You are here
Home > Kuliner >

Bikin Awet Muda, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Kimchi

manfaat mengonsumsi kimchi

MediaGo – Tak hanya lezat dan bikin awet muda, ada manfaat mengonsumi kimchi yang bisa dirasakan. Seperti yang diketahui, budaya Korea memang sudah sangat menjamur nih di Indonesia, dari mulai dunia hiburan hingga kulinernya. Restoran khas Korea pun sudah bisa banyak kamu temukan dimana-mana.

Salah satu makanan Korea yang terkenal adalah Kimchi. Makanan khas Korea yang berbahan dasar sawi yang difermentasi ini menjadi salah satu makanan pendamping yang wajib disajikan jika kalian menyantap kuliner Korea.

Di Korea sendiri, Kimchi juga menjadi makanan wajib setiap warganya, mulai dari anak kecil hingga lansia. Kimchi sendiri diyakini mempunyai banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika mengonsumsinya. Nah, apa saja ya kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi kimchi?

1. Dapat Menjadi Makanan Probiotik

manfaat mengonsumsi kimchi

Kalian pasti sudah tahu dong, kalau salah satu proses dari pembuatan kimchi adalah dengan difermentasi. Dari proses fermentasi tersebut, membuat Kimchi menghasilkan bakteri yang bernama Lactobacillus kimchii. Oleh karena itu, Kimchi dinobatkan sebagai salah satu makanan probiotik.

2. Meningkatkan Sistem Imun dan Anti-aging

Selain ada kandungan probiotik di dalamnya, Kimchi juga mengandung klorofil, fenol, karotenoid, dan juga Vitamin C. Dengan adanya Vitamin C di dalam Kimchi dapat mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan dapat meningkatkan sistem imun.

3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat mengonsumsi kimchi

Buat kalian yang sedang diet, Kimchi bisa kalian jadikan salah satu menu diet kalian, nih! Kimchi dikatakan memiliki jumlah kalori yang rendah, baik di kimchi yang telah difermentasi maupun kimchi yang masih segar.

Selain itu, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa rutin mengonsumsi kimchi dapat menurunkan berat badan dan juga mengecilkan lingkar pinggangmu.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mata

Dikategorikan sebagai salah satu makanan probiotik, Kimchi tidak hanya dapat memperlancar pencernaan, namun juga bisa mencegah penyakit jantung. Kandungan probiotik tersebut dapat memelihara kesehatan jantung karena memiliki antioksidan, anti-inflamasi, dan dapat menurunkan kolesterol.

manfaat mengonsumsi kimchi

Kimchi juga dipercaya memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi. Dimana, Vitamin A sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya gangguan mata. Dengan demikian, mengonsumsi kimchi sama saja dengan membantu menjaga kesehatan mata kalian, lho!

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu bumbu yang digunakan dalam membuat Kimchi adalah bawang putih yang telah dihaluskan dan di campurkan dengan bumbu lainnya lalu dibalurkan ke semua bagian sawi. Dengan adanya kandungan bawang putih tersebut, membuat kimchi bisa menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Sebab, bawang putih yang mengandung allicin dan selenium, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga dapat mengurangi ataupun mencegah penyakit stroke.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top