You are here
Home > Kecantikan >

6 Manfaat Air Mawar untuk Rambut, Melembapkan Hingga Mengatasi Ketombe

Manfaat air mawar untuk rambut

Manfaat air mawar untuk merawat kulit memang sudah menjadi rahasia umum. Banyak yang menggunakan air mawar untuk mengangkat kotoran, membantu mengecilkan pori-pori, memberikan hidrasi, sampai menenangkan kulit iritasi. Namun, sayangnya belum banyak yang tahu bahwa air mawar juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut, lho. Berikut ini deretan manfaat air mawar untuk rambut yang perlu kamu ketahui. 

Manfaat air mawar untuk rambut 

Manfaat air mawar untuk rambut
Manfaat air mawar untuk rambut. (Gambar: http://true-elements.com)

Selama ini, kamu mungkin sudah sering mendengar manfaat air mawar atau lebih dikenal dengan rose water hanya untuk perawatan kulit wajah. Tak hanya melembapkan, bahan ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, sekaligus bersifat sebagai antioksidan yang baik bagi kulit.

Namun, ternyata air mawar tak hanya memiliki manfaat bagi kulit wajah saja. Bahan alami ini bermanfaat pula untuk perawatan rambut, khususnya untuk membantu melembapkan dan mengurangi iritasi pada kulit kepala. Selain itu, air mawar juga dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru sekaligus mengurangi ketombe, lho. 

Pantas saja sampai saat ini masih banyak produk kecantikan yang menggunakan air mawar sebagai bahan utama mereka. Lalu, apa aja sih manfaat air mawar untuk rambut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini deretan manfaat air mawar untuk rambut: 

1. Melembapkan batang rambut

Bagi kamu pemilik rambut kering, menggunakan perawatan dengan air mawar bisa menjadi solusi tepat karena dapat melembapkan. Bahan alami ini memiliki kandungan pH yang sedikit asam, sehingga membantu memberikan hidrasi pada batang rambut. Untuk hasil maksimal, tentu saja kamu harus rutin mengaplikasikan air mawar pada rambut, perlahan batang rambut akan terasa lebih halus dan lembap. 

2. Mengurangi ketombe dan rasa gatal

Dalam laporan Huffpost seperti yang dilansir dari laman Kumparan, kandungan antiseptik yang dimiliki oleh air mawar disebut bisa membantu mengurangi rasa gatal karena iritasi dan rasa kering pada kulit kepala. Sifat astringen yang dimiliki bahan natural ini juga dapat mengurangi kandungan minyak dan ketombe pada kulit kepala.

Bukan rahasia lagi kalau adanya ketombe dapat mengurangi kepercayaan diri kamu, apalagi kalau sampai ada rasa gatal. Selain menggunakan sampo anti-dandruff, air mawar ternyata juga ampuh mengurangi ketombe, lho.

Kandungan pada air mawar yang bersifat astringen tadi dipercaya dapat mengurangi kandungan sebum di kulit kepala, sehingga dapat mengurangi ketombe dan rasa gatal.

3. Mengatasi rambut berminyak

Selain mengurangi ketombe dan rasa gatal, air mawar juga dapat mengatasi rambut berminyak. Air mawar mampu menjaga level keasaman kulit kepala, sehingga dipercaya dapat mengatasi rambut berminyak. 

4. Memperbaiki kerusakan rambut

Alat styling rambut yang panas umumnya akan merusak kesehatan rambut. Tapi tidak perlu lagi khawatir, karena kamu bisa mengembalikan keindahan rambut dengan air mawar. Cara mengaplikasikannya, cukup pijat kulit kepala menggunakan air mawar secara perlahan. Hal ini berfungsi untuk meremajakan kulit kepala dan membuat rambut terasa lebih lembut. 

5. Membantu mendorong pertumbuhan rambut

Menurut Urban Company seperti dilansir dari laman Kumparan, sebuah situs penyedia jasa rumah tangga dan gaya hidup dari India, kandungan vitamin A, B3, C, dan vitamin E dalam air mawar bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut, dengan cara menutrisi kulit kepala. 

Bila digunakan untuk memijat kepala, air mawar juga bisa membantu melancarkan peredaran darah, yang akhirnya meremajakan folikel rambut. Dengan memijat kepala menggunakan air mawar, akan melancarkan peredaran darah. Tentu saja untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan air mawar untuk perawatan rambut secara rutin, ya. 

6. Memberikan efek relaksasi

Selanjutnya, seperti dilansir Healthline, wangi dari air mawar bisa membuat seseorang merasa rileks dan tenang. Walau ini tidak secara langsung menjadikan rambut lebih indah, penggunaan air mawar dalam perawatan rambut bisa membantu meningkatkan mood, sekaligus menghilangkan rasa sakit kepala pada sebagian orang. Kemudian, penggunaannya dapat membuat rambut terasa lebih wangi dan menyenangkan, khususnya bagi orang yang menyukai aroma mawar.

Itulah beberapa manfaat air mawar untuk rambut. Jadi, tak hanya sekadar untuk perawatan rambut, penggunaan air mawar juga bisa untuk menjaga kesehatan rambut. 

Baca juga: 6 Dampak Berbahaya Terlalu Sering Mengikat Rambut yang Perlu Kamu Tahu

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top