SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanTak Boleh Asal Pencet, Begini Cara Menghilangkan Komedo yang Tepat

Tak Boleh Asal Pencet, Begini Cara Menghilangkan Komedo yang Tepat

Memiliki komedo biasanya akan membuat penampilan kamu terganggu. Selain menjadi tak percaya diri, komedo juga sebaiknya dihilangkan agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Berikut ini cara menghilangkan komedo yang tepat. 

Apa itu komedo? 

Melansir penjelasan dari laman Medical News Today, komedo adalah benjolan berukuran kecil yang muncul di pori-pori kulit. Umumnya komedo berbentuk hitam atau putih. Komedo ini juga menyumbat minyak yang mengandung sel kulit mati, bakteri, dan bahan lainnya pada kulit.

Seseorang dapat membantu membersihkan komedo dengan mempertahankan kebiasaan membersihkan kulit yang baik dan menggunakan pengobatan alami. 

Bagaimana komedo terbentuk?

Komedo terbentuk ketika sel-sel kulit mati dan minyak di dalam pori-pori naik dan mendorong permukaan kulit. Ketika bahan-bahan ini berinteraksi dengan udara, mereka teroksidasi dan berubah menjadi hitam atau putih, dan membuat pori-pori tersumbat.

Demi mengobati komedo, seseorang perlu menggunakan produk untuk memecah sumbatan minyak yang terbentuk di dalam pori-pori. Begitu sumbatan minyak telah putus, metode pencegahan dapat membantu mencegah timbulnya komedo.

Cara menghilangkan komedo yang tepat

Menghilangkan komedo dari wajah membutuhkan rutinitas perawatan kulit yang konsisten dan  melibatkan penggunaan produk yang dapat memecah minyak yang menyumbat kulit di dalamnya. 

Sugar Scrub for Face: Side Effects and Why You Should Avoid It
Rutin membersihkan wajah. (Gambar: healthline.com)

1. Bersihkan setiap hari

Membersihkan kulit setiap hari sangat penting untuk mengurangi kelebihan minyak, kotoran, dan bahan lain yang dapat menumpuk, menyumbat pori-pori, dan berpotensi menyebabkan komedo.

Salah satu pendekatan yang sangat baik untuk dicoba adalah pembersihan ganda. Pendekatan ini melibatkan pembersihan pertama dengan pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan riasan dan polutan dari kulit. Contoh minyak pembersih seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Kemudian bersihkan kulit dengan bahan-bahan yang mengandung minyak pohon teh, air mawar, lidah buaya, atau gliserin nabati. Cara ini dapat menghilangkan kotoran dan minyak untuk mempersiapkan kulit sebelum melakukan rangkaian skin care lainnya. 

2. Oleskan topikal pembersih komedo

Mengoleskan topikal pada kulit dapat membantu memecah sumbatan minyak yang menyebabkan komedo. Cara ini memang membutuhkan waktu agar bekerja dengan maksimal, dan seseorang mungkin harus menerapkannya setiap hari selama beberapa minggu.

3. Cobalah scrub atau masker penghilang komedo alami

Scrub atau masker pengelupasan dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan lebih banyak komedo. Seseorang dapat membuat perawatan kulit yang efektif menggunakan bahan-bahan alami yang mereka miliki di rumah. Contohnya meliputi:

  • Oatmeal, campurkan 2 sendok makan oatmeal, 3 sdm yogurt alami, dan 1 sdm minyak zaitun. Oleskan ke kulit yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 15 menit.
  • Putih telur, campurkan tiga putih telur dengan 2 sdm jus lemon. Oleskan masker dan biarkan masker mengering. Lalu, bilas setelah 20 menit.
  • Gula, campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sdm minyak ramah kulit, seperti minyak zaitun, almond, atau jojoba. Bilas scrub dengan air hangat.

Agar mendapatkan hasil terbaik, gunakan masker atau scrub seminggu sekali untuk membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan komedo. Jika memiliki jenis kulit yang lebih berminyak, kamu dapat menggunakan masker dua kali seminggu tanpa mengeringkan kulit.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Ini Cara Tepat Memilih Pelembap untuk Kulit

Hal-hal yang harus dihindari 

Ada beberapa alat dan cara yang sebenarnya dapat merusak kulitmu. Berikut ini hal-hal yang harus dihindari jika kamu memiliki komedo: 

Premium Photo | Asian woman squeezing pimples on her face, skin care  lifestyle concept.
Hindari menekan komedo. (Gambar: http://freepik.com)

1. Ekstraktor komedo

Alat logam atau plastik ini memiliki lubang di ujungnya yang menciptakan tekanan pada pori-pori untuk menghilangkan komedo secara cepat. Namun, banyak faktor yang dapat merusak kulit atau menyebabkan lebih banyak bakteri saat menggunakan alat ini, jadi sangat disarankan agar lebih baik melakukan perawatan langsung dengan dokter. 

2. Memencet atau menekan

Menekan komedo secara manual sangat menggoda, tetapi hal itu dapat menyebabkan jaringan parut jerawat. Ini juga menciptakan jalan masuk bagi lebih banyak minyak dan bakteri untuk mengisi pori-pori.

Selalu pertimbangkan potensi kerusakan dan iritasi pada kulit sebelum menggunakan produk paksa atau pintasan apa pun di kulit. Menusuk dan menekan kulit di mana saja di tubuh untuk menghilangkan komedo dapat menyebabkan jaringan parut jerawat.

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular