You are here
Home > Kesehatan >

4 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel

Mediago.id – Manfaat wortel bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Makanan kesukaan kelinci ini selain cukup alternatif untuk dijadikan berbagai jenis konsumsi, juga memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Karena kekayaan kandungan itulah wortel kerap menjadi produk yang laris di pasaran. Oleh karenanya, wortel memiliki khasiat yang dapat mencegah beberap jenis penyakit berikut ini.

1.      Manfaat Wortel Dalam Mengatasi Potensi Kanker

Kanker adalah penyakit yang cukup menakutkan bagi banyak orang. Namun ada banyak cara yang bisa kita lakukan sejak dini sebagai langkah preventif jangka panjang. Salah satunya adalah dengan rajin konsumsi wortel.

Manfaat wortel dalam mencegah kanker ini didasarkan karena kandungan fosfor, beta karoten serta hidrat arang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa beta karoten dalam wortel cukup ampuh dalam meminimalisir potensi kanker di usia senja. Anda bisa mengoptimalkannya dengan konsisten mengonsumsi wortel dua kali dalam sehari.

2.      Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tahukah Anda bahwa konsumsi enam biji wortel dalam sepekan dapat membantu melawan risiko penyakit jantung. Wortel mampu mengurangi kadar kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat antioksidan di dalamnya pun dapat membantu mengurangi potensi hipertensi yang berujung penyakit jantung.

3.      Meningkatkan Imun Tubuh

Kekebalan tubuh sering kali menjadi topik pembicaraan yang hangat sepanjang setahun terakhir. Orang dengan sistem imun tubuh yang baik umumnya lebih jarang terjangkit penyakit daripada yang tidak. Ada banyak cara guna meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh kita. Salah satunya adalah dengan senang makan sup wortel. Kandungan antioksidan dalam wortel juga bermanfaat mencegah radikal bebas.

4.      Merawat Kesehatan Mata

Selanjutnya, manfaat wortel juga bisa untuk menjaga kesehatan organ penglihatan atau mata. Senyawa beta karoten di dalam wortel kelak akan diolah menjadi vitamin A. Produk inilah yang kemudian ditransfer ke retina. Di dalam retina, vitamin A tersebut akan tertuju kepada rhodopsin. Pigmen berwarna ungu inilah yang mampu merawat ketajaman indra penglihatan kita terutama di malam hari sehingga mampu mencegah dari potensi rabun senja.

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top