You are here

Tak Hanya Sekadar Setia, Ini 7 Cara Membangun Kepercayaan pada Pasangan

Membangun kepercayaan pada pasangan

Agar suatu hubungan berjalan lancar, tentu harus ada rasa saling percaya antara kamu dan pasangan. Membangun kepercayaan pada pasangan adalah kunci untuk membentuk hubungan yang kuat dan bermakna. Berikut ini beberapa cara untuk membangun kepercayaan dalam suatu hubungan.

Cara membangun kepercayaan pada pasangan 

cara membangun kepercayaan pada pasangan
Saling percaya dalam hubungan. (Gambar: http://pixabay.com)

Tidak mempercayai pasangan atau teman berarti tidak dapat mengandalkan mereka atau mempercayai hal-hal yang mereka katakan. Hal itu juga berarti dirimu enggan untuk berbagi pemikiran dan pendapat dengan mereka karena takut dikhianati atau dihakimi. 

Jadi sudah tidak heran lagi apabila kurangnya kepercayaan dapat menghancurkan suatu hubungan. Demi menghindari hal tersebut, berikut ini adalah beberapa cara membangun kepercayaan pada pasangan dalam suatu hubungan seperti dilansir dari laman Fimela

1. Saling menghargai 

Ketika seseorang memiliki rasa sayang, tentu saja akan berusaha membuat mereka merasa didukung dan diperhatikan. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut dengan memperhatikan hal-hal yang mereka minati, walaupun bagimu itu membosankan tetapi jangan sepelekan apa yang bernilai untuk pasangan.  

Cara ini juga bisa berarti mendengarkan ketika mereka berbicara tentang hobi, datang ke acara yang diikuti, dan menyemangati hal-hal yang sedang dilakukan. 

2. Bersikaplah penuh perhatian dan hormat

Pahami dan hormati batasan pasangan baik fisik, emosional, mental, dan lainnya. Hal ini berarti memastikan bahwa dirimu tidak menekan mereka untuk melakukan hal-hal yang membuatnya merasa tidak nyaman. 

Selain itu, jangan pernah membuat janji yang tidak bisa atau tidak ingin kamu tepati. Demi mendapatkan kepercayaan seseorang, perlu menunjukkan kepada mereka bahwa kamu jujur, penuh perhatian, dan hormat dalam menjalani suatu hubungan.

3. Memiliki integritas

Salah satu cara terpenting untuk mewujudkan integritas adalah dengan setia kepada pasangan. Dengan kata lain, jangan bergosip tentang orang yang kamu sayangi. Selanjutnya, membela mereka ketika orang lain menyebarkan desas-desus atau berbicara di belakang mereka.

4. Memiliki komunikasi yang baik

cara membangun kepercayaan pada pasangan
Memiliki komunikasi yang baik. (Gambar: http://pixabay.com)

Cara berkomunikasi dan hal-hal yang kamu bicarakan sangat berpengaruh terhadap suatu hubungan. Jika komunikasi antara kamu dan pasangan berjalan baik, hubungan pun bisa berhasil. 

Namun jika dirimu hanya berbasa-basi untuk memenangkan argumen, tidak akan memiliki hubungan yang langgeng atau sehat. Untuk membangun ikatan yang bermakna, kamu perlu mendiskusikan pikiran dan perasaan secara terbuka. 

Lebih penting lagi, dirimu perlu mendengarkan satu sama lain ketika berdebat dan berusaha menyelesaikan daripada memenangkan argumen.

Ketika sesuatu munculnya suatu masalah dalam hubungan, sebaiknya jangan dibiarkan dan dipendam sendiri. Kamu mungkin akan berpikir bahwa hal ini dapat menjauhkan hubungan dari masalah, tetapi cara seperti ini justru akan menimbulkan masalah-masalah lain di kemudian hari. Komunikasi yang baik dan tepat waktu tentu memfasilitasi kepercayaan dalam suatu hubungan.

5. Memposisikan diri

Jika ingin memahami sisi pasanganmu dari suatu masalah, cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka. Menjadi keras kepala dan tidak mau melihat sudut pandang orang lain membuat mereka berpikir bahwa dirimu lebih menghargai ego daripada mereka. Ini berbahaya dan dapat merusak hubunganmu.

6. Konsisten dan berkomitmen

Apa pun yang Anda lakukan untuk membangun hubungan positif dalam hubungan harus dilakukan secara berulang. Membangun sesuatu yang bagus tidak hanya mengambil satu tindakan acak. Hal ini sama saja dengan untuk membangun rumah yang kuat, kamu harus menempatkan bata demi bata agar terasa seperti rumah yang kokoh.

Hubungan adalah cara yang sama seperti kamu ingin membangun rumah, tentu diperlukan perilaku atau tindakan yang berkomitmen dan konsisten. Dan itu akan menghindarkan hubungan dari banyak keraguan dan stres.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Privasi dalam Hubungan yang Wajib Kamu Ketahui!

7. Tetapkan batasan dalam suatu hubungan 

cara membangun kepercayaan pada pasangan
Pentingnya privasi dalam hubungan. (Gambar: http://pixabay.com)

Walaupun kamu mencintai pasanganmu, tetapi perlu diingat bahwa tetap harus memutuskan mana yang boleh dibicarakan bersama dan mana yang menjadi hal privasi bagimu. 

Mengapa batasan dalam suatu hubungan itu penting? Melansir penjelasan dari laman Womens Health, menetapkan batasan dalam akan membantu pasangan memperlakukan kamu sebagaimana diperlakukan. 

Tanpa mengetahui batasan, kemungkinan pasangan akan melakukan atau mengatakan sesuatu yang akan melewati satu atau banyak hal yang justru dapat merusak suatu hubungan. 

Luangkan waktu diri sendiri untuk mengidentifikasi batasan yang kamu perlukan dan kemudian sisihkan waktu lainnya untuk berdiskusi dengan pasangan tentang hal tersebut.

Tak lupa dengan memaafkan orang lain juga sama pentingnya untuk menjaga kepercayaan dalam suatu hubungan. Itulah beberapa cara membangun kepercayaan pada pasangan yang bisa kamu coba terapkan.

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top