MediaGo – Sampah kaca dan keramik menempati posisi kedua jenis sampah terbanyak. Industri minuman beralkohol di dunia sendiri memproduksi sekitar 40 miliar botol kaca setiap tahun. Melihat kondisi tersebut, Smirnoff sebagai merek vodka ternama, Smirnoff memperkenalkan kampanye #SmirnoffSustainiverse di Indonesia.
Dalam kampanye ini, Smirnoff berkolaborasi dengan ecoSPIRITS untuk meluncurkan Smirnoff dalam kemasan baru yang ramah lingkungan bernama ecoTOTE™. Kemasan ini sudah bisa ditemui di outlet–outlet di kota Bali dan Jakarta.
“Smirnoff berambisi menjadi sebuah brand yang paling berkelanjutan. Kami tidak hanya berfokus pada kepuasan pelanggan tetapi juga turut berpartisipasi untuk mewujudkan dunia yang lebih baik melalui cara yang mudah dan menyenangkan. Melalui program ini, Smirnoff juga mengajak para mitra untuk turut serta mendukung program ini dengan beralih menggunakan kemasan ecoTOTE,” kata Alefiyah Sarma Presiden Direktur PT Langgeng Kreasi Jayaprima (Diageo Indonesia) beberapa waktu lalu.
Baca juga: Jangan Sering Konsumsi Minuman Manis! 5 Penyakit Mengerikan Ini Akan Mengintaimu
Pengemasan Smirnoff dalam ecoTOTE™ adalah solusi pengemasan dan distribusi sirkular tertutup, di mana ecoTOTE™ yang sudah kosong akan dikembalikan ke ecoPLANT™ untuk diisi ulang. Dengan hadirnya Smirnoff dalam kemasan ecoTOTE, Smirnoff tak hanya mengurangi limbah kaca sekali pakai tetapi juga mengurangi 3,3kg karbon setiap siklus konsumsi.
“Kemasan ecoTOTE™ sangat aman dan higienis dengan teknologi tahan goncangan. Dengan teknologi SmartPour™ outlet seperti bar dapat menuangkan Smirnoff Vodka yang dibutuhkan langsung ke gelas atau shaker cocktail dari ecoTOTE™. Untuk setiap satu siklus ecoTOTE™ kita akan menanam 1 bibit pohon di Indonesia. Dengan demikian, sejalan dengan konsumsi produk Smirnoff, maka semakin banyak bibit pohon yang ditanam untuk menghijaukan kembali area yang terdegradasi,” ujar CEO ecoSPIRITS Paul Gabie.
Dalam kampanye ini, Smirnoff menggandeng La Brisa sebagai salah satu outlet utama yang juga memiliki visi dan misi yang sama. La Brisa sendiri telah dikenal sebagai outlet yang telah lama menerapkan program keberlanjutan dalam operasionalnya sehari-hari. Tidak hanya memperhatikan dari segi pengurangan limbah, saat ini La Brisa juga berfokus untuk bekerja sama dengan supplier maupun brand yang sama-sama menerapkan program keberlanjutan pada bisnis yang dijalankan.
Baca juga: Sebaiknya Hindari, Inilah 5 Minuman Pemicu Kolesterol Tinggi!
General Manager La Brisa, Angela Prigann mengatakan, pihaknya sangat senang menjadi bagian dari peluncuran Smirnoff X ecoSPIRITS dan menjadi salah satu outlet pertama yang menggunakan kemasan ramah lingkungan ini. Hal ini sejalan dengan semangat La Brisa yang selalu mengedepankan pelayanan dan operasional yang ramah lingkungan terutama dalam hal pengelolaan limbah.
“Dengan kolaborasi ini, kami juga berharap hal ini dapat meningkatkan edukasi dan kesadaran untuk mengurangi limbah botol kaca dan emisi karbon yang dihasilkan dengan cara yang mudah dan menyenangkan” ungkap General Manager La Brisa, Angela Prigann.