You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

Benda-Benda Jadul Khas Anak 90-an yang Bikin Kamu Nostalgia

Benda Jadul Khas Anak 90-an

Semakin canggihnya teknologi saat ini membuat banyak benda-benda sudah dalam format atau bentuk digital. Hal ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan dua-tiga dekade yang lalu atau era 90-an. Berikut sederet benda-benda jadul khas anak 90-an yang bakal bikin kamu ingat masa kecil. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

Benda jadul khas anak 90-an

Di zaman itu, mainan pada umumnya masih dibuat dari barang-barang yang sederhana alias hanya memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Mulai dari kertas, dedaunan, hingga tutup panci milik ibu. Saking sederhananya, anak-anak zaman sekarang pun pasti akan menyebut benda-benda tersebut sebagai barang super low budget.

Namun demikian, hal itu tentunya tidak mengurangi rasa senang yang muncul saat menggunakan barang tersebut. Justru bagi generasi anak-anak di masa itu, benda jadul tersebut sangat berkesan dan tak bisa tergantikan dengan barang digital yang ada saat ini.

1. Sempoa SIP

Benda jadul khas anak 90-an
Sempoa. (Gambar: http://bobobox.com)

Benda-benda ikonik masa kecil tahun 90-an pertama adalah sempoa SIP. Benda satu ini adalah salah satu benda yang biasa digunakan untuk membantu anak-anak dalam belajar hitung menghitung.

Metode pembelajaran dengan sempoa ini menjadikan kegiatan belajar untuk anak semakin seru. Pasalnya, anak-anak akan menggunakan biji sempoa untuk belajar perhitungan aritmatika. Tak mengherankan juga, pada zamannya, sempoa SIP adalah barang yang wajib dibawa untuk murid TK atau SD kelas 1 dan 2. Sekarang ini, kamu mungkin akan jarang mendapati benda ini digunakan.

2. Tempat pensil tingkat

Benda jadul khas anak 90-an
Tempat pensil tingkat. (Gambar: http://today.line.me)

Benda-benda ikonik masa kecil tahun 90-an adalah tempat pensil tingkat. Untuk benda satu ini, anak-anak generasi 90-an sangat dimanjakan dengan berbagai macam bentuk tempat pensil tingkatnya.

Baca Juga:  Makna Budaya Malam Tirakatan Pembawa Keberkahan

Ada yang berbentuk menyerupai mobil-mobilan atau superhero. Biasanya, model satu ini dipilih oleh anak laki-laki. Sedangkan anak perempuan, akan cenderung memiliki tempat pensil bunga atau tokoh kartun girly

Semakin menarik dan banyak hal unik di dalamnya semakin mahal pula benda ikonik 90-an tersebut. Hal tersebut kerap kali dibanggakan oleh anak yang memiliki tempat pensil tingkat kaya hal unik.

3. Penghapus pulpen

Ini 5 Jenis Penghapus Legendaris yang Kini Keberadaannya Mustahil Ditemukan  - Boombastis
Penghapus pulplen. (Gambar: http://Boombastis.com)

Sebenarnya, untuk benda satu ini, anak generasi 90-an disuguhi berbagai jenis penghapus unik. Di samping penghapus pulpen, ada juga penghapus bendera negara dan juga penghapus wangi.

Namun, soal yang paling membekas, penghapus pulpen termasuk benda-benda ikonik masa kecil 90-an. Alasan utamanya adalah kemampuan dari penghapus ini yang tak akan didapat dari penghapus lainnya.

Selain mampu menghapus bekas pensil, penghapus dengan warna biru ini dipercaya mampu menghilangkan tinta pulpen. Namun, kebanyakan anak menghapus bekas pulpen beserta merobek kertas saat dicoba.

4. Pensil susun

Benda jadul khas anak 90-an
Pensil susun. (Gambar: http://kids.grid.id)

Anak zaman sekarang mungkin terbiasa menggunakan pensil tulis dan pensil mekanik. Namun, anak sekarang mungkin tak akan mengetahui bahwa ada satu jenis pensil lainnya yang pernah hits pada zamannya.

Jenis pensil tersebut adalah pensil susun. Seperti namanya, benda-benda ikonik masa kecil 90an ini berupa pensil yang disusun berdasarkan isian pensil susun hingga akhirnya nyaman untuk digenggam.

Jika ujung pensilnya sudah tumpul, anak 90-an akan mengganti posisi dari isian pensil susun. Isian yang tumpul akan ditempatkan di paling belakang dan isian yang masih lancip akan disimpan di depan.

5. Tamagotchi

Benda jadul khas 90-an
Tamagotchi. (Gambar: http://kompas.com)

Benda-benda ikonik masa kecil tahun 90-an tak hanya didominasi oleh perlengkapan untuk sekolah saja. Banyak mainan yang termasuk benda ikonik seperti tamagotchi.

Baca Juga:  10 Hewan Dengan Usia Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai 500 Tahun!

Permainan karya Akihiro Yoo dan Aki Maita berhasil menjadi permainan wajib dimiliki oleh anak-anak generasi 90-an. Tak mengherankan jika pertengahan 90-an hingga awal 2000-an, Indonesia dilanda demam tamagotchi.

Tamagotchi adalah permainan di mana kamu bertugas untuk menjaga hewan digital. Lewat handheld berbentuk telur, kamu diharuskan memperlakukan hewannya seperti hewan sungguhan.

6. Telepon umum koin

Benda jadul khas anak 90-an
Telepon umum koin. (Gambar: http://today.line.me)

Hampir sebagian besar anak zaman sekarang sudah dibekali oleh orang tua mereka smartphone. Smartphone ini diberikan kepada anak sebagai media komunikasi antar orang tua dan anak.

Pada zaman 90-an, telepon genggam adalah barang mewah. Tak banyak orang yang memilikinya. Untuk berkomunikasi, menggunakan telepon umum koin adalah salah satu caranya. Benda-benda ikonik masa kecil 90-an ini hanya membutuhkan uang koin pecahan 100 rupiah. Semakin besar nilai uang pecahan yang dimasukkan, semakin lama pula durasi yang didapat untuk menelepon.

7. Balon tiup

Benda jadul khas anak 90-an
Balon tiup. (Gambar: http://bobobox.com)

Banyak sekali permainan yang kini mulai ditinggalkan oleh anak-anak. Salah satunya adalah balon tiup. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi akibat perkembangan zaman yang begitu cepat.

Padahal, pada masanya, balon tiup termasuk salah satu benda-benda ikonik masa kecil tahun 90-an. Hampir semua anak memainkan balon tiup yang bisa dibeli dengan muda di kanting sekolah.

Cara mainnya adalah kamu hanya perlu menempelkan balon ke ujung sedotan. Lalu, lewat sedotan, kamu bisa meniupnya hingga menjadi besar. Beberapa anak ada yang sengat menjadikannya sebagai topeng.

Baca juga: Bikin Ngakak! Ini 7 Barang Nyeleneh yang Dijual Secara Online

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top