudah lama tidak berolahraga.

2. Mesin eliptis dan pijakan tangga

Mesin ini tak terlalu berisiko pada sendi, dan merupakan alternatif yang baik untuk treadmill. Karena digunakan dalam posisi berdiri, maka biasanya akan lebih banyak melibatkan massa otot, sehingga tingkat pembakaran kalori cukup tinggi. Mesin eliptis dengan komponen lengan dapat lebih meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar.

3. Rowing machine (mendayung)

alat fitness di tempat gym dan fungsinya
Rowing machine. (Gambar: http://verywellfit.com)

Jangan tertipu dalam pemikiran bahwa mesin ini hanya memberi latihan tubuh bagian atas, karena mesin ini merupakan mesin kardiovaskular yang canggih. 

Kamu harus mendorong dengan kaki, sementara menarik dengan lengan. Koordinasi sangat diperlukan dalam mendayung, selain itu juga melibatkan inti otot perut untuk mendukung dan melindungi punggung. 

Karena hal ini melibatkan begitu banyak kelompok otot, maka pendayung akan membakar banyak kalori. Namun, mesin ini tidak disarankan untuk orang yang jarang berolahraga dan tidak fit.

4. Smith machine

Smith machine merupakan alat untuk mengangkat barbel pada trek vertikal. Alat fitness ini memiliki banyak tujuan yang sama sebagai mesin latihan beban standar, yaitu untuk membentuk otot. 

Mesin ini membatasi barbel untuk serangkaian gerakan, karena barbel terpasang pada rel. Kamu dapat mengatur keamanan berhenti untuk menjaga bar terjatuh ke bawah dari ketinggian tertentu. Semua otot dapat bekerja menggunakan alat ini, terutama pada bagian bahu, trisep, dan traps.

5. Cable machine

Alat fitness ini menghubungkan gagang ke tumpukan pemberat dengan cara menarik kabel agar bergerak melalui katrol. Katrol yang digunakan bisa tetap dan bisa juga disesuaikan. Alat ini pada dasarnya dapat menyentuh setiap otot dalam tubuh.

6. Squat rack

Ini adalah alat fitness yang dapat digunakan untuk melakukan squat secara serius. Dalam latihan kebugaran dan kekuatan, squat dapat melatih tubuh sepenuhnya. Squat terutama berfokus pada paha, pinggul dan pantat, paha depan, dan paha belakang sambil memperkuat tulang dan ligamen.

7. Lat pulldown machine

alat fitness di tempat gym dan fungsinya
Lat pulldown machine. (Gambar: http://anytimefitness.com)

Ini adalah alat fitness yang digunakan untuk memperkuat otot latissimus dorsi atau lats. Cara menggunakannya ialah dengan menarik gagang ke bawah, dengan menjaga siku dan punggung tetap lurus. 

Hindari membungkukkan badan untuk mendapatkan bantuan dari dada dan otot perut. Otot yang digunakan untuk alat ini adalah punggung bawah dan punggung atas, khususnya bisep dan lats.

8. Pek deck machine

Jenis alat fitness ini dirancang untuk mengisolasi dan mempekerjakan bagian dada. Untuk benar-benar melakukan latihan ini, duduk menghadap kebelakang dengan menekuk siku 90° pada level pertengahan dada. 

Dorong gagang hingga berada di depan wajah. Tarik napas saat membuka lengan dan keluarkan napas ketika menariknya lagi. Otot yang dibangun adalah otot dada (pectoralis major) dan bahu (deltoids).

Sangat penting untuk memilih dan menggunakan alat-alat tersebut sesuai dengan program fitness yang sedang dijalani agar latihan yang dilakukan dan hasil yang kamu dapat menjadi maksimal.

Kamu juga harus melakukan latihan gym secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi harus diingat jangan terlalu berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan tubuh juga, lho.

Baca juga: Sesuai Anjuran WHO, Ini Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Selama Masa Pandemi COVID-19

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top