You are here
Home > Gaya Hidup > Hobi >

8 Tanaman Hias Ini Jadi Trend Saat Pandemi Covid 19

8 Tanaman Hias Ini Jadi Trend Saat Pandemi Covid -19
Bagikan

Mediago.id –  Berkebun dengan menanam tanaman hias jadi hobi yang menjadi trend dan banyak dipilih masyarakat ketika Pandemi Covid-19. Seperti yang diketahui bersama, ketika konfirmasi kasus pertama Covid-19 di Indonesia, Maret 2020 lalu pemerintah langsung menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskal Besar). Adanya kebijakan ini, tentu semua aktivitas berhenti total dan semua warga diharuskan berada di rumah saja.

Semua dilakukan di rumah, mulai dari sekolah, olahraga, beribadah, hingga bekerja di rumah atau WFH (work from home). Namun ada kegiatan yang justru menjadi tren saat PSSB, yaitu berkebun sekaligus menghias taman di halaman dengan menanam banyak tanaman hias.

Menanam Tanaman Hias saat PSBB

Menanam Tanaman Hias saat PSBB

Ketika PSSB Jakarta dan kota-kota lain di seluruh Indonesia mulai diberlakukan, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk berkebun dan menanam tanaman hias. Langkah ini untuk menghilangkan kebosanan dan mengisi waktu luang selama berada di rumah saja. Selain keberadaan tanaman hias akan memberikan kesan rumah menjadi asri, sejuk, dan juga menyegarkan, bahkan stress pun akan hilang seketika.

Nama-Nama Tanaman Hias yang Jadi Favorit

Saat PSBB, ternyata ada beberapa nama tanaman hias yang menjadi favorit hingga bisa dijual dengan harga yang sangat-sangat mahal.Dikutip dari CNBC Indonesia ternyata ada 10 tanaman hias yang kini juga menjadi trend di saat pandemi Covid-19. Berikut penjelasannya!

1. Monstera

Monstera atau Janda Bolong

Tanaman ini merupakan nama latin dari Janda Bolong. Disebut janda bolong, karena bentuknya yang unik, di mana adanya lubang-lubang pada daunnya. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 20-130 meter loh! Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini kini jadi trend dan bahkan bisa dijual mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Waah, bisa jadi investasi neh!

Baca Juga:  18 Daftar Pasien Komorbid yang Boleh Divaksinasi COVID-19

2. Sansevieria

Sansevieria atau Lidah Mertua

Nama lain dari tanaman ini adalah Lidah Mertua. Tidak hanya indah sebagai hiasan saja, namun perawatannya pun terbilang mudah. Selain itu, tanaman hias ini memiliki banyak manfaat! Mulai dari membantu membersihkan udara dari polusi, aroma terapi,  hingga bisa menyerap gelombang radiasi dari peralatan elektronik yang ada di sekitarnya.

3. Calathea Cynthia

Calathea Cynthia

Tanaman ini terkenal dengan coraknya yang cantik. Bahkan jenisnya pun cukup banyak, salah satunya adalah Calathea Cynthia yang biasa disebut Calathea mutasi. Alasannya adalah ada dua warna pada setiap daunnya, hijau muda dan pink. Tertarik untuk memeliharanya?

4. Cryptanthus Red

Cryptanthus Red

Tanaman hias ini memiliki bentuk seperti bintang. Warna merahnya membuat tanaman ini kini dicari oleh banyak orang. Untuk merawatnya, cukup mudah loh! Cukup tempatkan tanaman ini harus ditempatkan di ruang yang cahayanya terang sehingga warnanya keluar maksimal. Karena jika ditempatkan di ruang yang minim cahayanya, maka warnanya akan pudar.

5. Chinese Money

Chinese Money
Tamanan hias yang banyak digunakan sebagai penghias interior rumah minimalis

Tanaman ini masuk dalam jenis Pilea yang termasuk dalam spesies tumbuhan berbunga dan masuk dalam keluarga jelatang Urticaceae. Tanaman yang berasal dari Yunan dan Sichuan, China bagian Selatan banyak dicari orang karena bentuk daunnya yang bundar dengan kombinasi warna hijau gelap dan batang.

6. Kaktus

Kaktus
Kaktus jadi Tanaman Hias yang bisa dijadikan sebagai dekorasi ruangan

Tanaman yang merupakan anggota tumbuhan berbunga dan keluara Cactaceae ini sangat familiar dan banyak ditanam di Indonesia. Seperti tempat hidupnya di gurun yang kering, tanaman ini dapat tumbuh lama tanpa air. Meskipun demikian, kaktus harus disinari matahari dalam beberapa kali seminggu agar batangnya tidak cepat busuk.

7. Hosta

Tanaman Hias Hosta
Tanaman Hias Hosta di Taman Rumah

Tanaman yang memiliki beragam kombinasi warna seperti hijau, emas, dan biru hingga warna lainnya. Meskipun dikenal sebagai tanaman peneduh, tanaman ini juga memiliki beberapa varietas inang yang jika ditanam di bawah terik sinar matahari. Perawatannya, sering-sering potong tangkai bunganya sebelum mekar sehingga bisa tumbuh daun yang cantik.

Baca Juga:  Peduli Covid-19, Supermal Karawaci Membagikan 1500 Masker

8. Sri Rezeki

Tanaman Aglaonema atau Sri Rezeki
Jenis-jenis Tanaman Aglaonema atau Sri Rezeki

Tanaman yang memiliki nama latin, Aglaonema ini merupakan tanaman hias favorit dari suku talas-talasan atau Araceae. Tanaman ini memiliki 30 jenis dan pada umumnya memiliki daun yang berwarna merah mudah. Urusan perawatan, cukup tempatkan tanaman ini pada area yang lembab dengan penyinaran rendah.

Tertarik untuk menanam tanaman yang mana untuk kebun di rumah Anda? Temukan berita dan informasi terbaru seputar gaya hidup khususnya hobi yang menjadi trend ketika masa pandemi Covid-19 di Mediago.id.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top