SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, June 20, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupHiburan11 Rekomendasi Sitkom Barat: Tontonan Wajib di Akhir Pekan

11 Rekomendasi Sitkom Barat: Tontonan Wajib di Akhir Pekan

Penuh selipan humor dan mengulik masalah sehari-hari membuat komedi situasi (sitkom) tepat dinikmati di akhir pekan. Selagi menyiapkan camilan dan minuman hangat, simak rekomendasi sitkom Barat di bawah ini.

Daftar 11 Rekomendasi Sitkom Barat

Mediago merangkum rekomendasi sitkom Western, mulai dari serial populer sepanjang masa, sampai kategori cult dengan lingkup penggemar yang mengerucut. Masing-masing dilengkapi dengan cuplikan premis dan daya tariknya tersendiri.

1. That ‘70s Show (1998-2006)

Rekomendasi Sitkom Barat: That '70s Show
That ’70s Show via Wallpaper Flare

Berlatar pada tahun 1970-an di Wisconsin, That ‘70s Show mengikuti romantika kehidupan enam sahabat yang banyak menghabiskan waktu bersama di basement.

Meski tayang dua dekade lebih maju dari tajuknya, That ‘70s Show lihai menampilkan referensi pop yang relevan di masa itu. Sebutlah band rock KISS, penyanyi Janis Joplin, hingga tayangan fiksi sains Planet of the Apes (1968).

Sitkom delapan musim ini kaya akan humor ringan dan adegan hiperbola yang totalitas. Bersantai sambil menamatkan satu season That ‘70s Show pekan ini? Why not?

2. Curb Your Enthusiasm (2000-Sekarang)

Rekomendasi Sitkom Barat: Curb Your Enthusiasm
@curbyourenthusiasm via Instagram

Tayang di HBO, Curb Your Enthusiasm adalah komedi situasi yang mengakar dari keseharian Larry David—seorang produser dan penulis televisi yang berstatus setengah pensiun.

Menariknya, sitkom semifiksi ini punya naskah lentur yang membebaskan kru untuk membangun improvisasi adegan. Sepanjang menonton, kamu akan disuguhi dengan lemparan one-liner yang cerdik, lengkap dengan humor sehari-hari yang satiris dan relatable.

Sementara musim ke-12 masih dalam tahap produksi, kamu bisa mencicil 11 musimnya mulai dari sekarang!

3. Friends (1994-2004)

QMptwxKxI7JcRSrLHpT6bX6P6eMxkurDOGLznA0NsYozfC8e1doFg25gNI9rfdm6JdskHpW1paM6vVwdPVTp4PTu7wyCUcEzBxOCra6OCZfLdHEVei9J4E6kbGHb 5 fQzupIZCUiPCH GyCuHo3nXA
Friends via Wallpaper Flare

Tak sah jika mengulik rekomendasi sitkom Barat tanpa menyelipkan Friends di dalamnya. Serial populer ini mengangkat keseharian enam sahabat yang mengarungi naik-turun kehidupan bersama-sama.

Friends mengangkat isu-isu khas di usia 20-an, mulai dari drama percintaan, masalah keuangan, krisis identitas, sampai kehilangan pekerjaan. Premis familier inilah yang membuat Friends begitu dicintai oleh penontonnya.

Unsur komedi Friends banyak ditempatkan dalam timpalan enteng saat keenam tokohnya tengah mengobrol. Humor ironis juga sering muncul dengan gaya set up yang rapi.

4. The Big Bang Theory (2007-2019)

Rekomendasi Sitkom Barat: The Big Bang Theory
The Big Bang Theory via Wallpaper Flare

Fenomena “Big Bang” pada sitkom ini bermula saat seorang perempuan bernama Penny pindah ke seberang kamar dua fisikawan yang cupu. Cerita semakin menarik saat Penny mengenalkan mereka pada dunia di luar laboratorium.

Jangan terintimidasi oleh premis cerita yang melibatkan para saintis jenius. The Big Bang Theory, nyatanya, berhasil meracik humor dengan kemasan yang lunak dan mudah dicerna oleh awam.

Mulai dari kecanggungan menghadapi situasi sosial, hingga trivia sains yang mengejutkan, semuanya bisa kamu simak di sepanjang 12 musimnya.

5. Young Sheldon (2017-Sekarang)

Rekomendasi Sitkom Barat: Young Sheldon
@youngsheldoncbs via Instagram

Kisah masa kecil Sheldon Cooper di The Big Bang Theory hadir sebagai prequel bertajuk Young Sheldon. Jika menonton keduanya, kamu akan mendapat jawaban di balik kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan Sheldon saat dewasa.

Garis cerita sitkom ini dimulai dari keseharian sang tokoh utama yang masuk SMA di usia sembilan tahun. Rupanya, menjadi yang paling belia di kelas bukanlah satu-satunya masalah yang ia hadapi.

Untuk ukuran sitkom dengan banyak karakter, Young Sheldon sukses menjalin transisi cerita yang natural. Rekomendasi sitkom Barat yang satu ini juga cocok ditonton bersama keluarga selepas makan malam.

