SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan4 Makanan Lebaran yang Bikin Kolesterol Meningkat, Hindari Ya!

4 Makanan Lebaran yang Bikin Kolesterol Meningkat, Hindari Ya!

MediaGoLebaran identik dengan banyaknya makanan yang menggugah selera. Para ibu dirumah pasti akan membuat bebragai jenis makanan lezat untuk merayakan hari kemenangan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kebanyakan menu lebaran terbuat dari bahan santan dan beberapa diantaranya ada yang bisa memicu kadar kolesterol meningkat, lho.

Bagaimana tidak, kebanyakan makan lebaran menggunakan bahan santan atau minyak, daging, jeroan dan lain sebagainya yang jelas bisa menyebabkan kolesterol meningkat.

Dikutip dari laman HerStory.co.id, ada 4 makanan yang harus kamu hindari atau batasi agar kolesterol tidak meninggi. Berikut diantaranya:

1. Makanan dengan Santan

Makanan pemicu kenaikan kolesterol yang pertama sudah jelas adalah yang mengandung santan. Santan sendiri merupakan bahan makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jika batas aman konsumsi harian lemak jenuh adalah 16 gram, maka secangkir santan sudah mengandung lebih dari 40 gram lemak jenuh. Bisa dibayangkan bukan mengapa makanan dengan santan tak terlalu baik saat dikonsumsi terlalu banyak?

2. Daging Berlemak

Rasanya akan sangat aneh jika makan makanan lebaran disajikan tanpa daging beserta lemaknya. Tapi wajib diwaspadai bahwa daging berlemak yang diolah bisa memicu kenaikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ada baiknya, pisahkan daging dan lemak dalam masakan, sehingga pembatasan konsumsi lemaknya bisa dilakukan dengan baik.

3. Hati Sapi

Terbayang nikmatnya sambal goreng hati sapi? Untuk urusan rasa, tentu tak ada yang bisa mendebat nikmatnya masakan ini. Namun dari sisi kesehatan, sebaiknya kamu bisa membatasi diri dalam konsumsinya. Dengan kandungan kolesterol yang cukup tinggi, kadar kolesterol di dalam tubuh bisa meroket jika tak dibatasi konsumsinya.

Akan sangat menyebalkan jika kamu harus melewatkan momen lebaran dengan kepala pusing luar biasa bukan?

4. Paha dan Kulit Ayam

Satu dari banyak sekali makanan yang menawarkan kelezatan tiada tara, bagian paha dan kulit ayam yang dimasak bumbu opor. Serupa dengan sambal goreng hati sapi, paha dan kulit ayam memiliki rasa nikmat, namun berpotensi meningkatkan kolesterol secara cepat.

Apalagi dikombinasikan dengan santan, kombinasi yang buruk untuk kesehatan jika konsumsinya tak dibatasi.

Mungkin masih ada beberapa masakan atau makanan lebaran  yang bisa picu kenaikan kolesterol lain. Namun yang paling jelas, empat poin di atas bisa mewakili banyak makanan lainnya.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular