SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan

5 Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan

MediaGo – Puasa Ramadhan 2021 sebentar lagi akan datang, nah bagi Anda umat muslim yang akan menjalankan ibadah, tentunya menjaga kesehatan saat puasa menjadi hal yang sangat wajib. Terlebih kondisi lingkungan kita saat ini masih sangat rentan dengan penyebaran virus Covid-19, sehingga kita harus bisa memastikan kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat dan bugar meski ditengah ibadah puasa.

Beberapa orang mengatakan menjalankan ibadah puasa bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan mereka, pasalnya, mereka harus mengurangi konsumsi makan, konsumsi air dan lain sebagainya. Padahal, jika melakukan persiapan puasa dan mampu melakukan manajemen yang baik dalam konsumsi makanan dan minuman puasa sama sekali tidak akan memengaruhi kesehatan.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Beginilah Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Selain manajemen konsumsi asupan, ada berbagai hal lain yang juga harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan selama puasa, dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Sahur di Akhir Waktu

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang seringkali menyepelekan masalah sahur, padahal sahur adalah satu hal penting untuk tetap menjaga kondisi tubuh tetap fit meski sedang berpuasa sehari penuh. Karena saat sahur kita akan menyimpan cadangan energi untuk tubuh bisa menjalankan semua aktifitas sepanjang hari.

Sahur di Akhir Waktu

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan kaya nutrisi, selain itu, waktu menjalankan sahur juga baiknya menjelang imsak, jangan terlalu awal.

2. Mengatur Porsi Makanan Ketika Berbuka Puasa

Mengatur Porsi Makanan Ketika Berbuka Puasa

Menjaga kesehatan saat puasa juga bisa dilakukan degan cara mengontrol porsi makan ketika berbuka puasa. Kadang kala, setelah menahan rasa lapar selama seharian, kita akan merasa kalap saat berbuka, sehingga makan dalam jumlah banyak. Akibatnya, kita merasa terlalu kekenyangan, begah, bahkan sakit lambung. Nah, untuk menghindari hal-hal demikian, Anda wajib mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi ketika buka puasa.

3.  Baiknya Konsumsi Makanan Manis Lebih Dulu

Dalam agama islam telah diajarkan bahwa baiknya ketika melakukan buka puasa, kita mengawalinya dengan memakan yang manis-manis, dan air putih. Hal ini memiliki hubungan erat dengan kesehatan tubuh lho, karena nyatanya setelah melakukan puasa selama seharian penuh, kemudian langsung dibuka dengan minum es atau makan gorengan, bukanlah hal yang baik untuk tubuh.

Baiknya Konsumsi Makanan Manis Lebih Dulu

Kurma adalah salah satu buah yang sangat disarankan untuk menjadi pengawal buka puasa Anda, karena buah ini memiliki gula alami yang bisa diserap oleh tubuh, dan akan perlahan mengembalikan energi tubuh.

4. Pastikan Mengonsumsi Air Putih Secara Penuh

Mengonsumsi Air Putih

Pada umumnya, tubuh manusia membutuhkan air sebanyak 2 liter setiap hari, atau setara dengan 8 gelas. Nah untuk tetap menjaga kesehatan saat puasa, kebutuhan air tersebut tetap harus terpenuhi. Anda harus cerdas melakukan pengaturan konsumsi air, misalnya, 2  gelas setelah bangun tidur, 2 gelas setelah sahur, 2 gelas saat berbuka, 1 gelas setelah sholat taraweh, dan 1 gelas sebelum tidur.

5.    Mencuci Tangan Sebelum Makan

Anjuran untuk rajin mencuci tangan yang menjadi salah sattu protokol kesehatan Pemerintah, kian menggaung setelah masa pandemi melanda, hal ini virus covid-19 bisa tertempel di tangan saat kita tidak sengaja memegang benda-benda yang telah terkontaminasi virus, dan saat tangan kita yang telah terkontaminasi memegang area mata, hidung, mulut, maka risiko terpapar virus covid19 juga akan besar. Nah, untuk menghindari hal tersebut baiknya Anda senantiasa rajin mencuci tangan, terlebih saat akan sahur dan buka puasa.

Mencuci Tangan Sebelum Makan

Kami juga menyarankan untuk melakukan beberapa jenis olahraga saat puasa dengan intensitas ringan, karena bagaimanapun, olahraga adalah satu kegiatan yang manjur untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak lupa pula konsumsi vitamin, untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga misi menjaga kesehatan saat puasa bisa dilaksanakan dengan maksimal.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular