You are here
Home > Gaya Hidup > Hiburan >

BTS Tetap Lanjutkan Pendidikan Hingga S2 di Tengah Kesibukan yang Padat

BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2

Sebagai salah satu idol K-pop yang populer di seluruh dunia, BTS tentu saja memiliki deretan jadwal kesibukan yang sangat padat. Namun kamu perlu tahu, bahwa ketujuh member BTS ini tidak mengesampingkan pendidikan, lho. Justru saat ini beberapa member BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2. Simak selengkapnya yuk tentang pendidikan BTS.

Meski sibuk, BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2

BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2
Pendidikan BTS. (Gambar: http://popbela.com)

Melansir penjelasan dari laman Kompas, boyband asal Korea Selatan ini berhasil mengenyam pendidikan sarjana atau S1. Bahkan beberapa anggota BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2, lho.

Padahal, mereka memiliki aktivitas yang padat dan popularitas yang tengah naik daun seharusnya cukup menguras waktu mereka. Nyatanya, mereka masih terus fokus pada pendidikan dan  tercatat meneruskan pendidikannya di Hanyang Cyber University untuk program Magister Administrasi Bisnis (MBA).  

Beruntungnya, perusahaan entertainment atau manajemen yang menaunginya memberikan dukungan penuh untuk para member BTS yang ingin melanjutkan studi akademik. Selain itu, anggota BTS juga memandang bahwa pendidikan formal sangat penting untuk pertumbuhan dan pemenuhan diri karena industri hiburan dinilai tidak sestabil pekerja di industri lainnya. Tentu saja perihal BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2 ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para penggemarnya.

Jurusan kuliah yang diambil oleh member BTS

BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2
Jurusan kuliah member BTS. (Gambar: http://kompas.com)

Dilansir dari laman Pintek.id, para member ini memilih jurusan yang beragam. Seperti, Jin BTS yang menyelesaikan program sarjana di prodi Akting dan Seni, Departemen Film dan Seni Visual, Universitas Konkuk pada 2017 dan melanjutkan pendidikan S2 di Hanyang Cyber University. 

Selain itu, Jin, RM, Suga, Jimin, J-Hope, dan V juga melanjutkan kuliah S2 di Hanyang Cyber University. Kelimanya mengambil program MBA Advertising and Media.

Sebelumnya, lima member BTS ini berkuliah di program S1 jurusan Broadcasting and Entertainment, Global Cyber University. Adapun Jungkook, maknae atau member termuda BTS, kini mengikuti jejak kakak-kakaknya dengan berkuliah di jurusan dan kampus yang sama. 

Informasi seputar Hanyang Cyber University

BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2
Hanyang Cyber University. (Gambar: http://kukchelanguages.com)

Hanyang Cyber University yang terletak di Wangsimni-ro 220, Seongdong Gu, Seoul 04763, Korea ini berdiri sejak tahun 2002 dan telah banyak meraih prestasi seperti delapan kali mendapat peringkat pertama dalam Korea Standard Association Service Quality Index (KS-SQI).

Tak hanya itu, Hanyang Cyber University juga terpilih sebagai Universitas Cyber Terbaik dalam Evaluasi Pendidikan Pembelajaran Jarak Jauh 2007 oleh Kementerian Pendidikan, Sains, dan Teknologi (MEST). 

Bahkan Hanyang Cyber University juga terpilih sebagai universitas cyber No. 1 selama tiga tahun berturut-turut dari 2006 hingga 2008 menurut penelitian faksi konsumen di bisnis berbasis layanan. 

Sebagai kampus digital yang paling diminati, Hanyang Cyber University menawarkan berbagai jurusan kuliah seperti teknik mesin, arsitektur digital, IT, administrasi bisnis, ekonomi, perhotelan, kesehatan masyarakat, bahasa Inggris, bahasa Jepang, hukum dan desain. 

Dukungan member BTS untuk dunia pendidikan

BTS tetap lanjutkan pendidikan hingga S2
Dukungan Jimin BTS untuk dunia pendidikan. (Gambar: http://wowkeren.com)

Tidak hanya sekadar meneruskan studi, para member BTS sebetulnya juga menyisihkan pendapatan mereka untuk dunia pendidikan. Contohnya saja Park Jimin atau yang kerap disapa Jimin BTS ini sempat ikut berdonasi. 

Ia mendonasikan 1,200 meja dan kursi baru untuk Busan High School of Arts yaitu sekolah tempat ia menempuh pendidikan dahulu. Salutnya, sumbangan tersebut dilakukan Jimin BTS secara diam-diam.

Sumbangan pendidikan tersebut rupanya bukanlah yang pertama dilakukan Jimin. Lead vocalist dan main dancer itu dilaporkan telah menyumbangkan uang sebesar KRW 100 juta atau sekitar Rp 1,2 miliar ke sebuah yayasan pendidikan, Jeonnam Future Education Foundation di tahun 2020. 

Pemberian bantuan tersebut ditujukan sebagai beasiswa untuk para siswa yang berada di Provinsi Jeolla Selatan. Gara-gara donasi ini, pihak kantor pendidikan Jeollanam berencana menempatkan nama Jimin BTS di Education Hall of Fame sebagai salah satu kontributor pengembangan pendidikan di Provinsi Jeolla Selatan. 

Selain itu, di tahun 2019, Jimin menggelontorkan dana untuk donasi pendidikan sebesar KRW 100 juta kepada Busan Metropolitan City Office of Education. Bahkan pada tahun 2018, Jimin juga memberikan hadiah spesial untuk wisudawan SD di Busan yang terpaksa ditutup. 

Bentuk hadiah yang diberikan adalah 60 album BTS lengkap dengan tanda tangannya dan seragam untuk 10 siswa SMP. Hal tersebut turut membuat para penggemarnya, para ARMY melakukan aksi serupa dengan memberikan sumbangan dana pendidikan sebesar KRW 10 juta atau Rp 115 juta untuk siswa seni yang membutuhkan. 

Itu dia daftar member BTS yang diketahui tetap mengutamakan pendidikan di tengah kesibukannya yang luar biasa padat. Kamu juga bisa mengikuti jejak mereka dengan fokus melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tertinggi yang memang sangat bermanfaat sebagai bekal masa depanmu.

Baca juga: Telah Dikonfirmasi, BTS Siap Hadiri Acara The Fact Music Awards 2021

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top