SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanJangan Disepelekan, Ini 4 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

Jangan Disepelekan, Ini 4 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

MediaGo – Tak sedikit orang yang minum teh saat pagi hari dimana perut mereka masih dalam keadaan kosong atau belum sarapan. Padahal hal tersebut ternyata dapat memicu beberapa gangguan kesehatan, lho.

Menurut seorang Ahli Gizi asal India, Dr. Rohini Patil, MBBS, memang dalam teh mengandung banyak antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan juga metabolisme tubuh. Namun, meminum teh saat perut kosing setiap pagi dapat memicu asam lambung dan merusak saluran pencernaan.

Ia juga mengatakan, Minum Teh saat pagi hari dapat mempengaruhi pencucian bakteri dari mulut ke usus. Hingga pada akhirnya dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan gangguan pencernaan yang menimbulkan rasa mulas. 

Oleh karenanya, ia menyarankan lebih baik Minum Teh di pagi hari sambil makan sesuatu.

Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

Bukan hanya itu, jika kamu menyepelekan hal ini, maka siap-siap beberapa bahaya kesehatan berikut akan mengintai. Ada beberapa efek samping lain minum teh di pagi hari saat perut kosong. Mengutip dari laman India Express lewat Suara.com, berikut diantaranya:

1. Sakit Kepala

sakit kepala
ilustrasi sakit kepala / freepik

Beberapa orang beralasan Minum Teh untuk menyegarkan pikiran. Tapi, jika Perut masih kosong justru bisa sebabkan sakit kepala setelah mengonsumsinya. 

Patil menyarankan, minum lebih banyak air mineral sebelum tidur lebih dapat membantu ringankan sakit kepala

2. Gangguan Pencernaan Dan Dehidrasi

ilustrasi pencernaan 220226143245 263
ilustrasi gangguan pencernaan / freepik

Minum Teh saat Perut kosong dapat membentuk gas dalam sistem pencernaan. Teh bersifat diuretik, sehingga menyebabkan tubuh terus-menerus buang air kecil.

Jika tidak minum kembali bisa jadi tubuh hidrasi. Padahal tubuh sudah mengalami dehidrasi karena jam tidur di malam hari dan ketika Minum Teh di pagi hari setelah bangun, itu menyebabkan dehidrasi. 

Teofilin, zat kimia dalam teh, dapat memiliki efek dehidrasi pada koprolit, yang juga dapat menyebabkan konstipasi.

3. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Teh memiliki unsur yang disebut tanin, yang menghambat penyerapan zat besi dari makanan. Selain itu, kandungan kafein juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi.

4. Keasaman

asam lambung
ilustrasi asam lambung / freepik

Teh mengganggu asam basa cairan lambung, dan keseimbangan basa, yang menyebabkan keasaman. 

Dengan refluks asam, tubuh bisa merasakan sakit di dada bagian bawah, yang disebut sebagai gerd. Gerd adalah bagian dari reaksi Teh asam di perut. 

Menurut Patil, kondisi itu bisa dicegah dengan Minum Teh berbarengan dengan sarapan atau dengan cemilan lain.

Atau konsumsi kacang sebelum minum teh. Bahkan dapat mengganti gula dengan jaggery, yang lebih sehat dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral seperti fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium. 

“Segelas air hangat bisa membuat Anda tetap sehat. Waktu terbaik untuk Minum Teh adalah sekitar jam 3 sore, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah flu dan pilek,” saran Patil.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular