You are here
Home > Kecantikan >

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Cara ampuh menghilangan bruntusan di wajah

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat tentu menjadi impian banyak orang khususnya para wanita. Oleh sebab itu ketika timbulnya bruntusan, alias penuh jerawat, tentu dapat merusak kepercayaan diri dan merasa tidak nyaman. Demi mengatasi hal tersebut berikut ini ada beberapa cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

Cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah 

Seperti dilansir dari laman Hello Sehat, berikut ini beberapa cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah: 

1. Menggunakan es batu

Cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah
Es batu. (Gambar: http://jpnn.com)

Dilansir dari Cleveland Clinic, penggunaan es batu dapat membantu mengatasi jerawat, terutama yang berwarna merah dan bengkak. Hal ini dikarenakan efek dingin dari es dapat meredakan peradangan sementara waktu meski efeknya cepat hilang.

Meski begitu, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba es batu sebagai cara menghilangkan bruntusan dengan cepat. Ada pun cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam dengan es batu yakni sebagai berikut. 

  • Bungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin.
  • Tempelkan kain pada jerawat selama satu menit.
  • Lakukan 1 – 2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

Perlu diketahui bahwa es batu tidak mesti menghilangkan bruntusan dalam semalam. Namun, cara ini setidaknya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah dengan cepat.

2. Menggunakan tea tree oil

Cara ampun menghilangkan bruntusan di wajah
Tea tree oil. (Gambar: http://suara.com)

Selain es batu, cara lain menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yaitu dengan memakai tea tree oil. Minyak jenis ini sudah sejak lama dipakai untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Begini, penelitian yang dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit minyak pohon teh dapat melawan jerawat. Sayangnya, cara ini hanya berlaku pada mereka yang tidak memiliki reaksi alergi terhadap minyak ini.

Baca Juga:  6 Dampak Keramas Setiap Hari yang Perlu Kamu Waspadai

Bila tea tree oil yang dioleskan pada wajah yang berjerawat memicu alergi, tentu hal ini bisa menimbulkan masalah kulit baru. Oleh sebab itu, selalu uji bahan alami pada kulit tangan dengan tes kulit alergi sebelum dipakai pada wajah.

3. Mengoleskan teh hijau

Cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah
Teh hijau. (Gambar: http://tehsariwangi.com)

Sudah bukan rahasia umum lagi bila minum teh hijau menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Berkat kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya, teh hijau dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam The Journal of investigative dermatology.

Para peneliti melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Jenis antioksidan ini ternyata dapat membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk bruntusan dengan cara:

  • melawan peradangan,
  • mengurangi produksi sebum, serta
  • menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (P. acnes).

Kabar baiknya, olahan teh hijau untuk jerawat dengan cara dioleskan pada wajah tersedia cukup banyak di pasaran. Bahkan, Anda juga bisa membuat olesan teh hijau di rumah dengan mudah.

4. Membuat masker madu

Cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah
Masker madu. (Gambar: http://kompasiana.com)

Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu yang kaya manfaat ternyata juga bisa dimasukkan ke dalam salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Madu merupakan bahan alami yang diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup. Ketiganya bersatu dan menghasilkan proses yang unik, sehingga membuat madu sangat berguna, terutama untuk melawan jerawat.

Hal ini mungkin dikarenakan madu, terutama madu mentah, membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit. Salah satu jenis madu mentah yang sering dipakai dalam obat alami jerawat adalah madu manuka.

Kamu bisa mengolah madu menjadi masker yang bermanfaat bagi wajah yang bruntusan. Beberapa langkah untuk membuat masker dari olahan madu untuk jerawat yaitu: 

  • Campurkan madu dengan kayu manis. 
  • Hangatkan campuran tersebut dalam microwave.
  • Oleskan pada kulit.
  • Diamkan selama 8 – 10 menit. 
  • Bilas wajah dengan air hangat serta tepuk kulit hingga kering.
Baca Juga:  5 Produk Kecantikan yang Selalu Digunakan Gigi Hadid

Bila memiliki alergi terhadap madu atau kayu manis, hindari penggunaan keduanya untuk mencegah kemunculan reaksi alergi. Jika tidak yakin, pastikan melakukan patch test (uji tempel) pada madu dan bahan lain yang hendak digunakan.

5. Melembapkan wajah dengan lidah buaya

Cara ampuh menghilangkan bruntusan di wajah
Lidah buaya. (Gambar: http://tokopedia.com)

Lidah buaya termasuk tanaman sukulen (batang dan daun tebal) yang telah lama menjadi obat alami jerawat. Bahkan, tanaman berwarna hijau ini disebut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Kandungan gel bening yang ada dalam daun lidah buaya merupakan jawaban dari temuan tersebut. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.

Salah satu penelitian tersebut berasal dari Journal of Dermatological Treatment. Penelitian ini membandingkan dua kondisi, yaitu menggunakan tretinoin tropikal dan gel lidah buaya, sedangkan lainnya memanfaatkan tretinoin dan plasebo.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya memiliki lebih sedikit jerawat yang memerah. Meski tidak langsung dapat menghilangkan bruntusan dalam semalam, setidaknya lidah buaya dapat meredakan peradangan dengan cepat.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Tips Mengurangi Kerutan dan Garis Halus Pada Kulit Wajah

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top