SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, June 24, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Cara Menghilangkan Rasa Takut atau Phobia

5 Cara Menghilangkan Rasa Takut atau Phobia

MediaGo – Setiap orang pasti memiliki rasa takut tersendiri akan sesuatu hal. Ada juga rasa takut tersebut yang lama kelamaan berubah menjadi phobia karena dibiarkan begitu saja. Jelas ini menjadi suatu permasalahan serius, karena menurut situs Hello Dokter bisa menggangu kesehatan mental dan ini harus segera melakukan berbagai cara menghilangkan rasa takut tersebut.

Apa yang akan kamu lakukan ketika rasa takut dan phobia itu datang menghampiri? Jelas kita tidak bisa menghindarinya. Oleh karena itu, kita harus bisa menghadapi, melawan, dan kalau bisa harus menghilangkan rasa takut tersebut. Bagaimana caranya?

Cara Menghilangkan Rasa Takut

Cara Menghilangkan Rasa Takut atau Phobia

Ada beberapa cara menghilangkan rasa takut atau phobia hingga berusaha untuk menghadapi rasa takut atau phobia tersebut agar lama kelamaan menjadi terbiasa dan hilang. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Harus Selalu Sabar

Banyak orang yang mengatakan bahwa kunci sukses bukan hanya butuh kerja keras, tapi juga butuh yang namanya sabar. Kerja keras tanpa disertai kesabaran maka lama kelamaan mereka bisa saja menyerah ditengah jalan. Menyerah tanpa tahu bahwa sebenarnya mungkin sedikit lagi mereka bisa berhasil.

Harus Sabar

Begitupun dengan menghilangkan rasa takut, butuh kerja keras dan kesabaran yang luar biasa. Apalagi jika rasa takut yang dihadapi itu adalah rasa takut yang sudah lama terpendam. Atau bahkan ketakutan berlebih hingga phobia.

Pastinya butuh waktu yang lama juga usaha yang sangat keras agar bisa mengatasi masalah tersebut. Maka dari itu untuk kalian yang lagi berusaha melawan rasa takut, jangan pernah sesekali untuk menyerah. Walaupun kalian tidak akan tahu kapan kalian akan berhasil. Tapi mungkin saja keberhasilan itu sudah dekat.

2. Hadapi Langsung

Harus kamu ketahui sebelumnya bahwa cara menghilangkan rasa takut itu ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara halus dan cara ekstrim. Cara halus ada banyak lagi macamnya, namun kalau cara ekstrim hanya ada satu jalan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghadapinya langsung. Karena ini adalah cara yang ekstrim, maka tak banyak orang yang mau melewati jalan ini untuk melawan ketakutan mereka.

Hadapi Rasa Takut Langsung

Namun, cara ini bisa dibilang sangat efektif untuk menghilangkan phobia. Sekali kalian dihadapkan dengan rasa takut dan berhasil melaluinya, maka dipastikan rasa takut kalian akan hilang. Tapi apabila cara ini tidak berhasil, maka besar kemungkinan orang tersebut akan semakin bertambah rasa takutnya.

Namun semuanya balik lagi ke masing-masing orang. Apakah dia mau terus tenggelam dalam rasa takut atau mau bangkit dan mencoba melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa takutnya tersebut walaupun dengan cara apapun.

3. Persiapkan Dampak Buruk

Menghadapi rasa takut itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dengan melarikan diri dari rasa takut berarti kita sudah kalah dan menjadi pecundang. Untuk menghadapinya langsung juga sangat menakutkan dan begitu beresiko.

Sudah takut terus ditambah dengan adanya resiko yang akan dihadapi, inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menghindar.

Persiapkan Dampak Buruk

Terkadang mereka bukan takut pada ketakutan utamanya, tapi bisa jadi karena belum siap untuk menerima dampaknya. Rasa takut, trauma, dan kegagalan apabila tidak berhasil menaklukan ketakutan ini yang membuat banyak orang ragu.

Cara menghilangkan rasa takut ini, kalian harus juga mempersiapkan diri untuk dampak terburuk yang bisa terjadi. Memperkirakan dampak terburuk dan juga cara untuk bisa bangkit kembali.

4. Bayangkan Hal Yang Menyenangkan

Semua rasa takut itu bersumber dari pikiran dan yang bisa mengatur pikiran kita ya hanya diri kita sendiri. Memang ketika dipikirkan secara terus menerus, hal yang kita takutkan akan terus menghantui dan bisa semakin menakutkan. Karena hanya diri kita sendiri yang bisa mengontrol pikiran kita, maka dari itu, kita harus bisa mengalihkan bayangan mengerikan tersebut ke hal lain yang lebih menyenangkan.

Bayangkan Hal Yang Menyenangkan

Persiapkan hal apa saja yang sekiranya lucu dan menyenangkan. Pastikan hal tersebut cukup kuat untuk bisa mengalahkan rasa takut yang ada di diri kita.

Karena ketika kita dihadapkan dengan apa yang kita takuti dan kita tidak bisa lari kemana-mana, pikirkan saja hal yang lucu dan menyenangkan itu sembari menghadapi rasa takut tersebut. Jika cara ini berhasil, maka lakukanlah terus menerus agar yakin bahwa ketakutan kita sudah hilang.

5. Dengan Hipnotis

Cara menghilangkan rasa takut atau phobia itu banyak sekali caranya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, caranya ada dua, yakni secara ekstrim dan secara halus. Salah satu cara yang halus ini adalah dengan menggunakan teknik hipnotis. Yaps, teknik hipnotis ini sangat diyakini bisa dengan mudah membuat seseorang menjadi lupa dengan apa yang mereka takutkan.

Terapi Hipnotis

Kita semua tahu apa yang terjadi apabila seseorang dihipnotis. Saat dihipnotis, orang tersebut akan diberikan beberapa sugesti. Nah dengan kesempatan ini, sugesti yang diberikan adalah melupakan hal yang paling ditakuti orang tersebut. Cara yang satu ini bisa efektif, bisa juga tidak. Mengingat ada orang yang sulit untuk dihipnotis, cara ini mungkin saja tidak efektif bagi mereka yang tidak bisa di hipotesis.

Nah itulah lima cara mengatasi ketakutan dalam diri atau phobia yang bisa kamu coba. Mungkin cara-cara tersebut bisa berhasil atau tidak. Yang jelas kita harus berusaha terlebih dahulu agar tidak selalu terpuruk dalam ketakutan. Selamat mencoba!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular