You are here
Home > Kesehatan >

Jangan Sepelekan! Ini 7 Bahaya Menahan Bersin Bagi Kesehatan, Gendang Telinga Bisa Pecah!

Bahaya Menahan Bersin

MediaGo – Siapa disini yang sering menahan bersin? Tahukah kamu, ternyata ada beberapa dampak buruk dari menahan bersin yang mengintai kesehatan tubuh. Salah satunya bisa membuat gendang telinga pecah, lho. Hiii ngeri banget! Berikut bahaya menahan bersin yang harus kamu ketahui.

Menahan bersin biasanya dilakukan dalam kondisi tertentu, misalnya sedang berada di keramaian. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, pasti kamu akan enggan bersin di tempat umum karena takut mengganggu suasana dan dianggap positif corona.

Padahal, menahan bersin itu tidak boleh terlalu sering, bahkan jangan sampai ditahan begitu saja karena bisa berbahaya bagi tubuh kita.

Kok bisa, Memang Apasih Bahaya Menahan Bersin?

Dilansir laman HerStory, Ketika bersin, udara yang dikeluarkan oleh hidung bisa mencapai 150 kilometer perjam. Hal inilah yang bisa membuat bahaya jika kita menahan bersin.

Terus apa saja bahayanya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 bahaya menahan bersin yang wajib kamu tahu!

1. Gendang Telinga Pecah

Telinga, hidung, dan tenggorokan adalah saluran yang saling berhubungan. Saat bersin, udara yang dikeluarkan tak hanya berasal dari hidung saja, tapi juga dari tenggorokan dan tuba eustachius pada telinga.

Oleh karena itu, jika kita menahan bersin maka bisa berakibat gendang telinga pecah atau rusak karena ada tekanan tinggi pada tuba eustachius yang mendorong gendang telinga.

2. Infeksi telinga tengah

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bersin adalah respons alami tubuh saat hidung kemasukan benda asing.Namun, saat Anda menahan bersin, benda-benda asing tersebut dapat terbawa oleh udara ke bagian telinga tengah dan menyebabkan infeksi.Infeksi telinga tengah biasanya dapat menyebabkan rasa nyeri yang cukup mengganggu. Terkadang, kondisi medis ini dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ada kalanya obat-obatan antibiotik dibutuhkan.

Baca Juga:  Dikasih Waktu 20 Menit, Ini Risiko Makan Terburu-buru

3. Pembuluh Darah Pecah

Bahaya menahan bersin selanjutnya adalah bisa membuat pembuluh darah pecah. Sebab, terdapat banyak pembuluh darah kecil di hidung, mata, bahkan gendang telinga.

Pembuluh darah pecah akan ditandai dengan mata memerah, mimisan, hingga telinga mengeluarkan darah. Ngeri banget, guys!

4. Patah Tulang Rusuk

bersin
ilustrasi bersin / freepik

Tulang rusuk bisa patah karena menahan bersin. Ini karena tekanan udara saat bersin yang mencapai 150 kilometer perjam seharusnya keluar namun dipaksa masuk ke paru-paru.

5. Aneurisma Otak

Aneurisma otak merupakan kondisi dimana terdapat benjolan abnormal pada dinding pembuluh darah. Hal ini bisa terjadi jika kamu sering menahan bersin. Kondisi aneurisma membuat pembuluh darah menjadi sangat lemah dan rentan pecah yang dapat mengakibatkan pendarahan bahkan kematian. Hiiii, mengerikan.

6. Kolaps Paru-paru

Bersin jangan ditahan karena bisa memicu cedera pada diafragma dan lebih parahnya bisa berujung kolaps paru-paru. Hal ini terjadi karena udara yang harusnya keluar, terjebak di ruang diafragma. Kondisi ini tak bisa dianggap sepele karena bisa mengancam nyawa. 

7. Cedera Tenggorokan

Terakhir, kamu bisa mengalami cedera tenggorokan jika menahan bersin. Kondisi ini ditandai dengan sulit menelan makanan dan berbicara karena adanya kerobekan pada tenggorokan.

Etika Mengeluarkan Bersin yang Baik

bersin di tempat umum
bersin di tempat umum / Kompas

Karena bisa menyebabkan banyak bahaya mengerikan bagi kesehatan, ada baiknya mulai sekarang kamu tidak boleh menahan bersin lagi.

Ada beberapa etika bersin yang bisa kamu terapkan agar tidak menggangu kenyamanan orang lain saat bersin, seperti yang dilansir laman Alodokter berikut ini:

  • Gunakan tisu saat bersin untuk menutupi area mulut dan hidung, kemudian buang tisu tersebut.
  • Jika tidak ada tisu, gunakanlah lipatan siku untuk menutup area mulut dan hidung ketika bersin.
  • Segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah bersin.
  • Kamu juga bisa menggosok hidung atau area atas bibir untuk meredam suara bersin.
Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Kita Suka Ngantuk Setelah Makan

Nah itulah 7 bahaya jika kamu sering menahan bersin. Jadi mulai sekarang masih mau nahan-nahan bersin?

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top