SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupLagi Kritis, Gary Iskak Kena Kanker Hati Akut

Lagi Kritis, Gary Iskak Kena Kanker Hati Akut

MediaGo – Aktor Gary Iskak dikabarkan lagi dirawat di rumah sakit. Hal itu diketahui dari foto yang beredar di media sosial. Istri Gary, Richa Novisha, mengungkapkan belum bisa menjelaskan soal penyakit yang diidapnya.

Namun, salah satu sahabat Gary, Markoneng, mendapat kabar bahwa Gary mengidap sakit kanker hati. Hal serupa juga dituliskan oleh akun Toto Soegriwo.

a8mr5uee5hgg608o3c6h 15091
okezone.com

“Mohon do’a terbaik buat rekan dan sahabat kita aktor Gary Iskak yang saat ini sedang dirawat di RS Pertamina Pusat karena didiagnosa terkena penyakit sirosis atau kanker hati akut,” tulis akun tersebut.

Istri Ceritakan Kondisi Terkini Gary Iskak

Istri Gary Iskak, Richa Novisha yang dihubungi awak media, belum bisa membeberkan kondisi sang suami secara rinci. Sebab sang aktris tengah fokus merawat aktor yang usianya hampir 50 tahun tersebut.

“Dear teman-teman online, teman-teman media semua. Maaf aku nggak bisa balas satu-satu pesannya,” tulis Richa Novisha di Instagram Story, Jumat (18/6/2021).

Melalui pesannya ini pula, bintang film Pencarian Terakhir ini mengabarkan kondisi terkini dari Gary Iskak.

Garry Iskak sakit kanker hati
suara.com

“Keadaannya lebih baik dan ditangani dengan baik. Terima kasih atas doa dan perhatiannya untuk suami. Aku mencintai kalian,” kata Richa memaparkan.

Bahkan melalui postingan terbaru, Richa Novisha baru saja mengunggah postingan video call antara Gary Iskak dengan beberapa orang.

Namun demi kebaikan, wajah dari aktor bernama lengkap Gary Muhammad Iskak itu tidak ditampilkan.

“Di sini, seharusnya ada foto Gary Iskak yang barusan habis video call. Tapi kami sepakat untuk tidak mempublikasikan. Semoga energi positif dari kami bisa membangkitkan semangat lo bro,” tulis @alblenfabe.

Richa Novisha lantas membalas, “Terima kasih brader-brader.”

Penyakit Kanker Hati yang Diderita Gary Iskak

Kanker hati merupakan salah satu jenis kanker yang gejalanya sering tak terdeteksi. Ini bisa terjadi sampai kankernya mencapai stadium lanjut.

Di beberapa kasus, penyakit ini kerap disamakan dengan hepatitis. Namun, penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki penyakit mendasar dan belum jelas penyebabnya.

Saat kanker berkembang di hati, kondisi ini akan menghancurkan sel-sel hati dan mengganggu kemampuan hati untuk berfungsi secara normal. Umumnya, kanker hati juga diklasifikasikan sebagai primer atau sekunder.

Kanker hati primer dimulai di sel-sel hati. Kanker hati sekunder berkembang ketika sel-sel kanker dari organ lain menyebar ke hati. Lalu, bagaimana dengan tingkat kelangsungan hidup pasien kanker hati?

Dilansir dari Medicine Net, tingkat kelangsungan hidup pasien kanker hati tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran kanker hati, jumlah lesi, kanker sudah menyebar atau belum, kesehatan jaringan hati di sekitarnya, serta kesehatan pasien secara umum.

Harapan hidup pasien kanker hati ini tergantung pada banyak faktor yang mempengaruhi jenis kankernya bisa disembuhkan atau tidak. The American Cancer Society menyatakan pasien kanker hati memiliki peluang hidup selama 5 tahun sebesar 15 persen pada semua tahap kanker hati.

Gary Iskak sakit kanker hati
Klikdokter.com

Salah satu penyebab tingkat kelangsungan hidup pasien kanker hati rendah adalah banyak orang dengan kanker hati juga menderita masalah medis lain, seperti sirosis.

Tapi, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun ini bisa bervariasi tergantung pada seberapa banyak kanker hati telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Jika kanker hati terlokalisasi atau terbatas pada hati saja, tingkat kelangsungan hidup selama 5 tahun pada pasien bisa meningkat sebesar 28 persen. Jika kanker hati bersifat regional, maka tingkat kelangsungan hidup selama 5 tahun hanya 7 persen.

Setelah kanker hati menyebar ke organ atau jaringan tubuh lain yang jauh, maka pasien hanya memiliki peluang bertahan hidup selama 2 tahun.

Tingkat kelangsungan hidup pasien kanker hati ini juga dipengaruhi oleh perawatan medis yang dijalaninya. Knaker hati yang bisa diangkat melalui pembedahan, maka akan meningkatkan peluang harapan hidup pasien selama 5 tahun sebesar 50 persen bila terdeteksi lebih awal.

Sedangkan, kanker hati yang bisa ditangani dengan cara transplantasi organ akan meningkatkan peluang harapan hidup pasien selama 5 tahun sebesar 70 persen. Penyebab utama pasien kanker hati meninggal biasanya Akibat gagal hati, pendarahan atau kanker sudah stadium lanjut.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular