SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, September 21, 2023
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Cara Tepat Memilih Mainan untuk Bayi 4 Bulan

5 Cara Tepat Memilih Mainan untuk Bayi 4 Bulan

Tentunya ada beragam jenis dan variasi mainan bayi di usia 4 bulan. Saking banyaknya pilihan tersebut, terkadang orang tua bisa kebingungan saat memilih mainan untuk si Kecil. Agar mainan yang dipilih aman dan bermanfaat, simak cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan berikut ini yuk. 

Ragam mainan bayi usia 4 bulan

Ragam mainan bayi usia 4 bulan

Melansir penjelasan dari laman Alodokter, si Kecil mulai pandai bermain dan berinteraksi dengan benda disekitarnya pada usia sekitar 4 bulan. Sebagai orang tua pun harus punya cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan yang cocok untuk menunjang tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa pilihan mainan untuk bayi 4 bulan:

1. Untuk merangsang gerakan tangan

Pilihlah boneka berbahan lembut berisi kapas yang ringan dan mudah diangkat atau dipegang oleh Si Kecil. Namun, pastikan boneka tersebut tidak memiliki kancing, pita, atau aksesoris lain yang bisa dilepas. Salah satu cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan kan!

2. Untuk merangsang pertumbuhan gigi

Kamu bisa memberi Si Kecil mainan bayi 4 bulan berbentuk donat yang terbuat dari silikon padat. Mainan ini bisa didinginkan di lemari es dan digunakan untuk meredakan nyeri yang dialami Si Kecil saat mulai tumbuh gigi. Namun, jangan sampai suhu mainan terlalu dingin karena dapat melukai gusi Si Kecil.

3. Untuk mengasah kemampuan berbahasa

Mendengarkan suara orang tua atau musik diketahui dapat membantu Si Kecil mengembangkan kemampuan berbahasanya serta kecerdasannya. Kamu dapat mengasah kemampuan berbahasa dan kecerdasan Si Kecil dengan membacakannya buku cerita, dongeng, atau bernyanyi.

4. Untuk merangsang kemampuan mendengar

Bunda dan Ayah bisa merangsang kemampuan mendengar Si Kecil dengan menyalakan musik atau memberikan Si Kecil mainan bayi 4 bulan yang dapat mengeluarkan suara ketika diguncang agar ia bereaksi terhadap suara.

Cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan

Cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan
Cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan. (Gambar: http://pexels.com)

Tak hanya disesuaikan dengan perkembangan Si Kecil, sebagai orang tua kamu juga harus mempertimbangkan sisi keamanan ketika membeli mainan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih mainan untuk Si Kecil:

1. Pilih mainan yang sesuai dengan usia bayi

Hampir sebagian besar kemasan atau kotak mainan tertera usia yang disarankan. Ini karena mainan tersebut sudah didesain sesuai dengan kemampuan bermasin Si Kecil sesuai kelompok usianya.

Baca Juga: 4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

2. Cermati bahan dan model mainannya

Agar lebih aman untuk dimainkan Si Kecil, pilihlah mainan bayi 4 bulan yang tidak terdapat baterai, kancing, manik-manik, benang, magnet, atau benda lain yang mudah dilepas karena berisiko tertelan oleh Si Kecil. Saat membeli mainan, pastikan pula tidak ada bagian yang tajam atau cat yang mudah luntur di mainan tersebut.

3. Pilih mainan dengan ukuran yang sesuai

Cara Melakukan Tummy Time yang BenarĀ 

Cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan slaah satunya dengan memastikan mainan bayi 4 bulan yang dipilih lebih besar dari mulut Si Kecil untuk mencegah risiko tersedak. Hindari juga memilih mainan yang berat karena sulit dipegang atau dimainkan oleh Si Kecil. Mainan yang terlalu berat juga bisa berisiko membuat Si Kecil cedera.

4. Pilih mainan yang mudah dibersihkan dengan air dan sabun

Pastikan harus sering membersihkan mainan agar Si Kecil tercegah dari infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit. Karena itu, pilihlah mainan yang mudah dibersihkan dengan air dan sabun, atau bisa dibersihkan dengan mesin cuci.

5. Hindari mainan yang mengandung bahan beracun

Sebagian mainan mengandung bahan beracun, seperti phthalates, plasticizers, cadmium, timah, merkuri, dan arsenik. Bahan-bahan tersebut bisa terhirup atau bersentuhan dengan Si Kecil, sehingga berisiko menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah mainan yang tidak mengandung bahan-bahan kimia tersebut.

Tak ada salahnya untuk memperkenalkan Si Kecil pada variasi benda dan mainan bayi mulai usia 4 bulan. Namun, jangan biarkan Si Kecil bermain sendirian. Selalu awasi saat Si Kecil bermain untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa cara tepat memilih mainan untuk bayi 4 bulan. Jika masih bingung untuk memilih mainan yang aman untuk Si Kecil di usia 4 bulan, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter anak untuk menanyakan mainan apa saja yang aman dimainkan oleh Si Kecil.

Baca juga: 5 Permainan Tradisional yang Mendidik Anak, Apa Saja?

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular