You are here
Home > Bisnis >

Cara Mengelola Keuangan Bisnis untuk UKM

Cara Mengelola Keuangan Bisnis untuk UKM
Bagikan

MediaGo – Memulai bisnis bukan hanya hanya sekadar ide cemerlang. Tetapi juga harus memahami manajemen pengelolaan bisnis. Salah satunya adalah mengelola keuangan bisnis. Dikutip dari zahiraccounting.com, banyak orang lebih tertarik pada ide-ide bisnis dan menganggap manajemen dalam mengelola keuangan bisnis.

Dalam mengelola keuangan bukan hanya sekedar melakukan manajemen uang kas tetapi manajemen dalam mengelola keuangan merupakan bagaimana cara Anda mengelola kekayaan agar dapat menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal agar dapat membiayai usaha.

Dasar-Dasar Mengelola Keuangan untuk UKM

Seorang pengusaha, baik usaha besar maupun UKM perlu menerapkan prinsip manajemen dalam mengelola keuangan usaha tersebut. Berikut ini dasar-dasar dalam mengelola keuangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Memisahkan Uang Pribadi dan Usaha

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha kecil adalah meggabungkan antara uang pribadi dengan hasil usaha. Meskipun usaha masih dalam skala yang kecil, memisahkan keuangan usaha dan pribadi menjadi suatu keharusan.

Jika keuangan disatukan maka kamu akan kesulitan membedakan antara pengeluaran pribadi dengan pengeluaran usaha. Kebutuhan pribadi Anda akan sedikit demi sedikit menggerogoti dana atau saldo uang usaha Anda. Agar tidak terjadi hal tersebut maka solusinya adalah pisahkan uang Anda secara fisik.

Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis
Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis (foto: solusiukm.com)
Baca Juga: Begini Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Rencanakan Penggunaan Uang

Ketika kamu memiliki modal lebih banyak, disarankan untuk tetap merencanakan penggunaan uang sebaik mungkin. Sesuaikanlah antara target penjualan dan penerimaan kas dengan rencana pengeluaran. Cobalah melakukan analisa “cost and benefit”atau “untung rugi” dalam meyakinkan diri bahwa penggunaan uang tidak akan sia-sia dan akan memberikan hal sebaliknya.

Membuat Catatan Keuangan

Membuat Catatan Keuangan
Gambar: Doc. Freepik/@xb100

Nah, ini juga menjadi pekerjaan wajib seorang pengusaha. Jangan mengandalkan ingatan karena bisa akan terlupa. Catat semua transaksi yang terjadi, berapapun nilainya. Oleh karena itu, kamu minimal harus memiliki buku kas yang dapat Anda gunakan untuk mencatat seluruh proses keluar masuknya uang usaha Anda.

Baca Juga:  Industri Desain Produk Kemasan Berpotensi Sumbang Ekonomi

Hitung Keuntungan dengan Benar

Salah satu tugas seorang pengusaha yaitu dapat menghasilkan keuntungan. Dengan memperhitungkan keuntungan keuangan yang tepat sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Bagian terpenting pada saat menghitung keuntungan yaitu menghitung biaya-biaya baik yang masuk ataupun keluar.

Baca Juga: Kargo Tech Berikan Solusi Bisnis Untuk Korban PHK

Siapkan Dana Darurat

Dalam menjalankan usaha tidak akan selalu mulus. Pasti akan datang masa sulit secara operasional usaha. Misalnya saja omzet menurun karena adanya competitor atau lokasi usaha Anda tertimpa musibah dan sebagainya.

Salah satu cara untuk mengantisipasinya yaitu dengan mempersiapkan dana darurat. Dana darurat berfungsi agar dapat menjaga bisnis Anda supaya tidak langsung jatuh pada saat Anda mengalami kerugian, atau setidaknya dapat mengurangi beban saat masa sulit melanda.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top