You are here
Home > Kecantikan >

Cara Memakai Cat Kuku yang Benar, Bisa Kamu Lakukan Sendiri Tanpa ke Salon Lho

Cara memakai cat kuku

Pemakaian cat kuku atau yang dikenal kuteks bisa membuat tanganmu tampak lebih indah. Namun, memakai cat kuku juga perlu berhati-hati agar tidak berantakan, lho. Berikut ini beberapa cara memakai cat kuku yang benar agar terlihat menawan.

Cara memakai cat kuku yang benar dan rapi 

Cara memakai cat kuku
Cara memakai cat kuku yang benar. (Gambar: http://pixabay.com)

Melansir penjelasan dari laman Woman Talk, berikut ini cara memakai cat kuku yang benar agar hasilnya lebih rapi: 

1. Bersihkan kuku terlebih dahulu 

Sebelum memakai cat kuku atau kuteks, kamu bisa mulai dari manikur atau pedikur dengan kuku tangan dan kaki yang sudah bersih. Gunakan kikir dan penyangga untuk membentuk dan meratakan kuku. Gunakan kikir kuku dari sudut ke bagian tengah, bergerak ke satu arah. Hindari menggunakan kikir dengan secara bolak-balik pada kuku karena bisa membuat ujung kuku jadi pecah dan rusak.

2. Gunakan base coat

Setelah membersihkan dan mengikir kuku, kamu bisa memulai menggunakan kuteks. Namun, mulai dengan memakai base coat terlebih dahulu, ya. Cairan berwarna bening yang diaplikasikan sebelum memakai cat kuku. Base coat berfungsi untuk meratakan permukaan kuku sebelum diwarnai agar hasil akhirnya lebih mulus. Base coat juga mencegah kuku agar tidak menguning akibat pemakaian cat kuku.

3. Gunakan petroleum jelly 

Setelah memakai base coat, kamu bisa mengoleskan  petroleum jelly dahulu di bagian pinggir-pinggir kuku. Cara ini bisa membantu membersihkan kuteks yang berantakan dan keluar dari garis kuku. 

4. Oleskan cat kuku secara rapi

Saat menarik sikat kuteks keluar dari botol, tepuk sedikit cat yang berlebihan dari sisi lain kuas. Gunakan dengan satu gerakan halus melintasi bagian tengah kuku, dari kutikula ke ujung. Lalu, gesek di sepanjang kiri dan kanan, tunggu sampai lapisan pertama kering. Setelah itu, Anda bisa melapisinya satu atau dua kali agar warnanya bisa jadi lebih rata. 

5. Rapikan kuteks

Cara memakai cat kuku
Rapikan kuteks. (Gambar: http://pixabay.com)

Pastikan kamu merapikan kuteks saat masih basah atau belum kering. Apabila sudah memakai petroleum jelly sebelum memakai kuteks, maka kamu akan lebih mudah merapikan cat kuku yang berantakan dengan menggunakan cotton bud. 

Cotton bud biasanya digunakan untuk membersihkan telinga. Namun banyak juga kegunaan lain cotton bud selain untuk telinga, salah satunya untuk mempercantik penampilan seperti saat menggunakan cat kuku. 

Karena tidak terbiasa pakai tangan kiri, kuteks di tangan kanan jadi terlihat berantakan. Atau sebaliknya buat kamu yang kidal. Jangan khawatir, cukup rendam cotton bud dalam acetone selama beberapa detik, kemudian gosok di bagian kulit di pinggir kuku yang terkena sisa kuteks.

Bila kuteks sulit dibersihkan, kamu bisa memakai cotton bud, yang dicelupkan pada nail polish remover untuk membersihkannya.

6. Gunakan top coat

Cairan berwarna bening yang diaplikasikan setelah memakai kuteks dan berfungsi untuk membuat kuteks agar semakin awet dan tahan lama. Biasanya top coat berfungsi sebagai lapisan finishing setelah memakai kuteks. Selain itu. Top coat juga bisa menambah tampilan kuku supaya terlihat lebih bersinar. Jadinya, cat kuku yang kamu gunakan akan lebih tahan lama dan berkilau.

Hal-hal yang harus dihindari saat memakai cat kuku 

1. Mengocok kemasan kuteks

Kamu memiliki kebiasaan mengocok botol kuteks sebelum digunakan? Hati-hati, ternyata cara ini bisa menjadi kesalahan mengaplikasikan kuteks yang membuat hasilnya tidak maksimal, lho. 

Perlu kamu ketahui bahwa mengocok botol kuteks akan memengaruhi kondisi isinya yaitu dapat menjebak udara di dalamnya dan menciptakan gelembung-gelembung kecil. Selain itu, gelembung juga bisa terbentuk ketika kamu memasukkan kuas ke dalam kemasan secara berulang. Daripada mengocok kuteks, kamu bisa menggulirkan botol kuteks pada telapak tangan untuk meratakan isi produk. 

2. Melakukan kegiatan yang melibatkan kuku dan air hangat

Kebiasaan lain yang harus dihindari ketika memakai cat kuku adalah melakukan aktivitas yang harus melibatkan air hangat. Air hangat dapat mengangkat cat dari kuku dan membuatnya pecah. Sebaiknya beri jeda sekitar enam jam sebelum melakukan aktivitas yang melibatkan air hangat dan jari-jari, seperti keramas atau mencuci piring. Namun, apabila terpaksa harus segera melakukannya, gunakan sarung tangan agar kuku terlindungi dari air hangat.

Baca juga: Agar Tidak Cepat Kusam, Ini 5 Cara Merawat Perhiasan Imitasi

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top