You are here

7 Tips Praktis Mempersiapkan Bridal Shower di Tengah Pandemi

Tips praktis mempersiapkan bridal shower

Saat ini salah satu perayaan bridal shower sedang ramai dilakukan. Perayaan ini sendiri sebagai bentuk melepas masa lajang seseorang yang dalam hitungan hari atau bahkan bulan akan segera menikah. Biasanya bridal shower akan diadakan secara private yang dihadiri oleh sahabat-sahabat terdekat. Tapi, situasi pandemi membuat acara kumpul-kumpul sangat dibatasi. Dan berikut ini tips praktis mempersiapkan bridal shower di tengah pandemi pandemi COVID-19.

Tips praktis mempersiapkan bridal shower di tengah pandemi COVID-19

Tips praktis mempersiapkan bridak shower di tengah pandemi
Tips praktis mempersiapkan bridal shower di tengah pandemi. (Gambar: http://koinworks.com)

Penting untuk diketahui bahwa tidak ada aturan ketat dalam hal perencanaan acara ini. Penentuan tema dan rangkaian acara dipilih berdasarkan pertimbangan para sahabat atau mengacu pada kesukaan si pengantin itu sendiri. Sebab ini adalah acara santai bak pesta lajang. Seperti dilansir dari laman Orami, adapun tips mempersiapkan bridal shower dengan praktis di bawah ini:

1. Menentukan planner

Langkah pertama dalam tips mempersiapkan adalah menyusun acara dan menentukan planner atau ketua. Jika dalam satu lingkup pertemanan ada sekitar 5 orang, setidaknya tentukan satu orang yang dipercaya untuk menjadi planner. Ia bertanggung jawab dalam menyusun kegiatan acara, perencanaan keuangan, serta menentukan tema dekorasi.

Biasanya, sahabat terdekat, atau pihak keluarga yang menjadi planner di acara bridal shower. Tak jarang, bridesmaid juga sering diminta untuk membantu merencanakan dan mendekorasi acara. Mereka mungkin ikut campur dengan hal-hal seperti permainan, hadiah, mendaftar makanan minuman, dan dekorasi. Pastikan untuk selalu berkomunikasi secara terbuka sehingga orang lain tahu detail setiap acaranya.

2. Tamu undangan

Biasanya, acara bridal shower adalah acara khusus para sahabat wanita. Dalam beberapa tahun terakhir, ada tren yang berkembang dan pria pun turut diundang untuk memeriahkan acara. Bagaimanapun, semua orang yang diundang ke bridal shower juga harus diundang ke pernikahan, lho.

Nah maka dari itu, penentuan tamu undangan perlu berhati-hati dan jangan terlewat. Biasanya tamu undangan berisi keluarga, para sahabat, bridesmaid, atau sepupu. Beberapa wanita juga suka mengundang teman dekat dan rekan kerja.

3. Tentukan tanggal acara

Tips mempersiapkan bridal shower selanjutnya yakni penentuan tanggal. Biasanya bridal shower diadakan dua sampai enam bulan sebelum pernikahan. Pilih tanggal yang sesuai bagi pengantin wanita dan tamu pilihannya.

Apakah itu berarti mengadakan sesuatu lebih awal sebelumnya atau merencanakannya bertepatan dengan tanggal ulang tahun calon pengantin wanita. Jika acara ini berlangsung di luar kota, kamu perlu menentukan tanggal keberangkatan serta pengurusan kendaraan untuk menempuh perjalanan tersebut. 

4. Pembagian tugas

Jika acara bridal shower bukanlah rencana kejutan, pastikan berkonsultasi dengan calon pengantin. Hal ini memungkinkan semua orang untuk menyelaraskan tentang apa acara itu nantinya. Ajak semua orang yang ingin terlibat dalam proses perencanaan bersama-sama dan diskusikan rencana untuk perayaan tersebut. Si planner juga dapat menetapkan peran dan tugas setiap orang.

Cobalah untuk menjaga komunikasi terbuka antara semua orang yang terlibat sehingga tidak salah informasi. Tetapkan anggaran untuk acara ini agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

5. Lokasi perayaan 

Menyambut pesta pengantin di luar ruangan dengan sirkulasi terbuka adalah ide menarik untuk tips mempersiapkan bridal shower. Apalagi di saat pandemi seperti ini kegiatan luar ruangan sangat direkomendasikan untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

Ini akan memungkinkan tamu untuk bergerak dengan bebas tanpa harus bertemu satu sama lain, sambil tetap menjaga jarak. Selain itu, kamu juga dapat menerapkan aturan untuk tamu undangan memakai masker selama acara berlangsung. Acara ini akan menjadi momen manis yang dikenang seumur hidup di kala pandemi.

6. Busana pakaian

Tips mempersiapkan untuk busana, ini bisa formal atau kasual seperti yang Moms inginkan. Hal ini disesuaikan dengan tema acara itu sendiri. Pastikan setidaknya menyertakan dresscode yang tertulis dalam undangan. Banyak orang memakai gaun untuk perayaan formal, ataupun baju kasual santai. Yang terpenting dalam berbusana adalah kompak dengan tema yang telah disesuaikan. 

7. Virtual bridal shower 

Acara alternatif lainnya jika memang bridal shower tidak bisa diadakan secara langsung kamu dapat melakukannya secara virtual. Meskipun merayakan di kala pandemi, tips mempersiapkan acara ini secara virtual juga merupakan ide bagus, lho. Ini menjadi salah satu yang sedang tren saat ini. Menariknya, virtual bridal shower menjadi tak ada batasan untuk mengundang sahabat dari seluruh lokasi dan membuat acara lebih ramai. 

Melalui acara pengantin virtual, kamu dapat mengajak semua orang dalam satu ruang video, untuk saling mengobrol tentang berbagai hal dalam hidup. Ini tidak hanya unik tetapi juga cara yang bagus untuk berhubungan dengan keluarga dan teman yang tinggal di luar kota. Buat aktivitas berbeda dengan memainkan beberapa games atau kuis melalui obrolan video untuk membuat bridal shower virtual lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

Itulah beberapa tips praktis mempersiapkan bridal shower di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba, ya.

Baca juga: Tak Hanya Mental, Persiapan Fisik Sebelum Menikah Juga Perlu Dilakukan Lho

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top