SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikan7 Penyebab Jerawat Timbul Meski Sering di Rumah Saja

7 Penyebab Jerawat Timbul Meski Sering di Rumah Saja

Munculnya jerawat tentu mengganggu penampilan dan membuat kamu tidak percaya diri. Biasanya jerawat akan muncul ketika kamu memiliki banyak aktivitas di luar rumah karena kurang menjaga kebersihan di sekitar wajah. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa di rumah saja juga tidak menutup kemungkinan jerawat akan muncul, lho. Lalu, apa penyebab jerawat timbul meski sering di rumah saja? Simak penjelasannya yuk. 

Penyebab jerawat timbul meski sering di rumah saja 

penyebab jerawat meski sering di rumah
Penyebab jerawat. (Gambar: http://pixabay.com)

Perlu kamu ketahui bahwa jerawat bisa timbul karena dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang bisa memicu timbulnya jerawat adalah hormon yang tidak seimbang, stress dan asupan gizi yang kurang. 

Sedangkan faktor eksternal sendiri yaitu, kurangnya menjaga kebersihan wajah serta daerah-daerah yang sering bersentuhan dengan wajah.

Selama pandemi COVID-19 banyak orang harus work from home (WFH) hal itu pun membuat segala aktivitas dilakukan dari rumah saja. Tetapi justru banyak yang mengalami jerawat timbul lebih banyak saat di rumah. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan selama di rumah, sehingga menjadi alasan terbesar munculnya jerawat. 

Berikut ini penyebab jerawat timbul meski sering di rumah seperti dilansir dari laman Healthline:

1. Kurang tidur

penyebab jerawat meski sering di rumah
Kurang tidur. (Gambar: http://food.ndtv.com)

Saat kita tidur, tubuh kita sembuh. Saat kamu memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas hal itu akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Energi menjadi pulih kembali, sel-sel beregenerasi, suplai darah meningkat ke otot, tulang dan jaringan tumbuh untuk diperbaiki, serta sistem kekebalan kita mulai meningkat. 

Kurang tidur juga dapat menyebabkan stres, dan stres meningkatkan produksi minyak kulit. Kamu juga mungkin lebih rentan untuk konsumsi makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat saat kita stres.

2. Malas cuci muka

penyebab jerawat meski sering di rumah
Cuci muka. (Gambar: http://cantik.tempo.com)

Menjaga kebersihan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan, termasuk kebersihan wajah. Meskipun kamu melakukan semua aktivitas di rumah, hal itu tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan cuci muka, ya. 

Jika kamu membiasakan untuk terus menerus malas cuci muka hal itu tentu akan menimbulkan permasalahan pada kulit wajah, seperti jerawat. Oleh sebab itu, cara mengatasi jerawat dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan rajin mencuci muka. Sebaiknya, cuci muka 2 kali dalam sehari saat pagi hari dan malam sebelum tidur.

3. Tidak menggunakan sunscreen

penyebab jerawat meski sering di rumah
Penggunaan sunscreen. (Gambar: http://healthdigest.com)

Banyak orang beranggapan bahwa ketika berada di dalam rumah tidak perlu menggunakan tabir surya atau sunscreen. Ternyata pernyataan ini salah besar, lho. Mengapa? Sebab, sinar matahari akan tetap masuk melalui ventilasi rumah. 

Selain sinar matahari, sinar uv juga ada di dalam rumah. Seperti layar handphone, layar televisi dan layar gadget lainnya yang terdapat sinar blue light yang tidak baik untuk wajah karena dapat menyebabkan keriput.

Jadi pemakaian sunscreen adalah hal yang wajib meskipun kamu di rumah saja. Pemakaian sunscreen mampu melindungi wajah dari sinar matahari, debu dan sinar blue light yang terdapat pada gadget, serta mencegah terjadinya jerawat. Kemudian, kamu bisa menggunakan skincare lainnya sebagai cara mengempeskan jerawat yang sedang meradang.

