You are here
Home > Kesehatan >

Awas! 5 kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

Cepat tua
Bagikan

MediaGo – Kebiasaan seseorang ternyata dapat mempengaruhi penampilan mereka. Tidak sedikit mereka yang usianya masih muda namun sudah terlihat jauh lebih tua atau cepat tua dari semestinya. Hal itu dikarenakan orang tersebut sering melakukan beberapa kebiasaan buruk atau tidak sehat.

Kebiasaan buruk ini akan mempengaruhi penampilan fisik seperti kulit menjadi berkeriput, kulit tidak cerah, dan membuat seseorang jadi terlihat lebih tua atau boros.

Kebiasaan yang bisa membuat cepat tua

Jika kamu tidak ingin tua sebelum waktunya, berikut akan kami ulas beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kalian cepat tua dan harus kalian stop mulai sekarang juga!

1. Merokok

Kebiasaan yang bisa membuat cepat tua
Lifepack.id

Dari sekian banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok, salah satunya adalah masalah dengan kulit. Para perokok akan memiliki kulit yang lebih hitam dan kusam. Ini dikarenakan rokok mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit tidak hanya berubah menjadi kusam dan juga merusak elastisitasnya. Mau perokok aktif ataupun pasif akan merasakan dampak buruknya dari rokok ini.

2. Minum soda

bahaya soda
jovee.id

Minuman soda memang menyegarkan, namun ternyata bisa membahayakan tubuh kita, lho. Minuman ini hanya bisa menyenangkan lidah namun tidak bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Belum lagi kandungan gula yang cukup tinggi. Meski sudah diberi label zero sugar, tidak menjamin minuman soda tersebut benar-benar tidak mengandung gula yang bisa menyebabkan diabetes.

Beberapa efek terlalu banyak minum soda yang akan kamu alami antara lain: menambah berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan juga efek tua. Jadi jangan keseringan minum minuman bersoda ya.

3. Sering makan makanan cepat saji

Cepat tua
iStockPhoto

Makanan cepat saji memang bisa membantu kamu yang sangat sibuk dengan pekerjaan karena tidak harus repot-repot memasak untuk bisa makan. Namun tahukah kamu, makanan cepat saji bisa membahayakan tubuh?

Baca Juga:  7 Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan Otak

Makanan cepat saji bukanlah makanan yang sehat. Kalau hanya sesekali makan sih silahkan, tapi kalau terlalu sering ini yang bisa membahayakan. Bertambahnya berat badan dan kolesterol mungkin kalian sudah tidak asing ditelinga. Namun sering menyantap makanan cepat saji juga bisa membuat seseorang menjadi lebih tua dari usianya.

4. Kurang minum air putih

kurang minum air putih
kompas.com

Tubuh manusia sendiri sebagian besar terdiri dari air, maka dari itu kebutuhan cairan di dalam tubuh kita haruslah terpenuhi. Salah satunya ialah dengan rajin minum air putih.

Kurang minum air putih selain bisa membuat orang dehidrasi, lemas, ternyata bisa juga membuat seseorang akan jadi cepat tua. Kulit juga membutuhkan air untuk membuatnya tetap terlihat sehat dan segar.

5. Kurang tidur

Kurang tidur bisa bikin cepat tua
Hellosehat.com

Seperti yang kita ketahui, kurang tidur bisa membuat seseorang jadi lelah, tak bergairah, kurang tenaga, dan mood jadi rusak. Apalagi kalau kebiasaan begadang ini terus terjadi efek jangka panjangnya akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh dan salah satunya bisa membuat kita jadi terlihat cepat tua.

Ketika tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel yang rusak dengan yang baru. Jika kamu selalu begadang, maka tubuh tidak bisa melakukan regenerasi secara optimal. Perlu diingat bahwa kolagen yang membuat kulit halus, kencang, dan awet muda hanya bisa diproduksi ketika seseorang tidur atau istirahat.

Nah itulah 5 kebiasaan buruk yang bisa membuat seseorang jadi tua sebelum waktunya. Yuk mulai sekarang jauhi kebiasaan-kebiasan tersebut agar tubuh kita selalu sehat dan awet muda.


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top