You are here
Home > Kesehatan >

3 Cara Mengatasi Krisis Identitas, Konflik Diri yang Membuat Depresi

Krisis identitas

Mediago.id – Krisis identitas adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak lagi yakin mengenali siapa dan apa dirinya.

Hal ini tentu serangan yang dapat membuat seseorang merasa depresi dan tertekan karena stress berlebihan yang sedang dihadapi.

Krisis identitas juga sering disebut kondisi mental yang sedang jatuh dan tersesat, sehingga seseorang merasa kebingungan tentang jati diri hingga tujuan ia hidup di dunia ini.

3 Cara Mengatasi Krisis Identitas, Konflik Diri yang Membuat Depresi

Krisis identitas bahaya bagi kesehatan fisik maupun mental, maka dari itu perlu mengetahui cara mengatasinya. Apa saja? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

1.     Kenali Diri Sendiri

Seseorang harus kembali menyadari dan berusaha memahami diri sendiri lagi. Luangkan banyak waktu untuk kembali menggali ke dalam diri.

Tidak perlu memaksa diri untuk segera menemukan jawaban, karena yang terpenting adalah kesadaran untuk mengenali diri sendiri lebih dulu.

2.     Selalu Berusaha Bahagia

Sering kali, hal-hal yang membuat mental down justru datangnya dari dalam diri sendiri. Mula dari kebiasaan insecure, menyalahkan diri sendiri, merasa membebani orang lain, selalu mengalami kegagalan dan lain-lain.

Hal ini membuat seseorang terkurung dalam ruang jiwa yang gelap sehingga sering kali merasa sedih.

Jika ingin tidak mengalami krisis identitas yang bisa berakibat fatal salah satu cara adalah harus berusaha bahagia. Tenangkan hati dan mulai lah berpikir pada hal-hal positif yang menyenangkan.

3.     Mencari Support Terbaik

Kebutuhan untuk menjadi sehat fisik dan mental selain harus dimulai dari diri sendiri juga perlu mendapat dukungan dari orang-orang terdekat.

Hal tersebut dapat membuat seseorang merasa lebih kuat dan lebih berani menghadapi segala sesuatu yang memang tidak semuanya dapat dikendalikan.

Baca Juga:  Keamanan, Khasiat dan Mutu Vaksin Covid-19 Dikawal BPOM

Orang-orang terdekat akan mendorong seseorang untuk bersyukur, memberi pelukan serta menguatkan dengan cara memotivasi untuk menjalani hidup lebih positif lagi.

Demikian di atas merupakan cara mengatasi krisis identitas yang cukup bahaya jika tidak ditangani. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat!

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top