You are here
Home > Kesehatan >

Banyak yang Belum Tahu, Ini 7 Manfaat Tidur Telanjang untuk Kesehatan

manfaat tidur telanjang

MediaGo – Memang terdengar sedikit aneh, tapi tidur telanjang atau tanpa busana ternyata memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Hal ini dikonfirmasi oleh beberapa ahli yang memaparkan kalau tidur dengan keadaan telanjang bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memastikan gaya hidup sehat.

Manfaat Tidur Telanjang Menurut Para Ahli

Dikutip dari laman herstory.co.id, (23/12/2021) berikut 7 manfaat tidur telanjang untuk kesehatan menurut para ahli.

1. Bisa tidur lebih cepat

Jumlah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa terbangun hingga tertidur disebut Sleep Onset Latency (SOL). Nah, cara untuk mengurangi SOL adalah dengan menurunkan suhu tubuh.

Ketika suhu tubuh turun, ia akan memberi sinyal pada otak bahwa kini waktunya untuk tidur. Cara termudah untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan tidur tanpa busana alias tidur telanjang.

2. Tidur lebih nyenyak

Menurunkan suhu tubuh tak hanya dapat membantu tidur lebih cepat, namun juga lebih nyenyak. Seorang ahli kesehatan tidur Dr W Christopher Winter, MD, mengatakan ada banyak manfaat kesehatan saat kita tidur nyenyak. Nah, tidur telanjang bisa membantu kamu mendapatkannya.

3. Mengurangi cemas dan stres

Oksitosin yang terlepas melalui kontak kulit dengan kulit memiliki efek pengurangan stres. Meski manfaat ini gak berlaku bagi yang tidur sendirian, namun ini sangat baik untuk pasangan suami istri.

4. Dapat memperbaiki kesehatan vagina

Tidur telanjang memberikan kesempatan vagina untuk bernapas dan tentu ini bisa membantu kesehatannya. Pasalnya, celana dalam yang ketat penuh dan penuh dengan keringat bisa membuat kamu berisiko terkena infeksi jamur. Ini karena jamur tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab.

5. Mampu Menurunkan berat badan

Turunnya suhu tubuh saat tidur tanpa busana rupanya juga bisa membantu menurunkan berat badan, kata Dr Winter. Pasalnya, sedikit lebih dingin akan memaksa tubuh menghabiskan energi lebih banyak untuk bisa menjaga tubuh tetap hangat, sehingga membantumu untuk membakar kalori.

6. Bikin Awet muda

Dibandingkan setumpuk serum atau produk perawatan kulit yang Kamu gunakan, tidur telanjang lebih manjur untuk membuatmu tampak lebih muda, lho. Pasalnya, tidur yang nyenyak sangat penting untuk sekresi hormon pertumbuhan. Selain itu, hormon ini juga vital untuk melawan infeksi, pemulihan, dan tentu saja awet muda.

7. Menambah rasa percaya diri

Cara terbaik agar nyaman dengan tubuh sendiri yaitu dengan tidur telanjang. Tidur tanpa busana bisa membangun rasa percaya diri dalam prosesnya.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa tidur telanjang dalam semalam bisa memperbaiki caramu memandang diri sendiri dan menambah rasa percaya diri. Rasa percaya diri ini tak hanya membuatmu lebih bahagia, tapi juga bisa membantumu lebih sukses.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top