You are here
Home > Kesehatan >

8 Kebiasaan yang Membuat Perut Buncit

Kebiasaan yang membuat perut buncit

Tak hanya perempuan, laki-laki pun akan merasa tidak percaya diri ketika perut mereka buncit karena bisa membuat penampilan tidak maksimal. Namun, selain penampilan, masalah kesehatan pun bisa muncul akibat perut buncit. Demi mengatasinya, kamu harus menghindari beberapa kebiasaan yang membuat perut buncit berikut ini. 

Deretan kebiasaan yang membuat perut buncit

Kebiasan yang membuat perut buncit
Kebiasaan yang membuat perut buncit. (Gambar: http://orami.co.id)

1. Makan terburu-buru

Makan terburu-buru ternyata bisa memicu badan jadi lebih gemuk dan perut lebih buncit. Penyebabnya, makan terburu-buru akan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh akan melonjak secara drastis dan memicu obesitas.

Selain itu, makan terburu-buru berarti kita tidak memberi kesempatan tubuh mengirim sinyal kenyang ke otak. Padahal, setidaknya tubuh perlu waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal itu. Akibatnya, kita mungkin akan mengonsumsi makanan dengan jumlah lebih besar dari apa yang semestinya kita konsumsi.

2. Makan tidak teratur

Tubuh manusia punya sistem yang bekerja secara konsisten. Saat tiba jam makan, tubuh akan mengirimkan sinyal lapar dan meminta kamu untuk mengonsumsi makanan secukupnya hingga merasa kenyang. Sayangnya, beberapa orang masih suka mengabaikan jam makan yang teratur. Mereka bisa saja tidak sarapan di pagi hari atau justru makan siang lebih siang dari biasanya. Kebiasaan ini akan membuat tubuh jadi bingung dan memicu porsi makan berlebih. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki jam makan yang teratur.

3. Malas bergerak

Berolahraga setiap hari mungkin berat dilakukan oleh sebagian besar orang. Namun setidaknya, jangan malas untuk bergerak. Biasakanlah untuk mau berjalan keluar rumah untuk mengambil paket. Jangan malas untuk bergerak membersihkan rumah setiap hari. Meskipun bukan gerakan intensitas tinggi, namun memastikan tubuh tetap bergerak akan membantu melancarkan metabolisme tubuh yang mempermudah proses diet kamu.

Baca Juga:  5 Manfaat Masker Teh Hijau Untuk Kecantikan, Bikin Awet Muda!

4. Banyak mengonsumsi cemilan

Kamu mengurangi porsi makan tapi masih mengonsumsi banyak cemilan? Maka diet kamu akan sia-sia. Cemilan memang terasa tidak mengenyangkan perut. Namun, kalori dalam cemilan bisa jadi lebih tinggi daripada satu piring nasi. Maka, bijaklah dalam memilih dan membatasi menu makanan dan cemilan kamu ya.

5. Konsumsi sayur dan buah sebagai makanan penutup

Apakah kamu biasa mengonsumsi sayur bersamaan dengan menu utama? Atau kamu makan buah sebagai makanan penutup? Mulai sekarang, coba ubah kebiasaan itu. Konsumsilah sayur dan buah sebagai makanan pembuka. Setelah itu, baru konsumsi makanan utama. Mengonsumsi sayur dan buah sebagai sesi pembuka makan akan membuat nutrisinya terserap lebih maksimal. Selain itu, kamu juga akan lebih cepat merasa kenyang sehingga membatasi konsumsi makanan lainnya.

6. Kebiasaan makan terlalu malam

Ada teori yang menyebutkan bahwa kebiasaan makan terlalu malam bisa meningkatkan risiko perut menjadi buncit. Hal ini karena makan pada malam hari dapat mengganggu jam biologis yang mengatur siklus tidur tubuh manusia (ritme sirkadian) dan memengaruhi metabolisme. Tak hanya itu, orang yang sering makan terlalu malam juga cenderung mengonsumsi kalori lebih banyak. Seiring waktu, kelebihan kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan dan perut buncit.

7. Stres berlebihan

Tuntutan pekerjaan, masalah keluarga, atau tagihan yang menumpuk bisa menimbulkan stres. Hati-hati, stres bisa membuat perutmu menjadi buncit, lho. Pada saat stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Tingginya kadar hormon kortisol dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut dan membuat ukuran sel-sel lemak menjadi lebih besar. Pada sebagian orang, stres juga bisa memicu kebiasaan makan atau ngemil berlebihan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa stres bisa membuat perut buncit.

Baca Juga:  Hati-hati! Cara Antisipasi Cedera yang Paling Sering Dialami Ketika Bersepeda

8. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan erat kaitannya dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang dan perut buncit. Hampir setiap jenis minuman beralkohol mengandung banyak kalori, yaitu sekitar 150 kalori dalam 1 gelasnya. Jadi, semakin berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol, semakin banyak pula kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, hal ini juga bisa membuat perut cepat buncit jika dibarengi dengan pola makan tidak sehat.

Itulah beberapa kebiasaan yang membuat perut buncit. Jadi tak ada salahnya untuk mulai menghindari beberapa kebiasaan di atas, agar bisa mengatasi perut buncit secara maksimal. 

Baca juga: Ini 17 Manfaat Minyak Zaitun, Tak Cuma untuk Masak

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top