You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai 500 Tahun!

Hewan Dengan Usia Terpanjang

MediaGo – Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis hewan dengan jangka waktu usia yang berbeda-beda. Ada yang bisa bertahan hidup hanya dalam waktu 24 jam saja dan ada juga yang kuat hingga ratusan tahun lamanya, seperti beberapa hewan dengan usia terpanjang di dunia berikut ini.

Mungkin dari kalian belum pernah dengar ada hewan yang bisa bertahan hidup hingga ratusan tahun. Bahkan umurnya ini bisa mengalahkan umur manusia. Daripada penasaran, yuk intip langsung 10 hewan dengan usia terpanjang di dunia yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Daftar Hewan Dengan Usia Terpanjang di Dunia

Berikut ini daftar hewan dengan usia hidup terpanjang di dunia. Ada yang sampai 5 abad!

10. Tuatara (100 tahun)

hewan dengan usia terlama
GRID

Tuatara merupakan hewan jenis reptil yang bisa bertahan hidup hingga seratus tahun lamanya. Para peneliti percaya bahwa tuatara bisa hidup dalam jangka waktu lama ini karena metabolismenya yang rendah.

Hal itulah yang membuat mereka mampu menoleransi temperatur yang sangat rendah, dan menjadikan hewan ini lebih kuat daripada hewan reptil lainnya.

9. Blue Whale (110 tahun)

paus dengan usia terpanjang
animalsaroundtheglobe.com

Hewan dengan usia terpanjang berikutnya adalah Blue Whale atau paus biru. Para peneliti memperkirakan masa hidup hewan ini dengan menghitung lapisan demi lapisan serupa lilin pada bangkai paus.

8. Lake Sturgeon/Sturgeon danau (150 tahun)

fish lake sturgeon
nfw.org

Dikutip dari Wikipedia, ikan Sturgeon danau memiliki umur yang sangat panjang. Untuk jantan sendiri biasanya hidup selama 55 tahun dan betina dapat hidup hingga 150 tahun lamanya. 

7. Kura-kura Aldabra (152 tahun, dalam pengamatan terakhir)

kura kura aldabra
tempo.co

Kura-kura Aldabra sendiri diketahui sebagai salah satu hewan yang hidup paling lama di dunia, tapi sangat susah untuk membuktikannya karena usia hewan ini selalu melebihi peneliti yang menelitinya.

6. Kura-kura Raksasa Galapagos (175 tahun)

Hewan Dengan Usia Terpanjang
BBC

Kalian pernah dengar Harriet, si kura-kura raksasa dari Pulau Galapagos yang mati pada Bulan Juni 2006 karena gagal jantung? diketahui usianya saat itu adalah 175 tahun.

5. Red Sea Urchin/Landak Laut Merah (200 tahun)

red sea urchin
National Geographic

Para peneliti menemukan bahwa landak laut hidup lama itu karena mereka tidak menunjukkan disfungsi terkait pertambahan usia hingga mereka mati. Hal ini juga menjadi salah satu alasan hewan tersebut terhindar dari serangan predator.

4. Bowhead Whale/Paus Kepala Busur (lebih dari 200 tahun)

hewan dengan usia terpanjang di dunia
caraprofesor.com

Para peneliti telah memperkirakan masa hidup paus kepala busur dengan cara menganalisis lapisan tisu matanya dan dengan menghitung pertanggalan ujung batu yang ditemukan di lapisan lemaknya. Sebuah penelitian menunjukkan paus ini bisa bertahan hidup hingga lebih dari 200 tahun.

3. Cacing Pipa (250 tahun)

cacing pipa
kompasiana.com

Mungkin banyak orang yang belum tahu dengan hewan berbentuk seperti tabung ini. Cacing pipa hidup di daerah rembesan hidrokarbon yang dingin dan tenang di Teluk Meksiko. Mereka butuh waktu 170-250 tahun lamanya untuk bisa tumbuh besar.

2. Hiu Greenland

ikan dengan usia terpanjang
tribuntravel

Sebuah penelitian baru yang keluar pada Bulan Agustus 2016 lalu menyebutkan bahwa hiu Greenland menjadi hewan vertebrata bermasa hidup paling lama di bumi. Hiu ini tumbuh dengan sangat lambat, hanya 1 cm per tahunnya.

1. Ocean Quahog (500 tahun)

hewan dengan usia terpanjang
Hakai Magazine

Para peneliti dari Welsh mengestimasi usia hewan ini adalah 507 tahun. Hal itu dibuktikan dari cincin pertumbuhan di bagian luar cangkang Quahog. Umurnya yang bisa mencapai 5 abad ini menjadikannya sebagai hewan yang hidup terlama di bumi.

Nah itulah 10 hewan dengan usia terpanjang di bumi. Gak nyangka ya ternyata ada hewan yang hidupnya sampai ratusan tahun lamanya.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top