4. Jarang mengganti sarung bantal

penyebab jerawat meski sering di rumah
Kebersihan sarung bantal. (Gambar: http://theriseandshine.com)

Selain kebersihan wajah, kebersihan sarung bantal yang biasa kita gunakan untuk tidur juga harus diperhatikan. Bisa jadi alasan timbulnya jerawat pada wajah kamu justru disebabkan karena daerah sekitar yang bersentuhan dengan wajah kotor. 

Contohnya seperti sarung bantal hingga sprei yang digunakan untuk tidur, apabila tidak diganti secara rutin mampu menghasilkan debu, kotoran maupun bakteri sehingga saat terkena wajah, kemudian memicu timbulnya jerawat. 

Mengganti sarung bantal beserta sprei merupakan salah satu cara mengatasi jerawat dengan selalu menjaga kebersihan daerah yang sering bersentuhan dengan wajah. Sebaiknya mengganti sarung bantal dan sprei kamar tidur dilakukan maksimal 2 minggu sekali agar tetap bersih.

5. Stres

penyebab jerawat meski sering di rumah
Mengalami stres berlebih. (Gambar: http://pixabay.com)

Berada di rumah saja setiap hari dalam waktu yang cukup lama memang terkadang membosankan. Hal itu pun dapat memicu seseorang merasa stres karena tidak memiliki aktivitas lain untuk ke luar rumah da bertemu orang-orang. 

Stres yang berkepanjangan pun dapat memengaruhi seluruh elemen dalam tubuh, sehingga pengaturan stres ini sangat diperlukan. Makan, untuk mengurangi intensitas stres bisa dilakukan dengan cara “me time”. 

Lakukan kegiatan positif apapun yang membuat kamu tenang, misalnya melakukan self treatmen seperti mendengarkan musik, memasak, membaca buku, tidur, menonton, dan kegiatan lainnya. 

6. Dehidrasi

penyebab jerawat meski sering di rumah
Kulit mengalami dehidrasi. (Gambar: http://ciputrahospital.com)

Tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga keseimbangan fisiologisnya. Air juga dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat dengan menjaga kulit tetap terhidrasi. Ketika kulit kita mengalami dehidrasi, itu dapat meningkatkan produksi minyak dan terlalu banyak minyak dapat memicu munculnya jerawat.

Ketika berada di rumah saja, tentu kamu akan lebih banyak di dalam ruangan ber-AC, hal itupun dapat membuat kulit kering dan mengalami dehidrasi. Demi mengatasi kulit yang dehidrasi kamu bisa melakukan perawatan kulit yang mencakup pelembab wajah, minum lebih banyak air dapat membantu mendukung kulit lembut, menurut beberapa penelitian.

Dalam sebuah studi tahun 2015, 49 wanita minum tambahan 68 ons atau 2 liter air setiap hari selama 30 hari, hasilnya menunjukkan bahwa kulit mereka menjadi lebih terhidrasi.

Penelitian dari 2018 juga menemukan bukti bahwa minum lebih banyak air meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit dalam serta mengurangi tanda-tanda kekeringan dan kekasaran. Ini mungkin lebih efektif untuk orang yang tidak minum cukup air.

7. Kurang asupan bergizi

penyebab jerawat meski sering di rumah
Asupan bergizi untuk tubuh. (Gambar: http://pixabay.com)

Selain beberapa faktor eksternal di atas, ada juga faktor internal yang dapat memengaruhi munculnya jerawat pada kulit salah satunya seperti kurang asupan bergizi pada tubuh. 

Sebab, kulit juga membutuhkan zat-zat baik yang ada dalam makanan. Kurangnya asupan bergizi dalam tubuh akan membuat wajah menjadi kusam hingga munculnya jerawat. Oleh karena itu, tetap perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. 

Walaupun di rumah saja, kamu juga harus tetap menjaga kebersihan wajah hingga asupan gizi yang baik, ya! 

Baca juga: Hati-Hati, Bahaya Blue Light dari Gadget Bisa Bikin Kulitmu Rusak

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular