You are here
Home > Gaya Hidup > Olahraga >

Selain Greysia, 7 Pebulutangkis Indonesia yang Beri Medali Emas

pebulutangkis indonesia

MediaGo – Menjadi suatu kebanggaan pebulutangkis Indonesia kembali bawa kabar gembira. Kemarin, Indonesia baru saja dibuat bangga oleh pasangan ganda putri cabang olahraga bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil memenangkan medali emas dalam Tokyo 2020. Kemenangan GreyAp membuat Indonesia kembali berhasil membawa medali emas olimpiade kali ini.

pebulutangkis indonesia

Sebelumnya, cabang olahraga bulu tangkis memang selalu menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Berikut ini adalah daftar para juara bulu tangkis Indonesia yang berhasil membawa medali emas dari olimpiade.

Greysia/Apriyani meraih emas di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 nomor ganda putri. Di babak final, ganda asuhan Eng Hian itu mengalahkan pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Dalam pertandingan di Musashino Forest Plaza, pada Senin (2/8/2021), Greysia/Apriyani menang 21-19 dan 21-15. Mereka menjadi satu-satunya peraih emas untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani mengikuti jejak 7 atlet lainnya. Emas pertama Indonesia di Olimpiade diraih dari cabor bulutangkis nomor tunggal putri dan putra.

Susy Susanti dan Alan Budikusuma peraih emas di Olimpiade Barcelona 1992. Itu merupakan pertama kali bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade. Setelah itu, seakan menjadi tradisi bulutangkis menjadi penyumbang emas untuk Indonesia di Olimpiade. Dalam tiga edisi setelahnya, selalu ada atlet Indonesia meraih prestasi tertinggi.

Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang menjadi penyumbang emas di Atlanta 1996 dari nomor ganda putra. Empat tahun berselang ada emas lagi dari ganda putra bulutangkis via Tony Gunawan/Chandra Wijaya.

Ganda putra masih menjadi penyumbang emas untuk Indonesia di Olimpiade Beijing 2008. Markis Kido/Hendra Setiawan yang meraih podium pertama ganda putra.

Empat tahun berselang, emas Indonesia dari bulutangkis macet. Di Olimpiade London, Indonesia gagal meraih medali emas. Bahkan, Greysia mendapatkan kartu hitam alias didiskualifikasi bersama rekannya, Meiliana Jauhari. Keduanya dinilai sengaja mengalah untuk menghindari lawan.

Emas Indonesia dari cabor bulutangkis hadir lagi pada ajang Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir peraihnya. Owi/Liliyana mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying untuk menjadi yang terbaik di laga lima tahun lalu.

Selain nama-nama di atas, Indonesia sebenarnya mendapat 2 emas lagi di bulutangkis Olimpiade. Rudy Hartono dan Ade Chandra/Christian Hadinata peraihnya pada Olimpiade Munich 1972. Tapi, saat itu bulutangkis masih sebatas demosntration sport.

Daftar Pebulutangkis Indonesia Peraih Emas Olimpiade

  1. Susy Susanti – Tunggal Putri Bulutangkis – Olimpiade Barcelona 1992
  2. Alan Budikusuma – Tunggal Putra Bulutangkis – Olimpiade Barcelona 1992
  3. Rexy Mainaky/Ricky Suagja – Ganda Putra Bulutangkis- Olimpiade Atlanta 1996
  4. Tony Gunawan/Candra Wijaya – Ganda Putra Bulutangkis – Olimpiade Sydney 2000
  5. Taufik Hidayat – Tunggal Putra Bulutangkis – Olimpiade Athena 2004
  6. Markis Kido/Hendra Setiawan – Ganda Putra Bulutangkis – Olimpiade Beijing 2008
  7. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir – Ganda Campuran Bulutangkis – Olimpiade Rio de Janierro 2016
  8. Greysia Polii/Apriyani Rahayu – Ganda Putri Bulutangkis – Olimpiade Tokyo 2020

Itulah daftar pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih medali emas dan membanggakan Indonesia di ajang olimpiade. Manakah favoritmu?

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top