SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikan7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Tanpa disadari, seringkali orang-orang melakukan kebiasaan yang tidak baik bagi anggota tubuhnya. Baik itu karena belum tahu sama sekali atau memang tidak mau peduli. Seperti halnya dengan kesehatan rambut, walaupun banyak yang sering menyepelekannya, perlu kamu ketahui bahwa menjaga kesehatan rambut itu penting, lho. Simak yuk, cara menjaga kesehatan rambut yang baik dan benar.

Cara menjaga kesehatan rambut 

cara menjaga kesehatan rambut
Cara menjaga kesehatan rambut. (Gambar: http://allure.com)

Beberapa orang mungkin tidak terlalu menganggap penting menjaga kesehatan rambut. Padahal, tidak merawat rambut justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala yang cukup mengganggu. Berikut ini beberapa cara merawat rambut, mulai dari tips keramas, memilih sisir, hingga bagaimana merawat rambut di tengah cuaca panas.

1. Jadwalkan keramas sesuai jenis rambut

Sebagian orang mungkin merasa bahwa cara menjaga kesehatan rambut adalah sering keramas agar terlihat lebih bersih. Faktanya, frekuensi keramas, entah itu dua atau tiga kali dalam seminggu, sebaiknya dilakukan berdasarkan jenis rambut.

2. Gunakan sampo dan kondisioner

Sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan produk perawatan rambut yang diaplikasikan sebelumnya, seperti losion. Kemudian penggunaan kondisioner pun juga tidak kalah penting untuk merawat rambut. Kondisioner mengandung bahan-bahan penting, seperti silikon, serta pelembap khusus yang disebut emolien.

3. Rutin potong ujung rambut

cara menjaga kesehatan rambut
Potong ujung rambut yang rusak. (Gambar: http://wowkeren.com)

Cara merawat rambut yang satu ini ternyata cukup penting, terutama ketika memiliki rambut panjang. Pasalnya, ujung rambut adalah bagian yang paling rentan menjadi bercabang dan mengalami kerusakan.

Jika kamu membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, kerusakan rambut pun tidak dapat dihindari. Demi mencegah kerusakan rambut disarankan untuk memotong ujung rambut setiap 10-12 minggu sekali.

Namun bila kamu termasuk orang yang sering menggunakan catokan, sebaiknya lakukan hal ini setiap 6-8 minggu sekali.

4.  Melindungi rambut dari sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya berdampak buruk terhadap kulit, tetapi juga dapat merusak rambut. Setelah terkena sinar matahari, kelembapan rambut pun berkurang dan membuat rambut menjadi kering, kusam, dan kekurangan nutrisi.

5. Menjaga kelembapan rambut

Jika memiliki rambut pendek yang mudah mengembang, tentu akan lebih rentan menjadi kering. Oleh sebab itu, menjaga kelembapan rambut penting ketika kamu mencoba untuk merawat kesehatan rambut.

6. Penuhi asupan vitamin dan mineral

cara menjaga kesehatan rambut
Asupan makanan bergizi. (Gambar: http://pixabay.com)

Selain menjaga kesehatan rambut dari luar, asupan makanan yang bergizi pun juga sangat membantu menjaga kesehatan rambut. Berikut ini daftar vitamin dan mineral dalam makanan yang berkhasiat bagi kesehatan rambut: 

  • Zat besi, kamu bisa memperoleh zat besi dengan makan daging atau mengonsumsi suplemen zat besi. 
  • Asam lemak omega-3 yang berasal dari ikan dan biji rami ternyata bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan rambut. Pasalnya, asam lemak omega-3 berfungsi merawat sel dan menjaga kesehatan kulit kepala agar terhindar dari masalah.
  • Vitamin A, B12, dan B16, kadar melanosit dalam tubuh penting untuk menjaga dan mengembalikan warna rambut secara alami. 

Ketiga vitamin ini juga dapat menutrisi rambut dan kulit kepala. Sebagai contoh, vitamin A dapat membantu mengendalikan jumlah produksi sebum di kulit kepala. Sementara itu, vitamin B12 dan B16 adalah dua vitamin B kompleks yang direkomendasikan untuk mencegah rambut ubanan. Kedua vitamin ini juga membantu merawat warna rambut yang berubah akibat kekurangan vitamin.

Itu sebabnya, dengan memenuhi ketiga vitamin tersebut penting dalam menjaga kesehatan rambut. Kamu bisa menemukannya di dalam makanan seperti: 

  • Jeruk dan stroberi
  • Sayuran hijau
  • Kedelai
  • Telur
  • Ikan
  • Daging merah.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup. Air yang masuk ke dalam tubuh dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan rambut pun akan tetap sehat.

7. Mulai menerapkan kebiasaan sehat

Beberapa cara di atas tidak akan berhasil bila kamu selalu menyepelekan kebiasaan sehat saat menjaga kesehatan rambut. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawat rambut: 

  • Keringkan rambut dengan suhu yang rendah dan bertahap sesuai kebutuhan. 
  • Biarkan rambut mengering dengan sendirinya. 
  • Selalu ganti area rambut yang akan dipasangi jepitan. 
  • Pijat kulit kepala sesering mungkin untuk meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. 
  • Bila ingin mewarnai rambut, pilih warna tiga tingkat di atas warna alami rambut.

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rambut Rusak, Apa Saja?

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular