You are here
Home > Kecantikan >

8 Kesalahan Makeup yang Membuat Wajah Tampak Lebih Tua

Kesalahan Makeup yang Membuat Wajah Tampak Lebih Tua

Saat hendak bepergian, umumnya hampir semua perempuan tidak bisa lepas dari makeup. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita akan sering menyempatkan makeup meski hanya sekedar menggunakan bedak ataupun lipstik. Namun, kebanyakan orang tidak memerhatikan hal-hal kecil dalam bermakeup. Hal itupun akan menimbulkan kekeliruan yang berdampak pada penampilan. Berikut ini beberapa kesalahan makeup yang membuat wajah tampak lebih tua. 

Kesalahan makeup yang membuat wajah tampak lebih tua

Kesalahan makeup yang membuat wajah tampak lebih tua
Kesalahan makeup yang membuat wajah tampak lebih tua. (Gambar: http://pexels.com)

Apakah kamu salah satu dari perempuan yang lebih percaya diri bila menggunakan makeup? Jika jawabannya iya, tak bisa dipungkiri penggunaan makeup memang membantu untuk mempercantik wajah. 

Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan beberapa kesalahan makeup yang membuat wajah tampak lebih tua. Kasus seperti ini cukup sering terjadi terlebih bagi perempuan yang baru saja belajar menggunakan makeup. Agar bisa memperbaiki penampilan saat merias wajah, berikut ini beberapa kesalahan makeup yang membuat wajah tampak lebih tua:

1. Tidak mencuci atau membersihkan wajah sebelum makeup

Sebelum mengaplikasikan makeup pada wajah tentunya tidak sembarangan. Kita perlu mencuci atau membersihkan wajah terlebih dahulu. Makeup yang tahan lama dikarenakan pengaplikasian dilakukan pada wajah yang bersih.

Tidak membersihkan wajah dan langsung bermakeup justru akan memicu timbulnya jerawat pada wajah. Bahkan wajah kita pun mudah terkontaminasi bakteri atau kuman yang akan menempel pada makeup. Jadi, sebelum mengaplikasikan makeup, pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu, ya. 

2. Tidak menggunakan primer 

Memakai primer adalah salah satu cara untuk menutupi kerutan serta pori-pori besar di wajah. Jika kamu lupa menggunakan primer, maka kemungkinan besar hasil riasanmu akan membuat kamu terlihat lebih tua. Bila perlu gunakanlah primer yang dapat mencerahkan sekaligus menghaluskan permukaan kulit wajah.

3. Pemakaian foundation dengan warna yang salah 

Pemilihan warna foundation yang salah juga dapat menyebabkan wajah menjadi lebih tua. Sebelum membeli foundation, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu warna dasar kulitmu. Setelah itu kamu bisa mencoba mengaplikasikan foundation tersebut di area leher atau sekitar radang, karena kebanyakan warna yang diberikan tidak akan jauh berbeda dari warna wajah. Berbeda apabila kamu mencobanya di area tangan yang warnanya cukup berbeda dengan wajah.

4. Tidak memakai blush on 

Menggunakan perona pipi atau blush on adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil riasan yang tetap alami dan awet muda. Tidak perlu berlebihan, kamu cukup gunakan perona pipi yang tipis namun tetap terlihat alami. Akan lebih mudah apabila kamu mengaplikasikannya dengan jari atau kuas makeup secara diagonal, mulai dari area pipi hingga telinga.

5. Penggunaan bedak yang sembarangan

Gunakan jempol dan jari tengah saat memegang spons dan jari telunjuk untuk menekannya. Pemakaian bedak bukan dengan cara digosok, tapi ditempel-tempel perlahan. Jika pengaplikasian bedak dilakukan sembarangan yaitu dengan digosok malah akan menimbulkan kerutan.

Semakin bertambahnya usia, kulit wajah akan menghasilkan sedikit sebum. Maka itu tidak disarankan untuk menggunakan produk bedak yang membuat hasil akhir matte. Sebab hasil matte akan memperbesar garis-garis di kulit wajah dan membuat kulit menjadi semakin menua. Cobalah untuk menggunakan bedak yang ringan dan berbahan dasar mineral.

6. Media pengaplikasian toner dan penyegar yang salah

Dalam mengaplikasikan toner dan penyegar biasanya kita menggunakan media kapas. Alangkah lebih baiknya kita menggunakan tissue atau kain, hal ini dikarenakan material kapas mudah terurai.

7. Salah memakai concealer

Pemakaian concealer terlalu banyak, terutama di area bawah mata dapat membuat wajah terlihat lebih ‘berat’. Hasilnya, makeup terlihat cakey atau menggumpal dan riasan menjadi berantakan. Selain itu, penggunaan concealer yang terlalu berat dapat menonjolkan kerutan dan garis-garis halus pada area mata dan sekitar bibir. Untuk itu, gunakan concealer tipis-tipis dan baurkan pada wajah hingga merata, bila noda wajah masih belum tertutup, kamu bisa memulaskan concealer kembali namun cukup sedikit saja.

8. Tidak membersihkan wajah setelah bermakeup

Zat kimia dalam makeup tentunya harus dibersihkan setelah bermakeup apalagi saat kita hendak tidur. Jika kita biarkan, maka zat kimia yang menumpuk pada wajah akan memicu kerutan dan jerawat, bahkan iritasi.

Baca juga: Deretan Brand Makeup Unik yang Kolaborasi dengan Makanan

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top