6. Seinfeld (1989-1999)

Rekomendasi Sitkom Barat: Seinfeld
Seinfeld via Wallpaper Flare

Beriringan dengan Friends, genre sitkom Barat juga mengakui Seinfeld sebagai salah satu yang paling populer sepanjang masa. Tayangan ini mengantongi rating IMDb di angka 8.9/10 per artikel ini ditulis.

Sesuai judulnya, Seinfeld dibintangi sendiri oleh komedian kenamaan, Jerry Seinfeld. Dari segi premis, Seinfeld membawakan hal sehari-hari berdasarkan sudut pandang yang tak biasa—cenderung ngawur.

Sitkom ini ditutup dengan ending yang menuai pro dan kontra. Sebagian menganggapnya brilian, sebagian lainnya mengharapkan versi yang berbeda. Penasaran? Segera buka Netflix dan tuntaskan sendiri kesembilan musimnya!

7. New Girl (2011-2018)

Rekomendasi Sitkom Barat: New Girl
@officialnewgirl via Instagram

Apa jadinya bila tiga bujangan kedatangan seorang perempuan sebagai teman serumah? Kecanggungan serupa terjadi saat Jessica Day pindah ke apartemen yang dihuni oleh Nick, Schmidt, dan Winston.

Komedi mulai bermain saat keempatnya saling beradaptasi dan berujung menjadi teman akrab. New Girl terkenal akan gaya humor yang tangkas dengan balutan deadpan yang kering.

Beberapa selebriti, termasuk Taylor Swift dan Dylan O’brien, pernah digaet sebagai kameo oleh sitkom ini. Sebagai trivia tambahan, sekitar 20% dari setiap episode New Girl disebut merupakan hasil improvisasi. 

8. The IT Crowd (2006-2013)

Rekomendasi Sitkom: The IT Crowd
The IT Crowd via Channel 4

The IT Crowd tergolong sebagai cult classic yang mengadopsi konsep komedi perkantoran absurd. Sitkom asal Inggris ini dibuka dengan masuknya Jen, wanita muda yang gaptek, sebagai relationship manager departemen IT.

Situasi semakin mengundang tawa setelah Jen berinteraksi dengan dua pegawai IT yang masing-masing punya skill sosial yang payah. Humor sarkastik dilapisi dengan act out yang impresif menjadikan The IT Crowd sebagai tontonan akhir pekan yang menghibur.

Sitkom orisinal Channel 4 ini berlangsung sepanjang 25 episode dalam empat musim. Kini kamu bisa menikmatinya dengan berlangganan di Netflix.

9. The Office (2005-2013)

Rekomendasi Sitkom Barat: The Office
@theoffice via Instagram

Serial ikonik The Office tak bisa dikecualikan dari rekomendasi sitkom Barat yang wajib kamu tonton. Bos terbaik di dunia, Michael Scott, akan memandu suguhan komedi perkantoran yang khas.

Konsep mockumentary ala The Office dipoles sempurna dengan setting kamera tunggal, yang rutin memberi sentuhan zooming in/out pada ekspresi setiap karakternya.

Tertarik untuk menyimak sitkom ini di akhir pekan? Kesembilan musim The Office bisa kamu tonton melalui Peacock, Apple TV, dan Amazon Prime Video.

10. Brooklyn Nine-Nine (2013-2012)

Rekomendasi Sitkom Barat: Brooklyn Nine-Nine
@brooklyn99 via Instagram

Keberagaman ras di antara karakternya menegaskan bahwa Brooklyn Nine-Nine mendukung unsur diversitas dengan serius. Pemilihan aktor dan aktris berdarah Hispanic hingga African-American memberi campuran kultur yang melegakan penonton.

Brooklyn Nine-Nine sendiri bercerita tentang keseharian para detektif kepolisian, mulai dari berkumpul di bar, mengatasi urusan personal, hingga menjalankan misi penyamaran untuk menangkap penjahat.

Meski bertumpu pada dunia kepolisian, kamu tak akan diajak memutar otak untuk memecahkan teka-teki kasus. Selipan komedi juga dibawakan dengan cerdik dan mudah dicerna oleh penonton umum.

11. Parks and Recreation (2009-2015)

Rekomendasi Sitkom Barat: Parks and Recreation
@parksandrecreation via Instagram

Persona karakter yang memikat dan gaya komedi yang konyol adalah daya tarik utama dari serial sitkom Amerika, Parks and Recreation.

Plot utama Parks and Recreation sendiri berkisar pada ambisi seorang pejabat publik untuk memperbaiki sebuah kota fiksi, Pawnee, yang terletak di Indiana. Sesuai dugaan, serial yang mengudara pada tahun 2009 di NBC ini lekat akan nilai satir politik.

Sama seperti The Office, Parks and Recreation mengusung gaya mockumentary yang khas dengan single-camera setup tanpa dibalut klip tawa penonton.

Ketujuh musim Parks and Recreation bisa ditonton dan disewa melalui Peacock, Amazon Prime Video, hingga Apple TV.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular