MediaGo – Brand sekaligus produk fashion lokal Roughneck 1991 dianugerahi penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) Live Streaming secara Nonstop Terlama oleh 1 Merek Fesyen Lokal setelah melakukan siaran streaming di platform media TikTok selama 10 hari tanpa henti.
Siaran streaming ini dilakukan di TikTok Live mulai dari 1 Oktober 2022 pukul 00:00 hingga 10 Oktober 2022 waktu yang sama. Penghargaan MURI ini diterima oleh Roughneck secara resmi pada Selasa, 8 November 2022, di Jakarta.
Pendapat Rusli Ihkwan, Pendiri Roughneck tentang Social Media
Pendiri Roughneck Rusli Ikhwan mengatakan, media sosial saat ini tidak hanya berfungsi sebagai jejaring sosial atau hiburan semata. Konten-konten yang tersaji di media sosial dapat menjadi wadah untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat.
“Sebagai brand lokal, pemanfaatan media sosial ini sangat diperlukan untuk mengenalkan produk lebih dekat kepada konsumen serta mengajak konsumen untuk lebih peduli dan sadar akan produk buatan dalam negeri,” ujarnya.
Menurutnya, platform TikTok saat ini menjadi media sosial yang sangat digandrungi Gen Z dan milenial di Indonesia. Setiap tahun jumlah pengguna TikTok terus meningkat. Tidak mengherankan, kini banyak orang menggunakan platform ini sebagai sarana berbagi informasi.
“Konten yang kami sajikan selama 10 hari ini tentunya tidak hanya mempromosikan brand kami, namun juga kami menyelingi beberapa konten edukasi dan juga menghibur kepada penonton,” tambah Rusli.
Roughneck 1991 Raih 371,9 Ribu Unique Views
Selama 10 hari siaran streaming nonstop, Roughneck 1991 berhasil menarik perhatian 371,9 ribu unique views. Siaran steaming ini juga menjadi siaran streaming TikTok terlama sepanjang sejarah TikTok di Indonesia.
Sementara itu, Desey Muharlina Bungsu selaku Fashion Lead dari TikTok Shop menjelaskan, TikTok Shop telah mendukung pertumbuhan brand dan merchant lewat berbagai fitur yang mengedepankan unsur hiburan dan kemudian mengajak pengguna untuk berbelanja, seperti fitur shoppable live streams, video pendek, dan fitur Shopping Center yang baru-baru ini diumumkan.
Dengan mengusung konsep shoppertainment di mana hiburan adalah poin penting dalam kegiatan berbelanja, TikTok Shop juga memberikan dukungan penuh kepada brand dan merchant, mulai dari merintis usaha, inkubasi, hingga menumbuhkembangkan bisnis.
“Brand dan merchant lokal (UKM) di TikTok semakin diberdayakan melalui program unggulan reguler TikTok Shop seperti TikTok Shop Seller Conference, Program Inkubasi Penjual TikTok Shop, Program Follow Me, dan Maju Bareng TikTok,” ungkapnya.