SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupHiburanWajib Ditonton, Ini 5 Film Kartun Anak yang Mendidik

Wajib Ditonton, Ini 5 Film Kartun Anak yang Mendidik

MediaGo – Film kartun tentunya menjadi favorit semua anak-anak. Namun, sebagai orang tua harus memilih mana film kartun anak yang cocok ditonton atau tidak, karena ada yang mengandung unsur kekerasan. Agar tak salah pilih, berikut ini rekomendasi film kartun anak yang mendidik. 

5 Film Kartun Anak yang Mendidik 

Demi mendukung tumbuh kembang anak, film kartun anak yang mendidik dan mengandung pesan moral sangat baik untuk ditonton agar anak menyerap hal-hal baik yang ditayangkan dalam film.

Menonton film anak-anak bermanfaat untuk mengembangkan fungsi otak, meningkatkan kreativitas anak, dan menjadi media pembelajaran menarik bagi anak. Seperti dilansir dari laman Indo Zone berikut ini rekomendasi film kartun anak yang mendidik:

1. Luca

film kartun anak yang mendidik
Film Luca. (Gambar: http://hotstar.com)

Film animasi garapan Disney pixar ini mengambil latar di Riviera, Italia. Film ini menyajikan persahabatan antara Luca dan Alberto. Luca dan Alberto merupakan monster laut.

Bedanya, Alberto sudah pernah menjadi manusia dan ia mengajak Luca untuk menjadi manusia. Mereka memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi manusia dan berbaur dengan masyarakat di sana selama tubuh mereka dalam keadaan kering.

Ketika terkena air, tubuh mereka akan berubah menjadi wujud aslinya. Ketika musim panas di tepi pantai, Luca dan Alberto bertemu dengan kawan manusia yang mengajaknya berkeliling dan memperkenalkan kuliner khas Italia dan bermain di atas skuter.

Namun sayangnya kebahagiaan mereka tiba-tiba harus berubah drastis ketika wujud aslinya yang merupakan rahasianya mulai terbongkar. Tak hanya sebagai hiburan, film luca ini juga bisa menjadi edukasi anak tentang kehidupan bawah laut.

Kemudian, film Luca juga menyampaikan kisah coming of age yaitu identitas diri yang selama ini disembunyikan dari dunia luar dan agar jangan takut untuk menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya.

2. Inside out 

film kartun anak yang mendidik
Film Inside Out. (Gambar: http://berkeluarga.id)

Perlu kamu ketahui bahwa Inside Out dinobatkan sebagai salah satu film animasi terbaik. Jadi sudah tidak heran jika film ini meraih Piala Oscar pada tahun 2015 karena ide ceritanya yang brilian. 

Film inside out menceritakan tentang anak gadis bernama Riley yang memiliki lima jenis emosi yaitu Joy, Fear, Disgust, Anger dan Sadness. Kelima jenis emosi itu saling memengaruhi kepribadiannya.

Inside Out mengajarkan anak untuk mengenal jenis-jenis emosi, mengelola emosi dengan baik, dan menyampaikan emosi dengan cara yang tepat.

3. Zootopia 

film kartun anak yang mendidik
Film Zootopia. (Gambar: http://kumparan.com)

Film Zootopia yang merupakan film yang menceritakan tentang kehidupan suatu kota dengan binatang mamalia. Pesan moral tentang diskriminasi dan bullying menjadi kekuatan film ini.

Mengisahkan tentang kelinci betina bernama Judy Hopps dan Nick Wilde yang berusaha memecahkan misteri kota Zootopia. Judy bercita-cita menjadi hewan non predator pertama yang menjadi polisi Zootopia.

Zootopia memberikan pesan mendidik seperti melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain, dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Coco 

film kartun anak yang mendidik
Film Coco. (Gambar: http://bobo.grid.id)

Coco juga menjadi film anak-anak yang tidak boleh dilewatkan nih, Moms. Film ini mengandung pesan moral positif dalam meraih cita-cita. Jalan cerita dan visualnya pun juga sangat menarik dijamin membuat anak tidak mudah bosan saat menontonnya. 

Coco menceritakan tentang seorang anak bernama Miguel yang bermimpi menjadi musisi terkenal seperti Ernesto de la Cruz. Obsesinya itu membuatnya menjelajah ke dunia kematian dan menemukan fakta yang mencengangkan.

Tokoh Coco dalam film ini mengajarkan si Kecil untuk berlaku jujur, meraih cita-cita yang diimpikan, serta memberikan gambaran betapa pentingnya peran keluarga untuk dalam sebuah kehidupan.

5. Frozen 

film kartun anak yang mendidik
Film Frozen. (Gambar: http://voi.id)

Frozen tak hanya menjadi karakter kegemaran anak-anak, namun juga berhasil menjadi film kartun anak terbaik yang cocok ditonton bersama keluarga.

Menceritakan Princess Elsa yang memiliki kekuatan untuk mengubah sesuatu menjadi es hingga suatu kecelakaan pun terjadi dan menyebabkan badai es abadi.

Frozen mengajarkan anak untuk saling mengasihi sesama saudara, saling membantu dan mendukung, serta tidak sungkan untuk meminta tolong ketika memerlukan bantuan.

Deretan rekomendasi film kartun untuk anak di atas sangat cocok ditonton lho, Moms. Tak hanya visualnya yang cukup menarik, tetapi ada juga pesan moral yang bisa diambil untuk menjadi pelajaran yang baik bagi tumbuh kembang anak. 

Baca juga: Jadi Rutinitas Sebelum Tidur, Ini 7 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular