SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, June 8, 2023
spot_imgspot_img
HomeKecantikan8 Tips Kulit Sehat Selama Puasa, Lembap dan Glowing!

8 Tips Kulit Sehat Selama Puasa, Lembap dan Glowing!

MEDIAGO – Beberapa dari kamu mungkin berpikir bahwa kulit menjadi kering selama menjalani ibadah puasa, karena asupan cairan yang terbatas. Pasalnya, tubuh yang kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab kulit kering. Lebih parahnya, kondisi seperti ini dapat menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

Namun, ternyata kamu masih bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan glowing. Meskipun, asupan cairan di dalam tubuh kamu terbatas selama menjalani ibadah puasa. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui tips menjaga kesehatan kulit saat berpuasa. Yuk, langsung aja simak informasinya berikut ini!

Baca juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Ala Korea

1. Konsumsi Air Agar Kulit Tidak Kering

Ilustrasi konsumsi air putih untuk menjaga kesehatan kulit. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi konsumsi air putih untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk menjaga kulit agar tetap lembab selama berpuasa, kamu perlu mengonsumsi banyak air putih saat sahur dan berbuka puasa. Dengan meminum banyak air, kulit kamu akan terhidrasi. Selain minum air, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang berbasis air, seperti sup dan buah-buahan.

2. Hindari Minuman Kafein dan Soda

Ketika menjalani ibadah puasa, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda. Kedua minuman tersebut dapat menyedot mineral dalam tubuh, sehingga dapat menimbulkan efek negatif pada kulit. Tak hanya itu, kedua minuman tersebut telah terbukti mengakibatkan tubuh cepat mengalami dehidrasi.

Baca juga: Inovasi L’Oréal Beauty Tech Menjawab Kebutuhan Kecantikan Kulit

3. Konsumsi Makanan yang Tepat

Konsumsi makanan yang tepat agar kulit sehat selama bulan puasa. (Sumber: Pexels)
Konsumsi makanan yang tepat agar kulit sehat selama bulan puasa.

Selain soal minuman, pola makan yang tepat juga dapat menjaga kulit wajah agar tetap sehat saat berpuasa. Kamu perlu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin A, B, dan C saat sahur maupun berbuka puasa.

Ketiga vitamin tersebut sebagai pembangkit tenaga alami perawatan kulit. Selain itu, vitamin-vitamin ini juga dikenal ampuh untuk memudarkan bintik-bintik gelap dan mencerahkan kulit wajah.

4. Hindari Produk Berbahan Dasar Hewani

Jika kamu ingin kulit wajah selama berpuasa tetap sehat, maka sebaiknya menghindari konsumsi produk-produk hewani. Susu dan telur merupakan produk hewani yang sering dianggap menjadi penyebab munculnya jerawat. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah kamu perlu mengurangi konsumsi produk hewani, seperti telur dan susu.

5. Perhatikan Bagian Mata

Tak bisa dimungkiri, perubahan waktu tidur selama bulan Ramadhan dapat menghasilkan lingkaran hitam di bawah mata. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan bagian mata tersebut agar tidak berdampak pada kesehatan kulit wajah.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah kamu meletakkan kantong teh di atas mata. Kemudian, pastikan kamu tidur selama delapan jam setiap malam. Dengan cara ini, kamu dapat merawat kulit agar tetap sehat dan glowing saat menjalani ibadah puasa.

Baca juga: Jangan Dibuang! Ternyata Kulit Pisang Memiliki 5 Manfaat Baik Untuk Tanaman Hias

6. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga yang rutin akan membuat kulit menjadi sehat. (Sumber: Pexels)
Olahraga yang rutin akan membuat kulit menjadi sehat.

Jika kamu berolahraga secara rutin, maka dapat mengurangi stres dan membuat metabolisme tubuh menjadi stabil. Dengan metabolisme yang lancar, tentu akan membuat tidur lebih berkualitas. Alhasil, tidur yang cukup dapat menjaga kulit tetap sehat dan glowing.

7. Hindari Kulit Kering dengan Pelembap

Selanjutnya, kamu perlu menggunakan pelembap agar kulit tidak mudah kering selama berpuasa. Sesudah mencuci wajah menggunakan air hangat, kamu wajib melembabkan kulit dengan pelembap wajah. Tujuannya untuk mengembalikan kelembaban kulit karena kurangnya hidrasi saat puasa.

8. Menggunakan Tabir Surya

Ilustrasi menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi menggunakan tabir surya.

Selain pelembap, kamu juga disarankan untuk menggunakan tabir surya. Seperti yang diketahui, kulit rentan mengalami dehidrasi dan lebih kering selama berpuasa. Kondisi yang seperti ini dapat menjadi lebih buruk, ketika terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu, sebaiknya kamu menggunakan tabir surya saat hendak beraktivitas.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan glowing saat berpuasa. Gimana? Tips-nya sangat mudah untuk diterapkan, bukan? Yuk, langsung aja ikutin tips di atas dan berikan komentarmu!

Baca juga: Ingat KLIKK, Cara Cerdas Memilih Kosmetik

Baca juga: Rambut Lurus Natural dengan Matrix Smoothing

Baca juga: Apakah Kamu Pemilik Kulit Sensitif? Begini 5 Cara Melindunginya

CopyAMP code

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular