You are here
Home > Kesehatan >

6 Dampak Berbahaya Terlalu Sering Mengikat Rambut yang Perlu Kamu Tahu

Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut

Umumnya wanita yang memiliki rambut panjang akan lebih sering mengikat rambut saat beraktivitas. Tujuannya agar tidak mengganggu gerak-gerik mereka saat melakukan suatu kegiatan. Mengikat rambut juga sering menjadi solusi ketika cuaca sedang panas atau saat rambut lepek. Namun ada juga wanita yang memang lebih sering menata rambutnya dengan cara diikat. Tetapi perlu kamu tahu bahwa ada dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut, lho. Apa saja ya?

Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut

Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut
Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut. (Gambar: http://jambi.tribunnews.com)

Kamu perlu berhati-hati jika terlalu sering dan terlalu kuat mengikat rambut. Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut akan berpengaruh pada kesehatan tanpa disadari. Terlebih jika terlalu kuat dalam mengikat rambut, dapat membuat rambut menjadi rusak dan juga memiliki dampak berbahaya pada kulit kepala.

Melansir dari laman liputan6.com, berikut beberapa dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut bagi kesehatan rambutmu. 

1. Memicu timbulnya ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala

Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut yang pertama dapat menimbulkan ketombe dan kulit kepala yang gatal. Mengikat rambut akan membuat sirkulasi rambut menjadi terlalu rapat, sehingga membuat air tidak bisa menguap dengan cepat. Hal inilah yang membuat kulit kepala mudah gatal dan memicu timbulnya ketombe.

2. Rambut mudah patah

Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut yang kedua dapat menyebabkan rambut menjadi mudah patah. Ketika mengikat rambut terlalu sering, peredaran darah dan oksigen akan terhambat. Kondisi ini akan membuat rambut menjadi mudah rapuh, rentan mengalami kerusakan, dan menjadi mudah patah. Hal ini akan semakin cepat terjadi jika kamu sering mengikat rambut di tempat yang sama. Bahkan, terlalu sering dan terlalu kuat dalam mengikat rambut bisa saja mengakibatkan kebotakan.

Baca Juga:  Atasi Stres saat WFH dengan 5 Hal Ini, Apa Saja?

3. Rambut jadi lebih mudah berminyak

Kemudian terlalu sering mengikat rambut juga bisa sebabkan rambut berminyak. Sebelumnya kita tahu bahwa mengikat rambut bisa menghambat sirkulasi udara pada kulit kepala. Selain itu, mengikat rambut ternyata juga dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak. Mengikat rambut terlalu sering dapat menghasilkan minyak berlebih dan mengakibatkan rambut mudah lepek.

4. Menyebabkan kerontokan

Kerontokan juga bisa terjadi bagi kamu yang sering mengikat rambut, lho. Kerontokan akan menghambat pertumbuhan rambut dan menimbulkan kebotakan pada area tertentu di kepala.

Selain itu, mengikat rambut dalam keadaan basah, akan menyebabkan rambut menjadi cepat rontok karena rambut masih dalam keadaan rapuh. Hal ini akan membuat akar rambut terus melemah dan akhirnya terjadi kerontokan.

Mengikat rambut terlalu kencang memang terasa nyaman, karena tidak ada helaian rambut yang terlepas. Namun, kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah. Jika rambut diikat terlalu kencang, rambut akan berada dalam posisi tertarik sehingga bisa meregang. Lama-kelamaan, rambut jadi rapuh dan mudah rontok, sehingga rambutmu pun akan menipis.

Kebiasaan ini juga bisa merusak folikel rambut dan dalam jangka waktu lama, bisa mengganggu kesehatan karena membuatmu jadi sakit kepala. Pastikan kamu memberikan ruang pada rambut untuk bernapas pada saat mengikatnya dengan cara mengikat sedikit renggang. Bisa juga dengan sesekali membuka ikatan rambut.

5. Menimbulkan jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri juga dapat timbul jika terlalu sering mengikat rambut. Apalagi, jika senang mengikat rambut ketika rambut dalam keadaan basah, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Karena mengikat rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan kerontokan dan dapat memicu munculnya jamur dan bakteri pada kulit kepala.

Baca Juga:  Bukan Cuma Enak, Ternyata Buah Pir juga Memiliki 4 Manfaat Ini Untuk Kesehatan Rambut

Kondisi kulit kepala yang lembap akan menjadi tempat bakteri berkembang biak, dan juga dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit kepala. Bahkan kulit kepala dapat terkena infeksi jamur karena kondisi ini.

6. Menyebabkan kepala pusing

Dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut
Menyebabkan kepala pusing. (Gambar: http://pexels.com)

Terakhir dapat menyebabkan kepala pusing. Terlalu sering atau terlalu keras saat mengikat rambut akan menyebabkan sirkulasi di kulit kepala terhambat dan peredaran darah menjadi kurang lancar. Kondisi ini akan menyebabkan saraf di kepala menjadi tertarik dan membuat kepala menjadi pusing. Terlalu sering mengikat rambut juga akan berpengaruh pada pertumbuhan rambut yang terhambat.

Itulah beberapa dampak berbahaya terlalu sering mengikat rambut yang bisa kamu alami. Oleh sebab itu, hindari untuk mengikat rambut secara terus-menerus dan pastikan tidak terlalu kencang, ya.

Baca juga: 5 Manfaat Creambath Rambut dan Proses Melakukannya

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top