SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan3 Tips Sederhana Atasi Nyeri Punggung

3 Tips Sederhana Atasi Nyeri Punggung

MEDIAGO – Apakah kamu sering mengalami nyeri punggung? Jika iya, maka jangan diabaikan rasa nyeri tersebut. Sebab, nyeri punggung ini bisa memiliki efek signifikan pada aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup seseorang.

Oleh sebab itu, Mediago telah menyiapkan beberapa tips sederhana untuk mengatasi nyeri punggung. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Baca juga: 5 Opsi Langkah Hapus Chace di Laptop

1. Atasi Nyeri Punggung dengan Bergerak

Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit punggung. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit punggung.

Biasanya, orang yang sedang merasakan sakit punggung akan tergoda untuk berbaring seharian di tempat tidur. Akan tetapi, ternyata tindakan tersebut tak banyak membantu untuk meredakan nyeri.

Dibandingkan berbaring seharian, sebaiknya kamu coba untuk bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti lari cepat dapat membantu meredakan nyeri punggung. Selain itu, kamu juga bisa berjalan-jalan santai seperti biasa.

Dengan melakukan gerakan-gerakan seperti itu, dapat membantu mengurangi rasa sakit. Tak hanya itu, bergerak juga dapat membantu kamu untuk memperkuat otot dan mencegah nyeri di masa mendatang.

Baca juga: 4 Rekomendasi Camilan Sehat Bagi Penderita Diabetes

2. Melakukan Aktivitas Yoga

Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan yoga. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan yoga.

Aktivitas yoga ternyata juga dapat membantu untuk melemaskan punggung yang nyeri. Kamu bisa mencoba rutinitas yoga sederhana yang dapat diikuti, misalnya melalui video atau mengikuti kelas yoga. Pasalnya, pose yoga ini dapat membantu meredakan nyeri punggung. Akan tetapi, kamu dapat berhenti jika sakit punggung semakin parah.

Untuk memulai aktivitas yoga di rumah, kamu bisa mencoba pose berikut ini:

  • Pertama, kamu bisa mulai dengan posisi berlutut. Kemudian, gerakkan lutut ke tepi matras dan satukan kedua jempol kaki. Atau kamu bisa merapatkan kedua lutut jika lebih nyaman.
  • Selanjutnya, turunkan dahi ke matras dan raih kedua lengan di depan. Bila kamu tidak nyaman, gerakkan lengan ke belakang.
  • Kamu tarik bagian atas bahu ke bawah menjauhi telinga. Lalu, tahan selama dua hingga tiga kali tarikan napas dalam-dalam.
  • Terakhir, perlahan-lahan kembali ke posisi berlutut.

Baca juga: 3 Festival Musik Jakarta di Akhir Pekan!

3. Kompres Punggung yang Nyeri

Ilustrasi bagian punggung yang perlu dikompres. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi bagian punggung yang perlu dikompres.

Ketika nyeri punggung mulai terasa, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kompres dingin. Sebab, pendinginan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu, kompres dingin juga bisa meredakan nyeri dengan menonaktifkan beberapa saraf yang terasa sakit.

Bila pembengkakan atau peradangan mereda tapo masih dirasa sakit, maka coba gunakan bantal pemanas atau mandi air panas untuk meredakan nyeri di punggung. Sebab, kompres panas seperti itu dapat membuat punggung lebih lentur.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional, Pertamina Gas Revitalisasi Posyandu Kenanga II Tangerang


Itulah beberapa tips untuk mengatasi nyeri punggung. Jadi, apakah kamu termasuk ke dalam salah satu orang yang sering mengatasi nyeri punggung? Jika iya, cara apa yang sering kamu lakukan untuk mengatasinya? Yuk, berikan komentarnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Penyakit pada Pria yang Perlu Diwaspadai

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular